Pantangan Untuk Ibu Hamil yang Harus Anda Ketahui

By Categories : Kesehatan

Bagi seorang wanita atau ibu hamil yang sedang mengandung memiliki kewajiban yang harus dilakukan dan pantangan yang harus dihindari ketika dalam masa kehamilan. Hal itu dilakukan karena untuk menjaga kesehatan dan keselamatan janin ketika masih dalam kandungan. Membahas sebuah pantangan tentu Anda sudah banyak menemui tradisi yang ada di setiap daerah yang dimana di dalamnya terdapat sebuah pantangan yang tidak untuk dilakukan oleh seseorang yang sedang hamil yang terkadang tidak bisa diterima oleh akal sehat manusia.

Pantangan Untuk Ibu Hamil

Dalam ilmu kedokteran juga terdapat sebuah pantangan dengan dasar dan teori yang tentunya mampu diterima oleh akal sehat manusia. Misalnya bagi ibu hamil diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan dan tumbuh kembang janin dan masih banyak lagi lainnya. Memang dengan perkembangan zaman yang serba modern saat ini pengetahuan dan ilmiah sangat penting dibutuhkan oleh masyarakat umun di dunia dan masyarakat indonesia pada khusunya. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan sedikit ulasan mengenai pantangan untuk ibu hamil secara logis dan ilmiah. Adapun penjelasannya adalah berikut ini!

Berikut Pantangan bagi Ibu Hamil

Memakai Pakaian Ketat

Melihat tren saat ini pakaian ketat memang sedang banyak disukai oleh masyarakat pada umumnya, entah itu pria maupun wanita dan tanpa mengenal usia. Tapi, bagi Anda yang saat ini sedang hamil sangat dilarang sekali menggunakan pakaian yang serba ketat karena itu dapat mengganggu kesehatan dan tumbuh kembang janin ketika masih dalam kandungan. Maka untuk itu lebih baik usahakan menggunakan pakaian yang longgar dengan tujuan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan janin dalam rahim Anda. Ini juga bisa menjadi tips bagi ibu hami muda agar lebih bisa menjaga kesehatan janin.

Mandi Air Hangat

Pantangan ibu hamil selanjutnya adalah mandi air hangat. Mandi air hangat yang dilakukan oleh ibu hamil sebenarnya tidaklah berbahaya, namun hanya saja dapat mengganggu tumbuh kembang pada janin dan jika itu dilakukan terlalu sering. Apalagi ketidaktahuan suhu panas yang digunakan pada saat mandi hangat, jika suhu terlalu panas akan sangat membahayakan bagi keselamatan pada janin dan hingga dapat menyebabkan cacat pada janin. Tentu saja hal itu tidak ingin terjadi, maka alangkah baiknya mandi hangat untuk dihindari saja bagi Anda yang saat ini sedang hamil.

Makan Terlalu Banyak

Pantangan untuk ibu hamil yang ketiga adalah menghindari makan terlalu banyak. Seorang ibu hamil membutuhkan asupan makanan sehat yang mengandung vitamin dan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan janin. Meskipun begitu bagi ibu hamil juga tidak harus banyak makan, karena jika ibu hamil mengalami obesitas maka akan berpotensi untuk kekurangan vitamin D dan berpotensi melahirkan anak obsitas juga. Selain itu juga bisa menyebabkan rakitis atau pelunakan tulang pada anak hingga kelainan bentuk, maka dari itu bagi ibu hamil untuk selalu menjaga asupan makanan secara seimbang.

Memakai Sepatu High Heel

Selanjutnya adalah hindari sepatu High Heel. High Heel memang sangat menunjang sekali bagi penampilan wanita, terutama bagi wanita yang memiliki profesi atau sebagai wanita karir. Namun tidak bagi seorang ibu yang sedang hamil, karena bagi ibu hamil yang menggunakan high heel sangat beresiko sekali untuk jatuh atau terpeleset dan akhirnya sangat berbahaya bagi kondisi janin hingga dapat menyebabkan keguguran.

Daftar Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Tape

Yang pertama adalah tape. Seperti yang Anda katahui tape merupakan makanan hasil fermentasi dari singkong. Dan ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengokonsumsi makanan berfermentasi. Hal ini dikarenakan makanan berfermentasi mengandung alkohol tinggi yang membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Makanan fermentasi juga dikategorikan sebagai makanan penyebab keguguran yang perlu dihindari.

Sushi

Pantangan untuk ibu hamil yang kedua adalah sushi. Sushi adalah makanan khas Jepang yang dikonsumsi dalam keadaan mentah. Tentu saja makanan tersebut sangat berbahaya bagi ibu hamil karena tidak steril dan mengandung bibit penyakit. Adapun bahaya sushi untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui adalah makanan mentah mengandung bakteri salmonella yang dapat menyebabkan diare dan juga kram perut. Jika dikonsumsi secara terus menerus tentunya sangat berbahaya bagi ibu dan bahkan dapat menyebabkan keguguran.

Keju

Pantangan makanan untuk ibu hamil selanjutnya adalah keju, khususnya keju yang tidak dipasteurisasi. Keju yang belum dipasteurisasi mengandung bakteri yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. beberapa jenis keju yang tidak dilakukan proses pasteurisasi adalah keju feta, blue cheese, keju brie dan lainnya.

Makanan kaya gula

Makanan yang tinggi kadar gulanya sebaiknya juga jangan terlalu sering dikonsumsi.  Ini karena dapat menyebabkan  bayi yang dilahirkan berukuran besar karena gula yang tinggi dapat menyebabkan bayi mengalami obesitas. Tak hanya itu saja, kadar gula yang tinggi juga dapat menyebabkan ibu hamil rentan mengalami komplikasi.

Nanas

Bolehkah ibu hamil makan nanas? Pertanyaan itu yang sering ditanyakan oleh para ibu hamil. Sama halnya dengan tape, nanas juga merupakan salah satu makanan penyebab keguguran yang perlu dihindari. Hal ini dikarenakan nanas mengandung zat bernama bromelain yang menyebabkan rasa panas di perut dan membuat leher rahim menjadi lunak. Sehingga tidak bisa menampung janin yang semakin membesar.

Seafood mentah

Pantangan untuk ibu hamil yang terakhir adalah seafood mentah. Bagi Anda pecinta seafood sebaiknya mengurungkan niat untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini ketika hamil. seafood mentah yang Anda konsumsi dapat menyebabkan keracunan.

yang harus diketahui wanita hamil -