Pengobatan Jantung Koroner Tanpa Operasi, Detoksifikasi dan Terapi EECP

By Categories : Obat

Menurut survei penyakit jantung koroner adalah penyakit pembunuh nomor satu dengan jumlah pengidapnya semakin meningkat setiap tahunnya. Jantung koroner terjadi karena adanya penyumbatan aliran darah dipembuluh darah arteri koroner jantung.

Akibatnya, pasokan darah ke otot jantung akan terhambat karena adanya penyempitan pembuluh darah koroner jantung. Gejala yang akan ditimbulkan bisanya adalah rasa nyeri yang sangat pada dada, dada seakan tertekan, tertusuk, dan juga merasa sesak. Gejala tersebut biasanya disebut dengan Angina pectoris.

Pengobatan Jantung Koroner Tanpa Operasi

pengobatan-jantung-koroner-tanpa-operasi

Menurut medis pengobatan jantung koroner adalah dengan operasi stent, pemasangan ring atau balon, dan juga by pass. Namun ternyata ada alternatif lain pengobatan jantung koroner tanpa operasi. Salah satunya adalah dengan jalan detoksifikasi. Metode detoksifikasi adalah metode membersihkan kotoran atau racun/toksin yang terdapat dalam dinding pembuluh darah.

Fungsi dari detoksifikasi antara lain untuk menghilangkan sumbatan dalam pembuluh darah yang berawal dari blood toxic misalnya kolesterol, polusi, nikotin, atau zat berbahaya lain. Anda dapat melakukan detoksifikasi secara rutin setiap hari dengan mengkonsumsi antioksidan yang bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber.

Metode ini juga sangat baik dilakukan sebagai alternatif mencegah penyakit jantung. Selain itu, ada pula pengobatan jantung koroner tanpa operasi yang disebut dengan terapi EECP. EECP adalah kepanjangan dari Enhanced External Counter Pulsation. Terapi ini merupakan alternatif lain untuk menyembuhkan jantung koroner tanpa pasien harus melakukan operasi.

EECP dalam masyarakat awam sering pula disebut dengan terapi pompa jantung. Terapi ini merupakan terapi rawat jalan sehingga Anda tidak perlu opname di rumah sakit. Namun, sebelum Anda menjalankan terapi ini Anda harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter apakah terapi ini cocok untuk Anda atau tidak.

Terapi ini menggunakan metode pembentukan bypass secara alami pada pembuluh darah dalam jantung. Dengan membentuk bypass secara alami, daerah jantung yang pembuluh darahnya telah tersumbat akan mendapatkan kembali pembuluh darah baru sebagai sebuah kolateral yang berasal dari pembuluh darah koroner utama.

Terapi ditujukan agar dapat mengurangi nyeri yang dirasakan pada area dada. Sekaligus terapi pengobatan jantung koroner tanpa operasi ini berfungsi sebagai alternatif memperbaiki aliran darah kejantung. Terapi ini juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kemampuan aktifitas jantung.

Terapi minimal harus dilakukan sebanyak 35 hingga 36 kali dengan sehari 1 jam sekali terapi. Selama pengobatan, Anda akan diawasi oleh dokter yang berkompeten hingga Anda dinyatakan sembuh. Terapi ini telah diterapkan di beberapa negara seperti Amerika, China, Jerman, dan juga Indonesia.

Selain dengan terapi EECP, pengobatan jantung koroner tanpa operasi tersebut, Anda juga harus menjalankan pola hidup sehat dengan mengontrol makanan dan juga rajin melakukan olah raga yang baik untuk meningkatkan fungsi kerja dari jantung dan juga melancarkan pembuluh darah Anda.