Penyebab Alergi Kulit yang Harus Anda Ketahui

By Categories : Kesehatan, Penyakit

Setiap orang tentu saja pernah mengalami rasa gatal pada kulit. Gatal pada kulit dapat di sebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah karena faktor alergi. Sebelum kita membahas mengenai penyebab alergi kulit lebih jauh, kita bahas terlebih dahulu apa itu gatal. Gatal merupakan perasaan yang secara otomatis atau refleks yang di alami oleh setiap orang yang membuat seseorang untuk menggarukkanya. Dari proses penggarukan inilah yang tidak jarang kulit seseorang menjadi  iritasi atau alergi. Selain itu alergi pada kulit juga dapat disebabkan oleh reaksi bahan kimia, makanan, sengatan serangga dan cuaca.

penyebab alergi kulit
Meskipun gatal bukan merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, namun penyakit ini cukup membuat tidak nyaman. Alergi pada kulit juga dapat menyebabkan penyakit kulit lainnya seperti eksim. Munculnya alergi pada kulit memang sangat bervariasi tergantung pada sistem kekebalan tubuh seseorang. Nah berkaitan dengan alergi pada kulit tentu saja terdapat pemicu atau penyebab terjadinya alargi pada kulit. Berikut akan kami jelaskan mengenai penyebab alergi pada kulit, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :

Inilah Penyebab Alergi Pada Kulit

Terdapat banyak sekali penyebab terjadinya alergi pada kulit, untuk penyebab yang paling umum di alami oleh setiap orang karena faktor genetika atau keturunan. Faktor genetika sering kali mewarisi sistem kekebalan tubuh yang lemah. Selain itu alergi kulit  juga dapat disebabkan oleh virus yang ditandai dengan timbulnya penyakit cacar air dan parasit. Parasit penyebab dari  alergi kulit dapat ditemui dari berbagai objek seperti makanan, peralatan, hingga bahan-bahan kosmetik Anda seperti lation, gel krim, dan kosmetik lainnya.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah penyebab alergi kulit yang harus diwaspadai

Kandungan pada antibiotik

Antibiotic topical merupakan jenis antibiotik yang sering digunakan untuk mengatasi pertolonga pertama pada kecelakaan. Jenis yang biasa digunakan dapat berupa krim ataupun salep. Namun terkadang, zat yang bernama Neomycin sulfate yang terkandung dalam antibiotik ini dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya, salah satunya yaitu alergi dan iritasi. Oleh karena itu jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif sebaiknya tidak menggunakannya.

Logam pada pewarna rambut

Seperti yang kita ketahui, hampir setiap orang gemat berganti cat pada rambutnya. Akan tetapi seseorang yang sering melakukan hal ini sangat rentan sekali terkena alergi kulit. Hal ini dikarenakan sebagian besar pewarna rambut mengandung Cobalt chloride. Zat inilah yang dapat menyebabkan kulit mudah alergi dan iritasi.

Mengonsumsi seafood

Banyak orang yang mengaku gatal-gatal setelah ia mengonsumsi seafood. Jika hal ini terjadi, maka dapat disimpulkan bahwa ia mengalami alergi pada makanan laut. Umumnya gatal-gatal yang dirasakan seseorang setelah mengonsumsi makanan laut memiliki beberapa alasan, yang pertama adalah bahwa ia memang alergi makanan laut yang kedua adalah karena senyawa pada makanan laut memang dapat meningkatkan resiko alergi pada kulit.

Parfum

Meskipun dapat memberikan aroma yang sedap pada tubuh, parfum yang mengandung zat balsam peru juga dapat memicu terjadinya alergi. Menurut penelitian yang dilakukan di Klinik Mayo, menyatakan bahwa kandungan tersebut memang dapat membuat kulit iritasi dan alergi.

Cara Mengatasi Alergi

  • Mencari tahu penyebabnya. Yang pertama adalah dengan cara menemukan penyebabnya. Dengan begitu, Anda dapat menurunkan resiko terkena alergi. Contohnya jika Anda alergi dengan makanan laut, sebaiknya Anda menghindari makanan tersebut.
  • Mengonsumsi makanan kaya magnesium. Yang kedua adalah dengan mengonsumsi makanan kaya magnesium. Nutrisi yang satu ini memiliki fungsi untuk manipulasi substansi polyphosphate seperti ATP. Makanan yang mengandung magnesium yang dapat Anda coba adalah alpukat, kacang almond, kacang tanah, dan juga bayam.
  • Mengonsumsi makanan sumber beta karoten. Tak hanya baik untuk menjaga kesehatan mata, beta karoten juga dapat mengatasi alergi. Tak hanya itusaja, vitamin ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melancarkan sistem pernapasan.

Nah itulah beberapa penyebab alergi kulit dan cara mengatasinya yang dapat Anda ketahui. Tapi tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas mengenai gejala yang sering dialami oleh penderita penyakit gatal.

Berikut Gejala Alergi Pada Kulit

Secara umum alargi kulit biasanya akan timbul ruam berkembang, kulit terasa sangat gatal, sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan yang membuat kulit lebih kering dan kusam. Bukan hanya itu saja, kulit juga akan mengalami perubahan warna menjadi merah hingga melepuh. Jika kondisi tersebut semakin parah maka menyebabkan perubahan pada kondisi tubuh penderita dimana lebih sering mengalami muntah-muntah, berkeringat dingin, dan gemeteran.

Nah sedangkan untuk cara mengatasi alargi pada kulit terdapat berbagai cara diantaranya dengan menggunakan obat-obatan yang mengandung antibiotik yang bertujuan untuk menghindari terjadinya infeksi ataupun menggunakan obat alami untuk mengatasi gatal pada kulit. Namun yang paling penting adalah selalu menjaga kebersihan lingkugan sekitar Anda.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab alergi kulit yang harus Anda ketahui.

obat herbal alergi gatal - obat alami untuk penyakit alergi atau gatal gatal -