Penyebab Anak 1-2 Tahun Masih Ngeces dan Cara Mengatasinya

Anak 1-2 tahun masih ngeces – Jika anak masih bayi, ngeces masih dianggap wajar. Namun bagaimana jika yang mengalami ngeces tersebut anak yang sudah besar. Sebagian orang tua sering merasa khawatir ketika sudah besar kebiasaan ngeces tersebut belum hilang dari diri anaknya.  Ngeces adalah keluarnya air liur dari mulut anak tanpa anak sadari.  Bayi yang masih kecil untuk mengontrol air liur yang berada di dalam mulut memang belum bisa, namun pengontrolan tersebut bisa dilakukan oleh anak yang usianya diatas 1 tahun sehingga yang tadinya suka ngeces, mulai umur satu tahun ini kebiasaan tersebut berkurang bahkan hilang samasekali. Lalu bagaimana dengan anak 1-2 tahun masih ngeces?, ternyata anak yang sudah besar dan masih ngeces disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

Masalah dengan Menelan

anak ngeces

anak ngeces

Jika anak masih suka ngeces, sebaiknya orang tua menganalisa apakah si anak memiliki masalah dengan kemampuan menelannya. Jika saat makan anak suka mengemut makanan dan kemudian makanan tersebut dibuang secara terus menerus bisa jadi si anak memiliki masalah dalam menelan. Selain itu masalah sulit menelan ditandai dengan si anak yang memuntahkan makanan terlalu sering. Orang tua yang menemukan tanda ini pada anaknya bisa memeriksakan ke spesialis anak.

Gangguan Rahang Bawah

penyebab anak ngeces

penyebab anak ngeces

Menurut dokter spesialis kesehatan fisik dan rehabilitasi, anak yang sudah besar (diatas 2 tahun) memiliki kebiasaan ngeces bukanlah hal yang wajar sehingga diperlukan pemeriksaan fisik anak terutama bagian mulutnya. Salah satu hipotesis penyebab anak suka ngeces di saat usianya sudah besar disebabkan oleh kelainan di bagian rahang bawah. Ada otot di bagian rahang bawah anak yang tidak kuat sehingga anak akan mengeces terus menerus. Orang yang memiliki rahang yang normal biasanya akan menelan ludah dua kali dalam semenit, sedangkan orang yang memiliki kelainan pada rahang bawah akan kesulitan untuk menelan air liur.

Terhambatnya Saluran Napas

Penyebab anak 1-2 tahun masih ngeces disebabkan oleh hambatan yang terjadi di saluran napas. Hambatan ini bisa disebabkan oleh berbagai macam penyakit seperti pilek sehingga sang anak tidak bisa mengambil napas melalui hidungnya. Anak berubah bernapas melalui mulutnya dan kemudian saat itu secara tidak sengaja air liur ikut keluar dari mulutnya.

Peningkatan Air Liur

penyebab anak ngeces peningkatan air liur

penyebab anak ngeces peningkatan air liur

Penyebab anak 1-2 tahun masih ngeces lainnya disebabkan oleh produksi air liur yang meningkat. Faktor penyebab peningkatan produksi air liur ini bermacam-macam. Misalnya saja disebabkan oleh alergi, flu dan juga infeksi. Jenis infeksi yang bisa menyebabkan anak menjadi ngeces adalah streptokokus tonsillitis atau sinusitis, mononucleosis, dan abses peritonsilar.

Penyakit Tertentu

Anak yang menderita penyakit tertentu juga bisa mengalami ngeces ini. Penyakit tersebut seperti kelainan saraf, cerebral palsy dan juga down syndrome. Anak dengan gangguan mental atau down syndrome sering mengalami ngeces ini, hal itu dikarenakan ada gangguan  saraf atau kelainan saraf di tubuhnya.

Efek Obat dan Pestisida

penyebab anak ngeces efek pestisida

penyebab anak ngeces efek pestisida

Ada ngeces yang disebabkan oleh efek pemberian obat tertentu, sehingga orang tua harus bisa lebih mengenali tubuh anaknya tersebut. Selain karena disebabkan oleh obat-obatan, ada anak yang ngeces dikarenakan efek pestisida. Pestisida itu melekat di sayuran dan juga buah, sehingga ketika anak mengkonsumsinya si anak menjadi keracunan pestisida. Sebaiknya orang tua memilih sayur dan buah yang organik bebas pestisida untuk dikonsumsi sang anak.

 

Demikianlah beberapa penyebab anak 1-2 tahun masih ngeces yang wajib diperhatikan oleh orang tua, semoga informasi ini bermanfaat.

Loading...
anak 1 tahun masih ngeces - anak 2 tahun masih ngeces - cara agar tidak ngebces umur 2 th - mengatasi anak yang suka ngeces - mengatasi anak ngeces - mengapa anak 1 tahun masih ngeces - cara mengatasi bayi ngeces - cara mengatasi anak yang ngeces trs trusan - cara mengatasi anak yang ngeces - anak 1 setengah tahun masih ngences bagaimana utk mengatasi nya - anak usia 2 tahun masih ngiler - anak umur 2 tahun masih ngeces - anak balita ngces - anak 1 tahun ngeces - penyakit anak ngences umir 2 th -