Penyebab dan Cara Ampuh  Mengatasi Biduran Pada Anak

By Categories : Kesehatan

Biduran atau kaligata atau yang biasa disebut dengan urtikaria adalah sebuah reaksi dari kulit yang menyebabkan munculnya bintik-bintik berwarna putih atau merah dan terasa sangat gatal. Awalnya bintik atau bilur tersebut muncul di satu bagian tubuh saja dan pada akhirnya bilur dan rasa gatal tersebut menyebar ke seluruh tubuh.

biduran pada anak

Tak hanya terasa gatal, biduran pada anak juga terasa sangat perih pada permukaan kulit. Biasanya hal ini dapat bertahan hingga berjam-jam bahkan berapa hari. Jika tidak segera diatasi tentu saja masalah yang satu ini dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman, khususnya pada anak-anak.

Selain itu penyakit urtikaria juga dapat bertahan hingga beberapa bulan dan tahun. Meskipun jarang terjadi, biasanya kondisi yang satu ini merupakan salah satu gejala seseorang terkena penyakit kronis. Misalnya lupus, penyakit diabetes tipe 1 atau penyakit tiroid.

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi biduran pada anak. Anda juga harus mengetahui apa saja hal yang menyebabkan biduran. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penyebab dan cara ampuh mengatasi biduran secara alami.

 Inilah penyebab dan cara mengatasi biduran secara alami

Penyebab biduran                                                                                          

  • Obat-obatan

Penyebab yang pertama adalah karena obat-obatan. Selain dapat memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, beberapa obat-obatan juga memiliki efek samping yang dapat menyebabkan alergi. Jenis antibiotik yang seringkali menyebabkan reaksi alergi antara lain ibuprofen.

  • Makanan

Yang kedua adalah makanan. Beberapa macam makanan yang paling sering menyebabkan alergi adalah kerang, susu, cokelat, telur, ikan, kacang, udang dan lainnya. Nah bagi Anda yang memiliki alergi suatu makanan tertentu sebaiknya hindari makanan pemicu alergi tersebut. Selain kedua hal tersebut, kondisi lain yang dapat memicu hal ini adalah karena gigitan serangga  dan perubahan suhu dari panas ke dingin ataupun sebaliknya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut ini.

Cara mengatasi biduran

  • Mandi dengan air dingin

Cara mengatasi biduran pada anak yang pertama yaitu dengan cara memandikannya dengan air dingin. Air dingin yang digunakan sangat ampuh untuk menenangkan kulit yang sedang teriritasi serta dapat mengurangi peradangan yang terjadi. Namun jangan lama memandikan si kecil, cukup selama 10 hingga 15 menit saja.

  • Oleskan krim anti gatal

Setelah memandikannya, Anda bisa mengolesi kulit si kecil dengan menggunakan krim anti gatal. Pastikan krim anti gatal yang Anda oleskan  setidaknya mengandung 1% hidrokortison. Selain itu, Anda juga memanfaatkan bahan alami seperti minyak zaitun dan lainnya sebagai obat tradisional biduran atau kaligata.

  • Gunakan kemeja dan celana panjang

Cara mengatasi biduran pada anak selanjutnya adalah pastikan si kecil mengenakan baju panjang. Hal ini berguna untuk mencegah si kecil menggaruk kulit yang gatal. Seperti yang Anda ketahui hal ini dapat menyebarkan alergen ke seluruh badan. Jika gatal masih berlanjut, segeralah menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi biduran pada anak.

obat biduran anak - cara mengobati biduran pada anak - biduran pada anak - obat biduran alami untuk anak - obat gidu untuk anak - cara mengatasi biduran pada anak - obat biduran untuk anak - penyebab biduran pada anak - mengobati biduran pada anak - biduran pada anak usia 2 tahun - mengatasi biduran pada anak - penyakit biduran pada anak - obat biduran buat anak - obat sakit biduran pada anak - obat biduren anak -