Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Kuning Pada Bayi

By Categories : Penyakit

Sebagai orang tua memang sudah menjadi kewajiban untuk menjaga bayi agar sehat dan tumbuh menjadi seorang anak yang cerdas dan bisa dibanggakan. Namun yang perlu Anda ketahui saat menjaga seorang bayi tentu saja Anda harus membekali diri dengan pengetahun berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu penyakit kuning pada bayi. Seperti yang Anda ketahui, penyakit kuning merupakan salah satu penyakit yang menyerang hati dan sering ditemui pada bayi yang baru lahir. Dalam istilah bahasa Inggris penyakit ini sering disebut dengan Jaundice.

Cara Mengatasi Penyakit Kuning Pada Bayi

Walaupun masuk ke dalam golongan penyakit yang umum, akan tetapi penyakit kuning memiliki sifat patologis, yang artinya jika tidak segera mendapatkan perawatan penyakit ini dapat membahayakan kesehatan hingga jiwa bayi. Lalu apa penyebab penyakit kuning pada bayi itu sendiri? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Penyebab penyakit kuning pada bayi

Penyebab dari penyakit ini adalah hiperbilirubinemia atau yang lebih sering disebut dengan kelebihan bilirubin. Bilirubin sendiri merupakan suatu zat yang menyebabkan warna kuning dari sebagian anggota tubuh. Zat tersebut merupakan suatu limbah yang dihasilkan akibat aktivitas pemecahan sel darah merah di dalam tubuh. Biasanya, organ yang betugas untuk menyaring zat ini adalah hati. Akan tetapi ada kalanya hati bayi belum berfungsi sempurna ketika ia dilahirkan. Seorang bayi yang lahir prematur memiliki resiko yang lebih besar terkena penyakit ini. Hal ini dikarenakan hatinya belum terbentuk dan berfungsi secara sempurna.

Nah itulah penyebab dari penyakit kuning pada bayi, lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya di bawah ini.

Selalu memberikan asupan ASI

Cara mengatasi penyakit kuning pada bayi yang pertama adalah dengan cara selalu memberikannya asupan ASI. Sering-seringlah memberikan ASI pada bayi Anda setidaknya setiap 2 jam sekali. Cara ini merupakan cara paling ampuh untuk mengatasi penyakit kuning tersebut. Hal ini dikarenakan colostrum yang terdapat di ASI pada 48 jam pertama memiliki efek laksatif alamiah yang berfungsi untuk memindahkan meconium dalam perut yang mengandung bilirubin. Bilirubin tersebut akan dipindahkan agar terserap kembali ke dalam darah.

Menjemur bayi

Cara yang kedua adalah dengan cara meletakkan bayi di bawah sinar matahari atau menjemurnya. Sebaiknya jemur bayi Anda pada pukul 8 hingga 9 pagi. Selain baik untuk tulang, sinar matahri juga berguna untuk menurunkan tingkat bilirubin.

Membawa ke dokter

Cara mengatasi penyakit kuning pada bayi selanjutnya adalah dengan cara membawanya ke dokter. Jika penyakit kuning yang diderita bayi Anda terjadi pada hari pertama ia dilahirkan, berarti bayi tersebut memiliki masalah pada darah dan sangat diperlukan perawatan intensif. Sebab jika tingkat bilirubin terlalu tinggi, bayi tersebut dapat mengalami kerusakan otak yang fatal.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi penyakit kuning pada bayi. Baca juga artikel mengenai Makanan yang tidak boleh dikonsumsi bayi.

cara mengatasi bayi kuning secara tradisional - cara menghilangkan kuning pada bayi - Penyakit kuning pada bayi - bayi kuning - cara mengatasi bayi kuning - obat tradisional bayi kuning - kuning pada bayi - cara mengatasi penyakit kuning pada bayi - obat sakit kuning tradisional untuk bayi baru lahir - obat penyakit juning bayi com - obat herbal untuk bayi sakit kuning - herbal mencegah obat penyakit kuning pada bayi - cara merawat bayi agar penyakit kuning ngk kambuh lagi - cara mengobati kuning pada bayi - cara mengatasi sakit kuning pd bayi baru lahir -