Penyebab dan Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam Pada Mata Yang Tepat

By Categories : Tips Perawatan

Cara menghilangkan lingkaran hitam pada mata sebenarnya adalah hal yang gampang-gampang susah dilakukan. Sama seperti jerawat, lingkaran hitam pada mata memerlukan perhatian khusus untuk mengatasinya. Apakah Anda mengalami hal ini? Jika iya tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara alami paling efektif untuk mengatasinya. Sebelum membahas mengenai caranya, simak dulu ulasan berikut ini.

 Siapa yang tidak pernah mengalami mata menjadi hitam tidak sehat seperti mata panda? Mungkin hampir setiap orang tentu saja pernah mengalami hal ini. Sebagian banyak orang ada tidak percaya diri jika ada lingkaran hitam pada mata. Tak hanya dapat membuat penampilan menjadi kurang menarik, hal ini juga dapat menyebabkan wajah tampak begitu lelah dan tidak segar.

Setiap orang pastinya ingin selalu tampil cantik dan segar dalam segala acara. Jika mata panda muncul tentu saja hal ini sangatlah menganggu. Biasanya lingkaran hitam pada mata akan muncul ketika kita begadang sepanjang malam. Namun  tak hanya itu saja, meskipun  Anda sudah tidur selama delapan jam semalam tidak menutup kemungkinan Anda pun akan mengalaminya.Cara menghilangkan lingkaran hitam pada mata yang tepat

Jika tidak segera diatasi tentu saja hal ini merupakan salah satu masalah besar yang dapat menganggu penampilan Anda. Lantas apa yang perlu dilakukan untuk mengatasinya? Untuk lebih jelasnya simak ulasan artikel berikut ini.

Inilah Penyebab dan Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam Pada Mata

Penyebab Lingkaran Hitam Pada Mata

  • Faktor Keturunan. Jika dibandingkan dengan faktor penyebab lainnya, faktor keturuan adalah penyebab yang tidak bisa dicegah. Menurut Rebecca Kazin, MD, dokter kulit di Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery seseorang yang berkulit gelap atau zaitun secara genetik memiliki lingkaran hitam di bawah mata.
  • Bertambahnya usia. Lingkaran hitam juga sering terjadi ketika bertambahnya usia. Tahukah Anda kulit di bawah mata akan menjadi sangat tipis semakin bertambahnya usia? Tak hanya itu saja, lingkaran hitam jug akan berukuran besar yang akan nampak seperti cekurang kosong. Hal ini karena volume kelembapan dan elastisitas kulit di bawah mata semakin hilang dan berkurang.
  • Kebiasaan makan tidak sehat. Selain faktor keturunan dan bertambahnya usia, kebiasaan makan yang tidak sehat juga dapat menjadi faktor hal tersebut. Mengonsumsi makanan tidak sehat dengan gizi yang buruk dapat membentuk lingkaran hitam seperti mata panda.
  • Alergi juga berkontribusi besar dalam membentuk lingkaran hitam. Ketika gatal ketika alergi, pastikan Anda tidak menggosok mata terlalu keras karena hal ini dapat membuatnya menjadi tampak gelap.

Baca juga Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara menghilangkan lingkaran hitam pada mataLau bagaimana cara mencegah dan menghilangkannya? Berikut ulasannya.

  • Hindari Paparan Sinar Matahari

Cara yang pertama adalah dengan mengindari paparan sinar matahari. Terpapar sinar matahari dapat merusak kulit dan mempercepat penuaan. Akibatnya hal ini menyebabkan lingkaran hitam pada mata dan pastikan Anda selalu menggunakan perlindungan SPF ketika keluar rumah. Selain itu pastikan Anda menghindari rokok ataupun asap rokok.

  • Fokus Pada Gaya Hidup Sehat

Cara menghilangkan lingkaran hitam pada mata selanjutnya adalah dengan fokus pada gaya hidup sehat. Sudah dijelaskan tadi bahwa salah satu penyebab mata panda adalah gaya dan pola hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu untuk menghindari dan mengatasi adanya lingkaran hitam di bawah mata tersebut fokuslah pada gaya hidup yang sehat.

  • Gunakan Pelembab Khusus

Cara berikutnya adalah adalah dengan menggunakan pelembab yang diformulasikan khusus untuk daerah mata. Namun hal ini pun tidak dapat bekerja secara optimal, karena pengaplikasian krim mata tentu saja akan mengganggu. Kebanyakan krim mata tersebut fokus pada penambahan intensitas hidrasi dan hal ini pun cukup bermanfaat untuk mengatasi kantung dan lingkaran hitam di bawah mata.

  • Gunakan Irisan Mentimun

Menggunakan irisan mentimun untuk mengatasi mata panda juga merupakan hal paling efektif yang dapat dicoba. Mentimun kaya akan mineral yang dapat menghidrasi sekitar mata. Sehingga mata akan terlihat lebih segar dan fresh. Caranya Anda bisa menempelkan irisan mentimun secara langsung dan diamkan selama beberapa menit.

  • Gunakan Es Batu

Mengompres mata dengan es batu juga sering dilakukan banyak orang untuk mengatasi masalah berikut ini. Es batu yang Anda gunakan dapat membuat mata lebih sejuk dan juga rileks. Jangan hanya mata saja, Anda juga bisa mengoleskan es batu ke seluruh permukaan wajah. Sensasi dingin pada es batu dapat membuat pori-pori kembali ke ukuran semula.

  • Tidur yang Cukup

Meskipun seseorang yang cukup tidur juga rentan mengalami mata panda, namun hal ini tentu saja cara efektif yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Selain dapat membuat badan bugar, wajah juga akan terlihat lebih segar dan terhindar kantung mata. Namun jangan terlalu banyak tidur, pastikan Anda tidur 7 hingga 8 jam dalam setiap malamnya.

Baca juga Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Dengan Cepat dan Alami

Demikianlah ulasan mengenai penyebab dan cara menghilangkan lingkaran hitam pada mata yang benar dan tepat.

Loading...
cara mengatasi masalah lingkaran hitam pada mata - Wajah kusam lingkaran hitam pada mata pesek terdapat jerawat kecil kecil -