Penyebab dan Cara Mengobati Diare pada Anak

By Categories : Kesehatan

Diare merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh anak-anak dan juga balita. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) selain leukimia, diare juga merupakan penyebab kematian pada balita di dunia. Diare sendiri adalah penyakit yang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja tanpa terduga oleh karena itu pertolongan pertama sangat dibutuhkan jika seseorang menderita penyakit ini.

diare

Agar si kecil tidak terkena penyakit ini, maka orang tua harus benar-benar memperhatikan makanan yang dikonsumsi buah hati dan pastinya selalu memastikan jika si kecil mendapatkan asupan cairan yang cukup dalam setiap harinya. Sebelum membahas bagaimana cara mengatasinya, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa saja penyebab diare.

Berikut adalah penyebab diare

  • Alergi makanan
  • Keracunan
  • Infeksi yang disebabkan virus, bakteri dan parasit
  • Terlalu berlebihan mengonsumsi jus buah

Itulah beberapa penyebab diare dan berikut adalah cara mengobati diare pada anak.

Cara mengobati diare pada anak

Tetap memberikan makanan dan minuman

Cara mengobati diare pada anak yang pertama adalah tetap memberikan asupan makanan dan minuman. Jika anak Anda masih menyusui pastikan Anda selalu memberikannya ASI. ASI yang ia konsumsi akan menggantikan cairan yang terbuang saat anak buang air besar. Menurut dokter spesialis anak, ketika diare jangan pernah untuk menghentikan pemberian minuman dan makanan, karena hal ini dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan si kecil.

Membuat larutan gula dan garam

Cara yang kedua adalah dengan membuatkannya larutan gula dan garam atau yang lebih sering disebut dengan oralit. Selain pembuatannya yang mudah, larutan ini sangat berguna untuk menyeimbangkan dan menggantikan jumlah cairan dalam tubuh anak yang hilang akibat diare. Cara membuat larutan ini yaitu dengan cara mencampurkan gula dan garam pada air hangat. Dan minumkan secara perlahan pada si kecil.

Membuat jamu kunyit

Cara mengobati diare pada anak selanjutnya adalah dengan cara membuat jamu dari kunyit. Agar anak mau meminumnya, sebaiknya tambahkan gula atau madu untuk memberikan rasa manis.

Beri makanan sederhana

Saat anak sedang diare sebaiknya hindarilah makanan bayi ataupun sereal kompleks lainnya. Sebaiknya pilihlah makanan sederhana yang lebih menyehatkan seperti pisang, bubu ataupun apel kukus. Dan sebaiknya hindarilah makanan yang berbumbu tajam, karena makanan tersebut dapat memperparah kondisi si kecil.

Bawa ke rumah sakit

Jika penanganan yang Anda lakukan di rumah sudah berlangsung selama 2 hari namun tak kunjung sembuh, sebaiknya Anda segera membawanya ke rumah sakit terdekat. Anda harus lebih waspada jika si kecil mengeluarkan feses cair yang berwarna kemerahan. Karena warna tersebut karena adanya darah yang bercampur pada feses.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengobati diare pada anak. Baca juga artikel meneraik mengenai Obat tradisional obat kaligata pada anak.