Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Gigi

By Categories : Obat

Sakit gigi merupakan suatu penyakit yang paling sering dialami oleh setiap orang. Sealin rasa sakit yang dirasakan, sakit gigi juga sangat menyiksa karena sakit gigi juga sering diikuti dengan pembengkakan pada gusi. Jika hal ini tidak segera diatasi tentunya semua pekerjaan akan terbengkalai dan produktifitas semakin menurun. Lantas apa saja penyebab sakit gigi sendiri?

Cara Mengobati Sakit Gigi

Penyebab Sakit Gigi

  • Gusi membengkak
  • Infeksi pada gusi
  • Teknik sikat gigi yang salah
  • Perawatan ortodonti
  • Kerusakan pada gigi

Kerusakan gigi yang paling sering dialami setiap orang adalah gigi berlubang, hal inilah yang merupakan penyebab utama dari sakit gigi. Gigi yang berlubang merupakan tempat bakteri hidup di dalam mulut. Oleh karena itu, jika tidak dibersihkan secara teratur sakit gigi akan selalu menyerang Anda.

Nah itulah beberapa penyebab dari sakit gigi. Lalu bagaimana cara mengobati sakit gigi? Selain mengobati dengan menggunakan obat, Anda juga dapat membuat obat sendiri dengan bahan alami berikut ini!

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Jeruk Nipis

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dipercaya dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Caranya, yaitu ambilah beberapa buah jeruk nipis, kemudian peras airnya. Gunakan perasan air jeruk nipis tersebut untuk berkumur dengan menggunakan air perasan tersebut. Pastikan air jangan sampai tertelan, karena air tersebut mengandung banyak bakteri yang dapat mengganggu pencernaan Anda.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antiseptik alami yang sangat ampuh untuk membunuh bakteri penyebab gusi bengkak dan sakit gigi. Cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bawang putih yaitu dengan cara kupas beberapa siung bawang putih dan bersihkan, setelah itu haluskan bawang putih kemudian masukkan bawang putih tersebut pada gigi yang berlubang, meskipun rasanya sedikit aneh mengobati sakit gigi dengan bawang putih secara rutin dapat membantu proses penyembuhan sakit gigi yang Anda derita.

Es Batu

Selain digunakan untuk campuran untuk es buah, jus ataupun minuman dingin lainnya, es batu juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi Anda. Sensasi dingin yang diberikan oleh es batu berguna untuk meringankan rasa sakit pada gigi. Caranya kompreskan es batu pada gigi Anda yang sakit. Namun jika Anda tidak tahan dengan sensasi dinginnya Anda dapat membungkus es batu dengan menggunakan kain.

Konsultasi ke Dokter

Namun jika cara alami tersebut tidak mampu mengobati sakit gigi dan sakit yang Anda rasakan semakin parah, seperti, sakit gigi disertai demam, gusi terdapat nanah dan tidak sembuh dalam kurun waktu 2 hari sebaiknya Anda segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengobati sakit gigi yang dapat Anda coba.

obat alami herpes kulit -