Penyebab dan Gejala Penyakit Anemia

By Categories : Penyakit

Anemia atau kurang darah adalah keadan ketika jumlah sel darah atau hemoglobin (protein membawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Dalam sel darah merah mengandung hemoglobin yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen ke dalam paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh. Maka dengan begitu akibat dari anemia adalah transportasi sel darah merah akan mengalami gangguan dan jaringan tubuh pada penderita anemia akan megalami kekurangan oksigen yang berfungsi menghasilkan energi dalam tubuh, tidak heran jika orang yang mengalami masalah anemia ditunjukkan dimana kondisi akan cepat merasa lelah, pusing, pucat, gelisah hingga kadang merasa sesak nafas.

Penyakit Anemia

Adapun penyebab umum dari anemia itu sendiri antara lain karena kekurangan zat besi, pendarahan usus, genetik,kekurangan vitamin B12, kekurangan asam folat dan gangguan sunsum tulang. Berikut terdapat jenis-jenis anemia dan penyebab terjadinya.

Penyebab Anemia Sesui Jenisnya

Iron Deficiency Anemia

Penyebab anemian pada jenis ini adalah karena disebabkan kekurangan zat besi dalam tubuh. Zat besi sangatlah penting karena zat besi berfungsi dalam pembentukan hemoglobin yang dibutuhkan dalam sunsum tulang, jika tanpa zat besi yang cukup maka tubuh tidak mampu memproduksi hemoglobin untuk sel darah merah.

Vitamin Deficiency Anemia

Untuk penyebab anemia yang satu ini selain disebabkan kerena kekurangan zat besi juga kekurangan folat dan vitamin B-12 yang berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah. Jika seseorang dalam asupan makanannya kekurangan zat tersebut maka tubuh akan mengalami penurunan reproduksi sel darah merah.

Aplastic Anemia

Penyebab anemia jenis ini memang sangat jarang terjadi kerana kondisi tersebut merupakan kondisi yang mengancam jiwa yang disebabkan kerena ketidakmampuan sunsum tulang belakang untuk menghasilkan ketiga jenis sel darah merah dan adapun penyebabnya saat ini belum dapat diketahui.

Penyebab Secara Umum

Terjadinya anemia bisa disebakan karena rendahnya asupan gizi pada makanan, gangguan kesehatan usus kecil atau setelah melakukan operasi yang berhubungan dengan usus kecil, sedang mengalami menstruasi, kehamilan, kondisi kronis yaitu sedang mengalami penyakit kanker, gagal ginjal, kegagalan hati, dan karena disebabkan oleh faktor keturunan.

Berikut Beberapa Tanda-tanda atau Gejala Anemia

Kelopak Mata Pucat

Salah satu yang sangat mudah untuk mendeteksi penyakit anemia adalah bisa dilihat pada mata. Ketika bagian bawah kelopak mata berwarna pucat maka bisa dipastikan orang tersebut mengalami gejala anemia. Untuk lebih memastikan bisa dengan melakukan pemeriksaan ke dokter.

Mudah Merasa Lelah

Ketika melakukan segala aktivitas sering kali merasa mudah lelah, hal itu sering dialami kurang lebih dalam jangka waktu satu bulan. Maka bisa jadi kondisi tersebut Anda mengalami kekurangan sel darah merah, pengaruh kondisi tersebutlah yang menjadikan Anda sangat mudah lelah.

Sering Sakit Kepala

Selain mudah lelah biasanya juga sering disertai dengan mudah merasa pusing hingga tidak sakitnya tidak tertahankan. Karena kekurangan darah sangat mempengaruhi kekurangan oksigen dalam otak yang memimbulkan rasa sakit pada kepala yang terjadi secara terus menerus dan kondisi tersebut akan hilang sampai otak mendapatkan suplai sel darah merah dari jantung.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai penyebab dan gejala anemia yang perlu Anda ketahui. Baca juga artikel lainnya mengenai Gejala dan penyebab usus buntu.