Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

By Categories : Kesehatan

Terjadinya perubahan bentuk tubuh pada saat hamil tentu saja merupakan hal yang wajar selama perubahan yang terjadi masih tahap normal dan tidak membahayakan kesehatan Anda dan janin di dalam kandungan. Selain berat badan bertambah, salah satu perubahan yang sering dialami oleh ibu hamil adalah kaki membengkak. Meskipun merupakan salah satu hal yang wajar, akan tetapi kaki bengkak saat hamil tentu saja dapat membuat tidak nyaman. Lalu apa saja penyebab kaki bengkak saat hamil? Berikut ulasannya.

penyebab kaki bengkak

Inilah penyebab dan cara mengatasi kaki bengkak saat hamil

Pada umumnya penyebab kaki bengkak saat hamil dikarenakan oleh kaki harus menopang berat badan yang berlebih dari kondisi normal. Semakin besar janin yang dikandung maka ini akan membuat cairan yang tertimbun pada kaki semakin parah, hal inilah yang menyebabkan kaki bengkak saat hamil.

Hal lain yang perlu diwaspadai ketika kaki bengkak saat hamil adalah preeclampsia dan juga eclamsia. Kedua penyakit tersebut seringkali menyerang ibu hamil, preeclampsia dan eclamsia sendiri merupakan penyakit yang menyebabkan tubuh ibu melawan plasenta di dalam kandungan.

Preeclampsia sendiri umumnya tidak menimbulkan gejala, oleh karena itu penyakit ini sangatlah berbahaya. Salah satu tanda utama dari penyakit ini adalah seorang ibu hamil mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tanda lainnya adalah pada urin ibu hamil terdapat protein dan kaki mengalami pembengkakan.

Akan tetapi seperti yang Anda ketahui beberapa hal tersebut tidak dapat dideteksi. Sehingga sangat penting sekali untuk melakukan pemeriksaan secara berkala ketika hamil. Gejala lainnya yang perlu diwaspadai adalah sakit perut sebelah kanan atas, sakit kepala, pandangan ibu menjadi buram, keluarnya air urin yang sedikit serta mual dan muntah.

Setelah mengetahui apa saja penyebab kaki bengkak saat hamil, berikut adalah cara mengatasinya yang dapat dicoba.

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil

Hindari berdiri terlalu lama

Cara yang pertama adalah jangan berdiri terlalu lama. Selain dapat membuat ibu hamil lebih mudah lelah, berdiri terlalu lama juga mempermudah jantung memompa darah menuju kaki dan akan sulit untuk mengembalikan darah ke jantung. Hal ini dikarenakan pembuluh balik jantung tertekan oleh janin. Oleh karena itu untuk menghindari hal ini sebaiknya Anda menghindari hal ini, apalagi jika usia kehamilan Anda sudah memasuki usia 32 minggu ke atas.

Hindari menggunakan sepatu yang mengikat kaki

 Bagi Anda yang sangat suka menggunakan sepatu atau sandal yang mengikat kaki, sebaiknya Anda menghindari hal ini. karena penggunaan sepatu  yang mengikat kaki dapat menyebabkan kaki membengkak untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan sandal jepit yang tidak mengikat kaki Anda.

Posisikan badan miring ke kiri

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil selanjutnya adalah dengan cara memposisikan badan miring ke kiri ketika tidur. Hal ini sangat berguna agar pembuluh darah balik terbebas dari tekanan, sehingga aliran darah yang ada di kaki akan dapat kembali ke jantung. Tentu saja hal ini dapat mengurangi masalah kaki bengkak saat hamil.

Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur juga dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah ini. Dengan berolahraga tentu saja ini akan membuat aliran darah lebih lancar dan juga dapat menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit. Namun tak hanya itu saja, olahraga juga berguna untuk membantu persalinan Anda dapat lancar. Beberapa olahraga yang baik untuk ibu hamil antara lain berenang, jalan kaki dan juga yoga.

Mengonsumsi makanan bergizi

Selain berolahraga, ibu hamil juga harus memenihi asupan nutrisi yang tepat dalam setiap harinya. Selain untuk menjaga kesehatan, makanan bergizi dapat membantu janin tumbuh dan berkembang. Dan sebaiknya hindari makanan yang mengandung garam yang berlebih. Makanan kaya gizi yang dapat dikonsumsi antara lain, buah-buahan, sayuran dan masih banyak lagi.

Pijat refleksi

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil selanjuntya adalah dengan melakukan pijat refleksi. Anda bisa memijatnya sendiri ataupun meminta bantuan tukang pijat untuk mengatasi hal ini. Caranya, pijat kaki yang mengalami pembengkakan dengan mengarahkan pijatan ke lutut. Pastikan Anda memijat dengan lembut dan tidak terlalu keras. Ketika memijat, Anda bisa menggunakan baby oil ataupu minyak kayu putih. Selain dapat mengatasi kaki bengkak, memijat kaki secara tertaur  juga dapat membuat tubuh menjadi rileks dan bebas stres.

Tetap mengonsumsi garam

Garam memang merupakan salah satu makanan penyebab darah tinggi. Oleh karena itu banyak ibu hamil yang menghindari asupan garam. Meskipun begitu ibu hamil juga masih tetap memerlukan kebutuhan sodium dalam setiap harinya.  Pastikan ibu hamil tetap mengonsumsi makanan yang mengandung garam sesuai dengan takarannya dan jangan sampai berlebihan.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab kaki bengkak saat hamil dan cara mengatasinya. Baca juga nutrisi pada ibu hamil yang wajib dipenuhi.

kaki bengkak sebelah kanan saat hamil - cara meredakan kaki bengkak saat hamil dengan minyak kayu putih - kaki bengkak pada usia kandungan 32minggu - sepatu ibu hamil kaki bengkak - penyebab kaki bengkak sebelah pada ibu hamil - penyebab kaki bengkak pada ibu hamik - kenapa ibu hamil kram pada kaki sampai pinggang - kaki bumil bengkak sebelah - kaki bengkak saat hamil 32 minggu - kaki bengkak diusia kehamilan 32 minggu - cara mengatasi kaki bengkak saat hamil -