Penyebab Kaki Kram Saat Hamil Lengkap dengan Pencegahannya

By Categories : Kesehatan

Kaki kram saat hamil adalah hal wajar yang sering dialami oleh ibu hamil yang memasuki trimester akhir. Meskipun wajar dan tidak berbahaya, namun hal ini tentu saja dapat menyebabkan masalah lain pada ibu hamil salah satunya yaitu insomnia. Nah apakah Anda sering mengalami hal ini? Tenang, jangan khawatir simaklah ulasan berikut ini sebab kali ini akan menjelaskan mengenai penyebab dari kaki kram pada ibu hamil lengkap dengan cara pencegahannya.

Ibu hamil yang memasuki trimester akhir seringkali mengeluhkan perubahan fisiknya. Ya, hal ini dikarenakan janin yang dikandung akan semakin tumbuh dan berkembang. Perubahan fisik itulah yang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman, terutama saat bangun tidur. Posisi yang tidak berubah selama beberapa waktu dapat membuat ibu hamil mengalami kram atau kesemutan.

Selain karena adanya perubahan fisik, kelelahan otot di daerah kaki juga merupakan penyebab dari masalah kesehatan ini sebab kaki harus menahan beban tubuh. Ketika tubuh wanita hamil bertambah berat badannya maka otot kaki pun akan semakin lelah. Tak hanya itu saja, kram kaki juga bisa disebabkan karena aliran darah di kaki yang tidak lancar akibat pembesaran rahim.

Serta mineral yang tidak seimbang di dalam tubuh ibu hamil juga dapat menyebabkan hal ini. Oleh karena itu, ketika hamil pastikan Anda mencukupi asupan mineral seperti potasium, magnesium, fosfor dan lainnya. Nah itulah beberapa penyebab dari kram kaki saat hamil. Lalu bagaimana cara mencegah gar hal ini tidak terjadi? Berikut ulasannya.kram-kaki-saat-hami

Cara Mengatasi dan Pencegahan Kaki Kram Saat Hamil

Luruskan Tumit dan Kaki

Jika Anda mengalami hal ini, cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan meluruskan tumit dan kaki secara perlahan. Hal ini bertujuan agar kaki lebih rileks dan sirkulasi darah bisa lebih lancar. Jika sudah merasa enakan, selanjutnya Anda bisa menekuk tumit dan jari.

baca juga penyebab kram otot dan cara mengatasinya

Selain meluruskan tumit dan kaki, cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pijatan otot kaki yang sedang kram secara perlahan. Namun bagaimana jika kram terjadi ketika duduk ataupun tidur? Tenang, jangan khawatir Anda bisa menggerakkan jari-jari ke arah atas secara perlahan.

Setelah itu diamkan beberapa saat agar kaki lebih rileks dan Anda bisa beranjak dari tempat duduk ataupun kasur jika rasa kram sudah mulai berkurang.

Konsumsi Makanan Kaya Mineral

Di atas merupakan cara paling efektif untuk mengatasi kaki kram, sedangkan untuk cara pencegahan yang pertama adalah dengan mengonsumsi makanan kaya mineral dan kalsium yang cukup dalam setiap harinya. Sumber kalsium terbaik yang bisa dikonsumsi adalah susu, yoghurt serta sayuran hijau. Kandungan nutrisi dalam makanan ini juga dapat menunjang asupan nutrisi agar dapat terpenuhi.

Hindari Berdiri Terlalu Lama

Berdiri terlalu lama dapat membuat tubuh semakin lama menopang berat tubuh, sehingga hal ini dapat memicu terjadi kram kaki. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari hal ini. Jika pekerjaan menuntut Anda untuk berdiri lama, usahakan Anda selalu mencuri waktu untuk duduk agar kram kaki tidak terjadi kembali.

Lakukan Peregangan

Cara mencegah kram kaki untuk ibu hamil selanjutnya adalah dengan melakukan peregangan. Ketika ada waktu luang, lakukanlah peregangan kaki sesekali. Hal ini berguna untuk meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas. Caranya pun sangat mudah, yaitu hanya dengan memutar secara perlahan persendian searah jarum jam ataupun sebaliknya.

Hindari Penggunaan Sepatu Hak Tinggi

Perlu diketahui pula bahwa penggunaan sepatu hak tinggi dapat menyebabkan kram kaki, baik pada ibu hamil ataupun tidak. Sebab sepatu tersebut akan memberikan tekanan pada ujung kaki dan betis, sehingga dapat meningkatkan risiki kram kaki. Jika memang diharuskan untuk menggunakan sepatu hak tinggi, gunakanlah hak yang tidak terlalu tinggi sekitar 2 hingga 5 cm saja.

Minum Air Putih Teratur

Air merupakan komponen utama bagi darah agar bisa tersalur ke semua organ tubuh. Sehingga ketika tubuh cukup air maka peredaran darah akan lebih lancar serta tubuh dapat terhidrasi dengan baik dan pastinya dapat mencegah kaki kram.

Istirahat Teratur

Ibu hamil memang sangat tidak dianjurkan untuk kelelahan, oleh karena itu ibu hamil harus tidur teratur agar tubuh selalu sehat dan bugat. Ketika istirahat, baringkanlah tubuh ke kiri. Hal ini bertujuan agar aliran darah ke kaki lebih lancar, sehingga dapat mencegah kram pada kaki.

Rendam Kaki di Air Hangat

Selain menggerakkan kaki secara perlahan, memijat kaki atau merendamnya di air hangat juga dapat mengatasi kaki kram. Jika kram terjadi saat tidur, bangun dari tempat tidur dan berjalanlah selama beberapa menit untuk mengatasi hal tersebut.

baca juga cemilan sehat untuk ibu hamil saat trimester pertama

Nah itulah cara mengatasi kaki kram saat hamil lengkap dengan cara pencegahannya.

loading...
kaki kram saat hamil -