Penyebab Migrain dan Cara Mengatasinya

By Categories : Kesehatan, Penyakit

Migrain merupakan keluhan yang sangat umum di alami oleh setiap orang. Secara umum migrain sering disebut dengan sakit kepala. Namun pada kenyataanya keduanya memiliki perbedaan. Migrain atau migraine itu sendiri merupakan sindrome neurologis yang ditandai dengan kondisi tubuh yang berubah atau sakit kepala yang sangat parah dan disertai dengan mual. Untuk pengertian migrain secara fisologis adalah suatu kondisi neurologis yang sangat banyak dialami oleh wanita dibandingkan pria.

penyebab migrain

Sebelum kita membahas mengenai penyebab migrain dan cara mengatasinya. Alangkah baiknya jika kita ketahui terlebih dahulu jenis-jenis migrain. Migrain itu sendiri dapat dibedakan menjadi dua diantaranya sebagai berikut :

Jenis atau Macam-macam Migrain

  • Migrain Biasa, untuk jenis migrain yang satu ini memang lebih umum di alami oleh setiap orang. Migrain biasa ditandai dengan rasa nyeri dan kepala berdenyut dengan intensitas yang sedang. Selain itu migrain biasa ini juga disertain dengan mual, muntah dan sangat sensitif terhadap beberapa hal seperti suara, cahaya dan lain masih banyak lagi lainnya.
  • Migrain Klasik, jenis migrain yang satu ini biasanya terjadi dengan di dahului oleh suatu gejala pada migrain biasa. Setelah 30 menit berlangsung, selanjutnya merupakan migrain klasik. Terkait dengan presentasenya adalah 30% dari semua migrain.

Penyebab Migrain dan Cara Pencegahannya

Penyebab migrain sebenarnya belum diketahui secara jelas, namun diperkirakan ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya migrain diantaranya sebagai berikut :

  • Makanan, salah satu yang menjadi penyebab migrain adalah makanan. Adapun jenis makanan yang telah diidentifikasi dapat menyebabkan migrain adalah coklat, keju, jeruk dan makanan yang mengandung kafein.
  • Stres, selain karena faktor makanan ternyata stres juga dapat memicu terjadinya stres. Maka oleh karena itu usahakan untuk menjaga tubuh untuk tidak stres supaya dapat terhindar dari penyakit migrain.
  • Faktor lainnya, selain dari kedua faktor di atas migrain juga dapat disebabkan karena faktor lainnya. Seperti perubahan cuaca, hipertensi, dan kondisi gula darah rendah.

Nah itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan migrain dan berikutnya dalah cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Migrain

Cara untuk mengatasi migrain sebenarnya sangatlah mudah yaitu hanya dengan menggunakan obat antinyeri yang dapat Anda beli dengan bebas tanpa harus menggunakan resep dokter. Seperti contohnya aspirin, ibuprofen, atau natrium naproxen, untuk mengurangi gejala migrain. Jika sudah menggunakan obat tersebut namun migrain tidak kunjung sembuh, maka Anda harus melakukan tindakan selanjutnya yaitu melakukan akupuntur, teknik relaksasi, dan memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab migrain dan cara mengatasinya yang dapat Anda ketahui Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang

penyebab migrain dan cara mengatasinya - penyebab migrain dan cara mengatasinya -