Penyebab Penyakit Ebola dan Pencegahannya

By Categories : Penyakit

Ebola sekarang ini memang telah menjadi perhatian dunia karena epidemi yang belakangan ini terjadi. Menurut WHO, ebola merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan wabah yang paling tinggi sepanjang sejarah. Meskipun di Indonesia saat ini belum terdapat kasus ebola, namun tetap harus waspada supaya terhindar dari penyakit yang mematikan tersebut. Virus ebola atau demam berdarah ebola ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh jenis virus yang berasal dari gen ebolavirus dan termasuk dalam famili dari filoviridae. Menurut sejarah penelusuran pertama kali penyakit ebola terjadi pada tahun 1976, dan disinyalir penyebab penyakit ebola ini disebabkan oleh infeksi akibat memakan daging monyet dan kelelawar.

penyebab penyakit ebola

Bukan hanya itu saja penyebab penyakit ebola, karena juga bisa disebabkan oleh rantai pola penyebarannya yang semakin melebar. Diantaranya melalui kera dan manusia yang memakan buah yang terkena air liur kelelawar, atau bahkan hanya menyentuh buah dan benda yang terkena air liur kelelawar. Untuk lebih jelasnya Anda bisa perhatikan penjelasan berikut ini!

Penyebab Penyakit Ebola

Seperti yang sudah dijelaskan di atas virus ebola yang saat ini banyak menyerang penduduk negara Liberia, Guinea, dan Sierra Leone tersebut disebabkan oleh virus yang dibawa oleh air liur kelelawar. Penyakit ini merupakan penyakit yang mematikan, virus ini dapat dengan mudah dalam penyebarannya melalui kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh penderita. Seperti misalnya urin, tinja, air liur, keringat, dan lain sebagainya. Kelompok yang memiliki resiko terbesar terkena penyakit ebola adalah keluarga yang tinggal serumah dan tim medis yang merawatnya. Jika diketahui keluarga Anda diduga menderita ebola maka sebaiknya Anda untuk tidak merawatnya sendiri supaya mencegah meluasnya persebaran virus ebola. Berikut akan kami jelaskan pula cara pencegahan terhadap virus ebola.

Cara Pencegahan Penyakit Ebola

Penyebab penyakit ebola adalah karena terkontaminasi oleh hewan yang terinfeksi hewan virus ebola dan penyebabarannya melalui kontak langsung dengan penderita. Nah untuk menghindari hal tersebut terjadi, berikut terdapat langkah-langkah cara pencegahan virus ebola:

  • Mencari tahu mengenai virus ebola secara dini.
  • Ketika anggota keluarga atau orang disekitar Anda telah di duga terinfeksi virus ebola sebaiknya segera membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Selain itu juga untuk mencegah proses penularan.
  • Usahakan untuk tidak melakukan kontak langsung dengan penderita ebola.
  • Menggunakan pelindung secara maksimal ketika berada disekitar orang-orang yang terkena virus ebola.
  • Memasak daging hingga benar-benar matang sebelum dikonsumsi.
  • Selalu mencuci tangan dengan bersih, terutama setelah melakukan kontak langsung dengan penderita.
  • Berhati-hati ketika menangani darah, cairan tubuh dan lain sebagainya yang berasal dari penderita ebola.
  • Alangkah baiknya untuk tidak berkunjung di negara atau tempat yang beresiko menularkan ebola.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai penyebab penyakit ebola dan pencegahannya.

penyebab penyakit ebola - penyakit ebola - penyebab ebola - penyebab virus ebola - pencegahan ebola - pencegahan penyakit ebola - faktor penyebab penyakit ebola minimal 5 - jelaskan penyebab penyakit ebola - penyebab dan pencegahan virus ebola - penyebab cara penularan cara pencegahan cara pengobatan penyakit ebola - PENYAKIT EBOLA DAN PENCEGAHANNYA - cara pencegahan penyakit ebola - pencegahan virus ebola - nama virus penyebab penyakit ebola - nama virus penyebab ebola -