Penyebab Penyakit Kaki Gajah dan Pencegahannya

By Categories : Penyakit

Penyakit kaki gajah atau filariasis merupakan penyakit yang disebabkan oleh cacing filaria yang ditularkan melalui berbagai jenis nyamuk. Penyakit kaki gajah adalah salah satu penyakit yang sangat sulit disembuhkan yang bersifat menahun (kronis) jika tidak ditangani dengan cepat. Selain itu juga dapat mengakibatkan cacat menetap berupa pembesaran pada kaki, lengan, hingga anggota tubuh lainnya. Bagi penderita penyakit kaki gajah jika sudah mengalami tahap yang sudah parah, maka akan mengalami pembengkakan yang luar biasa terutama pada bagian yang terserang penyakit tersebut, seperti misalnya pada kaki. Hal ini tentu saja akan semakin membuat penderita merasa tersiksa selain merasakan sakit, penderita juga akan merasakan kesulitan dalam melakukan berbagai aktivitas dan hanya bisa duduk saja.

picture6

Inilah Penyebab Penyakit Kaki Gajah dan Pencegahannya

Biasanya penyakit ini sebelum mengalami pembengkakan atau memasuki fase yang sudah parah terlebih dahulu disertai gejala yang akan dirasakan oleh penderita. Namun sayang sekali gejala ini cenderung dibaikan oleh masyarakat. Adapun gejala penyakit kaki gajah diantaranya akan merasakan demam, rasa panas pada bagian ketiak dan terdapa pebengkakan yang terdapat pada bagian tubuh tertentu seperti misalnya pada lengan, kaki, dan masih banyak lagi lainnya.

Kerena penyakit kaki gajah adalah salah satu penyakit yang sangat mudah untuk ditularkan. Maka berdasarkan ketenetuan WHO, jika ditemukan mikro filarial rate? 1% dalam suatu wilayah maka harus dilakukan pengobatan secara masal selama 5 tahun berturut-turur. Selain Anda itu juga harus melakukan tahap pencegahan penyakit kaki gajah. Adapun cara pencegahannya adalah sebagai berikut :

  • Selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan
  • Melakukan vaksin kaki gajah
  • Menggunakan perangkat anti nyamuk seperti lation nyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk yang membawa virus penyakit kaki gajah.
  • Selalu menjaga pola makan sehat, bergizi dan pastinya bersih. Makanan tersebut dapat emmbantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah masuknnya virus dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Nah dengan melakukan seperti hal-hal yang sudah dijelaskan di atas, maka tandanya kita sudah berusaha untuk menghindari dari resiko terjangkitnya penyakit kaki gajah mampun jenis penyakit berbahaya lainnya. Namun bagi penderita kaki gajah, memang sangat diharapkan sekali kesadaran untuk melakukan pengobatan ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Selain itu juga tujuan agar dapat mempercepat proses penyembuhan dan menghentikan tingkat penularan yang semakin banyak. Ibarat sebuah pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati. Sekian dan itulah informasi mengenai penyebab penyakit gajah dan pencegahahnya yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel terkait lainnya. Mengenal Gejala Gagal Ginjal Sejak Dini