Penyebab Penyakit Tifus dan Pencegahannya

By Categories : Penyakit

Penyakit tifus merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi pada usus halus yang terkontaminasi oleh bakteri yang bernama salmonella typhi atau salmonella paerartyphi. Adapun proses persebarannya masuk melalui makanan ke saluran pencernaan lalu akan terjadi proses perkembangbiakan hingga menembus dinding usus ke dalam saluran limfa hingga menyebar ke pembuluh darah.

penyakit tifus

Penyakit ini bisa di alami oleh siapa saja termasuk anak-anak dan bayi. Penyakit ini juga seringkali tidak disadari oleh penderitanya karena memiliki gejala yang khas di antaranya memiliki kadar panas yang tidak menentu seperti pagi panasnya menurun akan tetapi ketika malam hari panas bisa naik dengan tiba-tiba. Selain gejalan tersebut biasanya penderita juga akan disertai gejala lainnya yaitu akan merasa sering pusing, mual, sakit perut, susah buang air besar atau diare, sakit tenggorokan dan hingga bisa menyebabkan penderita mengalami kehilangan kesadaran.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab penyakit tifus secara umum. Setelah mengetahui penjelasan di atas tidak lengkap jika kita tidak mengetahi cara pencegahannya atau upaya yang bisa kita lakukan untuk mengatasi penyakt tifus tersebut. Berikut akan dijelaskan secara lengkap mengenai cara pencehagahan penyakit tifus.

Cara Mencegah Penyakit Tifus

Kerena jenis penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang pencernaan, maka hal yang paling utama yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan makanan yang kita konsumsi. Selain kebersihan kita juga harus memperhatikan sumber bahan makanan, jenis makanan untuk penderita tifus yang baik adalah pepaya, sayuran, dan makanan yang banyak mengandung protein. Selain itu, cara pengolahan serta cara penyajiannya juga harus diperhatikan. Cara lain untuk mencegah penyakit tifus adalah dengan cara melakukan imunisasi tifus.

Pencegahan Tifus

Selain vaksinasi, ada beberapa cara untuk mencegah tifus yaitu dengan perbaikan sanitasi, penyediaan air bersih dan menerapkan kebiasaan hidup sehat. Tak ada salah juga untuk menerapkan hal-hal berikut ini untuk menghindari resiko tertular dari penyakit tifus:

  • Mencuci tangan hingga bersih setelah mengolah makanan dan minuman ataupun setelah buang air besar ataupun kecil.
  • Hindari es batu dalam minuman Anda, dan sebaiknya hindari pula membeli es yang dijual di pinggir jalan. Hal ini dikarenakan makanan ataupun minuman yang dijual di pinggir jalan sangat mudah terpapar oleh bakteri
  • Bersihkan gagang pintu, keran air, toilet dan juga telepon di rumah Anda secara teratur.
  • Hindari mengonsumsi susu yang tidak terpasteurisasi.
  • Hindari bertukar barang pribadi, seperti alat mandi, sprei dan juga handuk. Cuci benda-benda tersebut secara berkala dengan menggunakan air hangat.
  • Batasi mengonsumsi makanan laut atau seafood, tertutama yang belum di masak.
  • Jika membeli minuman, sebaiknya pilihlah air dalam kemasan.
  • Gunakan air matang untuk menggosok gigi atau berkumur.
  • Hindari mengonsumsi buah dan sayuran mentah, kecuali Anda mengupas dan mencucinya sendiri dengan air hingga bersih.

Setelah dirasa kita sudah melakukan upaya untuk pencegahan namun tetap saja terjangkit penyakit tifus Anda tidak perlu khawatir karena terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobatinya salah satunya dengan menggunakan cara alami.

Bagaimanakah cara alami tersebut? Sebenarnya cara yang paling simple dan cepat untuk mengobati penyakit tifus adalah dengan melakukan istirahat yang cukup dan memperhatikan pola makan yang sehat. Berikut akan dijelaskan mengenai bahan alami yang dapat menjadi salah satu referensi untuk Anda. Adapun penjelasannya adalah berikut ini!

  • Cacing Tanah

Untuk obat yang satu ini memang kedengarannya sangat menjijikkan, namun karena sudah banyak dipercaya bahwa cacing memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit tifus. Adapun caranya cukup dengan membersihkan kotoran yang ada dalam perutnya, lalu rebus hingga matang dan air rebusan tersebut bisa Anda minum setiap hari tiga kali.

  • Teripang

Jika Anda merasa jijik melakukan cara yang pertama Anda juga bisa menggunakan cara yang kedua yaitu dengan menggunakan teripang. Hewan laut yang memiliki kandungan zat anti bakteri yang sangat tinggi ini sangat berperan dan bermanfaat untuk mengobati penyakit tifus.

  • Daun kemangi

Cara mengobati tipes tanpa obat selanjutnya adalah dengan menggunakan daun kemangi. Daun kemangi mengandung zat antibiotik alami yang dapat membantu Anda untuk mengatasi penyakit ini. cara memanfaatkannya pun sangat mudah yaitu rebuslah beberapa lembar daun kemangi dan 1 sendok teh paeutan jahe ke dalam 1 gelas air hingga mendidih dan airnya hanya tersisa setengahnya. Setelah dingin, Anda bisa menambahkan madu sebagai perasa. Jangan masukkan madu ketika air kemangi masih panas, karena dapat merusak nutrisi madu. Setelah itu minum campuran ini 2 hingga kali sehari.

  • Daun sambiloto dan temulawak

Jenis tanaman obat yang satu ini memang sangat mudah untuk ditemukan. Caranya siapkan 10 lembar daun sambiloto, 15 gram temulawak dan jinten hitam. Setelah itu bersihkan dan rebus hingga mendidih. Minum dua kali sehari hingga gejala dan kondisi kesehatan Anda mulai membaik.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai penyebab penyakit tifus dan pencegahannya yang harus Anda ketahui.