Penyebab Radang Tenggorokan dan Cara Mengatasinya

By Categories : Penyakit

Radang tenggorokan merupakan peradangan yang terjadi pada daerah tenggorokan. Secara klinis peradangan ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri ketika menelan makanan atau minuman dan selain itu kondisi ini juga disertai dengan demam, menggigil, sakit tenggorokan dan pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher. Jika penyakit ini tidak ditangani dengan cepat maka dapat berdampak pada komplikasi yang serius seperti pada jantung dan ginjal.

penyebab radang tenggorokan

Radang tenggorokan itu sendiri disebabkan oleh dua jenis infeksi yaitu disebabkan oleh virus dan bakteri. Menurut sumber yang didapatkan terdapat sekitar 80% radang tenggorokan disebabkan oleh virus sedangkan 10-20% disebabkan oleh bakteri. Sebelum kita membahas cara mengatasi radang ternggorokan tersebut, penting rasanya untuk kita dapat mengetahui terlebih dahulu infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Penyebab Radang Tenggorokan Berdasarkan Infeksi yang Diderita

Infeksi yang disebabkan oleh virus biasanya diawali dengan pilek (influenza) setelah itu terjadilah peradangan yang sering disebut dengan radang tenggorokan. Infeksi yang disebabkan oleh virus ini biasanya ditandai dengan gejala badan terasa lemas, menurunnya nafsu makan, demam dan batuk.

Sedangkan penyebab dari radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri ini memang tidak begitu sering dialami oleh penderita dibandingkan dengan yang disebabkan oleh virus. Namun meskipun begitu dampak yang disebabkan oleh bakteri lebih serius. Adapun bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan itu sendiri adalah bakteri jenis streoptokokus. Bakteri tersebut dapat ditularkan melalui sekresi melalui hidung dan tenggorokan. Untuk gejala radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri adalah sakit ketika menelan makanan dan minuman, tosil dan kelenjar leher mengalami pembengkakan, bagian belakang tenggorokan merwarna merah disertai bercak-bercak putih dan yang terakhir adalah disertai demam yang panasnya hingga 38 derajat celsius.

Namun tak hanya disebabkan karena infeksi virus dan bakteri saja, ada beberapa penyebab non infeksi yang dapat mengakibatkan penyakit radang tenggorokan. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya

Alergi

yang pertama adalah karena alergi. Seseorang yang memiliki alergi terhadap bulu hewan, seperti kucing, anjing, terhadap debu, serbuk sari juga sangat rentan mengalami radang tenggorokan.

Iritasi

Iritasi adalah penyebab dari radang tenggorokan yang paling umum dialami oleh hampir setiap orang. Iritasi pada tenggorokan sendiri banyak sekali penyebabnya, mulai dari mengonsumsi keripik, gorengan, ciki-ciki, makanan pedas, alkohol serta asap rokok.

Tumor

Meskipun sangat jarang, akan tetapi tumor merupakan penyebab radang tenggorokan yang perlu diwaspadai. Gejala paling umum yang dapat mengindikasikan seseorang mengalami tumor tenggorokan adalah suara serak, ketika bernapas mengeluarkan suara, adanya benjolan pada leher, kesulitan dalam menelan dan adanya dahak ketika batuk.

GERD

GERD atau Gastroesophageal reflux disease adalah salah satu jenis gangguan pencernaan pada manusia yang menyebabkan asam lambung naik dan kembali ke atas esofagus. Seperti yang Anda ketahui isi lambung adalah asam yang dapat mengiritasi jaringan dan pada akhirnya dapat menyebabkan radang tenggorokan. Tanda lainnya yang mungkin muncul adalah suara serah, nyeri perut dan muntah.

Tenggorokan kering

Cuaca yang panas dan terik pastinya dapat membuat tenggorokan menjadi keringan dan haus. Jika tidak segera diatasi hal ini dapat menyebabkan tenggorokan teriritasi. Tak hanya itu saja sering bernapas melalui mulut ketika hidung tersumbat juga dapat mengakibatkan radang. Karena mulut tidak memiliki filter udara sama seperti hidung yang dapat menyaring udara lebih bersih dan sehat ketika dihirup.

Nah setelah mengetahui penyebab radang tenggorokan, maka berikut ini akan dijelaskan mengenai cara untuk mengatasinya radang tenggorokan secara alami.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Menggunakan Garam

Obat alami yang digunakan untuk mangatasi radang tenggorokan adalah garam. Garam dipercaya mampu mengurangi pembengkakan dan infalamasi pada tenggorokan yang disebabkan oleh peradangan. Selain itu garam juga sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh peradangan pada tenggorokan. Adapun caranya adalah hanya dengan berkumur dengan mengguanakan air garam, untuk hasil yang maskimal lakukan setiap hari.

Terapi Uap

Mungkin pengobatan alami ini jarang sekali Anda dengar ataupun melihatnya. Sebenarnya terapi uap ini bisa Anda lakukan sendiri dengan cara menuangkan air mendidih pada baskom dan menutupnya dengan handuk bersih. Setelah itu Anda bisa langsung menghirup uap panas tersebut yang bertujuan untuk membuat tenggorokan Anda tidak sakit karena disebabkan oleh peradangan tersebut.

Bawang Putih

Cara yang terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengobati radang tenggorokan adalah dengan cara mengunyah bawang putih. Cara ini memang tidak banyak orang yang melakukannya karena rasa dan baunya tidak enak. Namun dibalik itulah bawang putih lebih cepat untuk menyembuhkan infeksi pada tenggorokan Anda yang disebabkan kandungan salicin dalam bawang putih.

Itulah beberapa penyebab radang tenggorokan dan cara mengatasinya. Baca juga artikel menarik mengenai Obat batuk berdahak tradisional.