Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang Yang Wajib Diketahui

By Categories : Penyakit

Sakit kepala bagian belakang adalah salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat, salah satunya di Indonesia. Pada umumnya kemunculan sakit kepala bagian belakang ini disebabkan karena gejala dan imbas dari penyakit lain. Seperti kebanyakan kasus, penyakit ini memang tidak berbahaya. Namun, akan lebih bijak jika anda memberikan sedikit perhatian untuk penyakit jenis ini, karena efek yang ditimbulkannya –meski tidak berbahaya—tetapi tetap dapat menghambat kinerja anda. Sebelum masuk ke tahap pengobatan penyakit jenis ini, anda perlu mengetahui berbagai hal yang menjadi penyebab sakit kepala bagian belakang dan beberapa penyakit yang membuat kepala bagian belakang anda sakit nyut-nyutan.

Sakit Kepala Bagian Belakang

Ketegangan dapat Memicu Sakit Kepala Bagian Belakang

Patut diketahui bahwa sakit kepala bagian belakang muncul akibat adanya ketegangan antara otot-otot bagian leher dan pundak terasa begitu berat dan kencang. Penyebab kencangnya otot ini timbul karena beberapa hal seperti stres yang berlebih, kurang tidur, posisis tidur anda yang salah, kecemasan, dan sakit gigi. Dengan mencermati penyebab tegangnya otot-otot anda, maka anda dapat menemukan solusi paling tepat untuk dapat mengatasi sakit kepala bagian belakang yang anda derita. Seperti contoh, faktor penyebab sakit kepala anda adalah karena stres yang berlebih, sehingga menimbulkan ketegangan pada kepala anda. Maka, ada baiknya anda melakukan relaksasi bisa dengan refreshing atau dapat pula dengan melakukan pijat refleksi sehingga tingkat stres anda dapat berkurang dan sakit kepala bagian belakang yang anda derita dapat hilang dengan sendirinya.

Ganguan Tulang Belakang pada Leher

Hal yang dapat menyebabkan anda mengalami sakit yang teramat sangat pada kepala bagian belakang adalah karena adanya gangguan tulang belakang pada leher. Bisa jadi tulang belakang dan leher anda mengalami disfungsional sehingga otot-otot leher mengalami ketegangan. Apabila anda mengalami sakit kepala bagian belakang akibat dari gejala ini, segeralah periksakan sakit anda ini ke dokter karena akan sangat berbahaya bila anda membiarkannya, hal terburuk yang dapat terjadi adalah dapat menyebabkan gangguan tulang belakang kronis dan menyebabkan peradagan pada otak dengan ciri nyeri yang amat sangat pada kepala Anda.

Migrain

Penyebab selanjutnya adalah karena migrain. Meskipun sering dikenal sebagai sakit kelapa sebelah, akan tetapi migrain yang satu ini juga dapat menyebabkan sakit kepala bagian belakang. Seorang penderita migrain sebaiknya mencari ruangan yang gelap dan tenang. Hal ini dikarenakan ruangan yang terang, suasana yang berisik, cahaya dan terang dapat menyebabkan jenis sakit kepala ini semakin memburuk. Dan bahkan penderitanya seringkali disertai mual, muntah dan hilangnya nafsu makan.

Es krim headache

Penyebab sakit kepala bagian belakang selanjutnya adalah es krim headache. Meskipun terlihat sepele, akan tetapi sakit kepala ini disebabkan karena mengonsumsi es krim, es batu ataupun minuman dingin lainnya. Meskipun tidak semua orang mengalami hal ini, akan tetapi mayoritas diantaranya sering mengalami sakit kepala belakang akibat mengonsumsi minuman dingin.

Occipital Neuralgia

Sakit kepala ini seringkali dianggap migrain, karena gejalanya pun hampir sama. Akan tetapi rasa sakit yang dirasakan pada penderita Neuralgia oksipital umumnya hampir sama seperti sengatan listrik yang sangat tajam dan menusuk pada kepala dan leher. Gangguan kepala yang satu ini seringkali muncul akibat adanya tekanan atau iritasi saraf oksi[ital karena cedera, radang ataupun saraf terjepit.

Perhatikan Posisi Kerja Anda

Di dalam bekerja, anda seringkali terpaku pada satu posisi. Biasanya anda melakukan itu dalam waktu yang cukup lama. Kekakuan yang cukup lama ketika anda sedang bekerja dapat menimbulkan ketegangan dari otot-otot leher anda. Tegangnya otot akan memberikan efek kepada kepala bagian belakang anda, sehingga timbullah sakit kepala bagian belakang. Oleh karena itu, tetap berikan waktu bagi tubuh anda untuk relax, seperti berjalan-jalan sebentar setelah 1 atau 1 jam duduk menghadap pekerjaan. Langkah seperti ini sangat dianjurkan untuk mengurangi ketegangan pada otot anda sehingga dapat mencegah timbulnya sakit kepala bagian belakang yang justru dapat mengganggu aktivitas kerja anda.

 Waspadai kondisi serius saat sakit kepala

Setiap penyakit pastinya kita harus mewaspadainya meskipun itu hanya sakit kepala. Anda harus waspada terhadap sakit kepala jika datang secara tiba-tiba tidak tertahankan, pernah atau sedang menderita kanker (yang memiliki potensi menyebar ke seluruh tubuh), mempengaruhi kemampuan berbicara, demam tinggi, muntah, mata merah, tak kunjung sembuh, terserang penyakit yang menurunkan sistem imun tubuh seperti HIV dan juga gangguan memori.

Nah itulah beberapa penyebab sakit kepala bagian belakang dan hal yang perlu diwaspadai. Lantas kapan harus ke dokter? Ketika Anda mengalami hal tersebut, pastikan Anda berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Hal ini dikarenakan gejala-gejala tersebut menunjukkan kondisi kesehatan yang lebih serius.

Umumnya sakit kepala dapat dicegah dengan cara mengonsumsi cairan yang cukup, olahraga secara teratur, meminimalisir stres, makan dengan gizi dan nutrisi yang seimbang, menghindari makanan penyebab sakit kepala dan minimalisir stres.

sakit kepala belakang - sakit kepala bagian belakang - sakit kepala sebelah kiri belakang - sakit kepala belakang sebelah kiri - penyebab sakit kepala bagian belakang - sakit kepala belakang kiri - sakit belakang kepala - sakit kepala bagian belakang sebelah kiri - sakit kepala bagian belakang kanan bawah - penyebab sakit kepala belakang - Penyebab Sakit Kepala sebelah kiri belakang - sakit kepala kiri belakang - sering sakit kepala bagian belakang - sakit kepala bagian belakang kiri - sakit kepala di bagian belakang -