Penyebab Sulit Tidur di Malam Hari

By Categories : Kesehatan

Memiliki kualitas tidur yang baik merupakan impian bagi setiap orang. Hal ini karena kualitas tidur yang baik dapat menjaga kesehatan seseorang menjadi lebih baik dan tidak mudah jatuh sakit. Akan tetapi ada salah satu gangguan yang sering menimpa setiap orang yaitu sulit tidur. Sulit tidur atau yang lebih sering disebut dengan insomnia merupakan gangguan tidur pada seseorang, di mana pada kondisi ini seseorang tersebut akan mengalami gangguan seperti kesulitan tidur atau bangun yang terlalu cepat.

penyebab sulit tidur

Hal tersebut tentunya dapat mempengaruhi kesehatan, seperti mengantuk dan kelelahan pada keesokan harinya, depresi, meningkatkan berat badan, diabetes dan gangguan kesehatan lainnya. Sebelum mengatasinya, pastikan Anda mengetahui apa saja penyebab sulit tidur di malam hari. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Penyebab insomnia yang wajib Anda ketahui

Sakit

Penyebab sulit tidur yang pertama adalah sakit. Sakit seperti migrain, demam dan cedera di kepala juga dapat membuat Anda sulit tidur pada malam hari. Hal ini dikarenakan Anda pasti akan selalu fokus pada rasa sakit yang Anda rasakan dibandingkan dengan fokus untuk tertidur. Tak hanya itu saja, sakit pada bagian kepala yang tidak segera diatasi pun dapat membuat rasa sakit kepala yang sangat luar biasa. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengoleskan balsem pada area pelipis kepala ataupun mengonsumsi obat pereda sakit kepala.

Pola tidur yang tidak konsisten

Pola tidur yang tidak konsisten dan tidak tetap juga dapat membuat kualitas tidur Anda semakin buruk. Oleh karena itu, pastikan Anda memilki jadwal tidur yang sama dalam setiap harinya. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar terjaga hingga larut malam dan dapat merusak kualitas tidur Anda pada malam hari.

Tidur dalam keadaan lapar

Penyebab sulit tidur yang selanjutnya adalah tidur dalam keadaan lapar. Ini merupakan salah satu hal yang sering dilakukan setiap orang dalam upaya penurunan berat badan. Akan tetapi tidur dalam keadaan lapar justru akan membuat kesehatan Anda semakin memburuk. Oleh karena itu, beberapa jam sebelum tidur pastikan Anda mengonsumsi makanan agar Anda dapat tidur lebih nyenyak.

Mengonsumsi kafein

Setiap orang pastinya sudah mengetahui penyebab yang satu ini. Ini karena kafein mengandung zat yang berguna untuk membuat orang yang mengonsumsinya semakin terjaga. Makan jangan heran jika seseorang yang sedang lembur kerja, memanfaatkan kopi untuk menemaninya.

Suhu ruangan yang terlalu panas atau dingin

Setiap orang pastinya memiliki suhu tubuh yang berbeda-beda yaitu antara 36,2 hingga 37,8. Saat suhu ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin pastinya tubuh akan terfokus pada bagaimana cara menyesuaikan suhu ruangan dengan suhu tubuh. Jika suhu kamar panas, Anda dapat menyalakan pendingin sedangkan jika suhu kamar terasa dingin Anda dapat menyesuaikannya dengan menggunakan pakaian hangat atau selimut.

Nah itulah beberapa penyebab sulit tidur di malam hari. Baca juga artikel tentang Bahaya tengkurap bagi kesehatan.

kepala pusing susah tidur bikin kurus? - susah tidur setelah sakit - susah tidur lapar - susah tidur klo perut lapar - Susah tidur karena lapar - susah tidur gara dingin tapi pas di selimut panas - rasa lapar membuat sulit tidur - obat sakit kepala yg menbuat susah tidur - migran yg mengakibatkan susah tidur - lapar bikin susah tidur - lapar bikin susa - gak bisa tidur gara2 sakit kepala - gak bida tidur badan adem panas - faktor penyebab demam dan tidak bisa tidur - dingin panas susah tidur -