Penyebab Susah Buang Air Besar

By Categories : Kesehatan

Jika sebelumnya kita telah membahas mengenai penyebab buang air besar berdarah. Maka kali ini kita akan mengulas secara detail mengenai penyebab susah buang air besar yang harus Anda ketahui. Susah buang air besar atau yang sering disebut dengan sembelit merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada sistem pencernaan. Sembelit sebenarnya bukanlah penyakit, namun hal ini bisa jadi merupakan salah satu gejala dari adanya penyakit tertentu dalam tubuh. Maka dari itu Anda perlu waspada dengan kondisi seperti ini. Jika sembelit atau susah buang air besar telah berangsur selam tiga hari, sebaiknya Anda segera membawa ke dokter agar mendapatkan penanganan dan ditemukan penyebab susah buang air besar yang Anda alami.

Penyebab Susah Buang Air Besar

Susah buang air besar memang sangatlah mengganggu, karena dapat menimbulkan rasa begah pada perut. Selain itu sembelit juga dapat membuat penderita mengalami sakit perut dan terasa keras ketika hendak ingin buang air besar. Hal ini tentunya akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, lantas apa saja penyebab susah buang air besar? Berikut penjelasannya!

Inilah Penyebab Susah Buang Air Besar

Kurang Serat dan Air

Mengonsumsi serat seperti berasal dari buah-buahan dan sayuran memang sangat penting dan dibutuhkan untuk melancarkan susah buang air besar. Untuk makanan berserat tinggi dapat Anda konsumsi seperti misalnya buah pepaya, melon, sayur bayam, brokoli dan masih banyak lagi. Selain itu banyak minum air putih juga dapat membantu melancarkan buang air besar atau sembelit. Maka bisa disimpulkan jika tubuh kekurangan kedua asupan tersebut maka akan mengalami sembelit atau susah buang air besar.

Stres

Penyebab susah buang air besar yang kedua disebabkan karena faktor stres. Hal ini dikarenakan stres dapat mempengaruhi kinerja sistem darah. Maka akibatnya saraf pencernaan dapat juga mengalami gangguan. Hal tersebut juga dapat menyebabkan gerak peristaltik usus menjadi tidak normal dan terjadilah gangguan sembelit tersebut.

Sering Menahan BAB

Kebiasaan sering menahan buang air besar juga dapat menjadi penyebab susah buang air besar. Menurut Ahli pencernaan dari American College Of Gastroenterolog, Jordan Karlitz, MD mengatakan bahwa kebiasaan menahan BAB akan mempengaruhi sistem saraf yang merespon sebaliknya pada saat Anda ingin buang air besar.

Pola Makan yang Tidak Sehat

Pola makan yang tidak sehat juga ada kaitannya dengan kurangnya mengonsumsi serat, banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan terlalu banyak makan makanan tertentu. Seperti misalnya banyak makan gorengan, makanan olahan, makanan kaleng, dan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Semua jenis makan tersebut dapat menyebabkan terjadinya sembelit atau susah buang air besar.

Nah itulah penjelasan mengenai penyebab susah buang air besar yang harus Anda ketahui. Untuk menghindari hal tersebut maka sebaiknya Anda perhatikan pola makan dan aktivitas Anda sehari-hari.

Baca juga artikel mengenai Manfaat karbohidrat bagi tubuh.

apakah yang menyebabkan seseoeangan sering mengalami gangguan pencernaan makanan dengan gejala sukar buang air besar - gangguan pencernaan makanan pada seseorang dengan gejala sukar buang air besar adalah - jamu untuk buang air kecil dan bab tidak lancar - penderita cacar air tidak bisa buang air besar - gangguan pencernaan dengan gejala sukar buang air besar disebabkan -