Perawatan yang Tepat Pasca Operasi Amandel

By Categories : Kesehatan

Perawatan pasca operasi amandel yang tepat adalah salah satu hal yang penting untuk diketahui terutama para penderita amandel. Sebab dengan begitu, Anda bisa membantu proses penyembuhan lebih cepat. Nah jika Anda ataupun saudara tengah selesai menjalani operasi amandel, perhatikan perawatan yang tepat setelah melakukan operasi tersebut. Jika kemarin sudah membahas mengenai efek samping operasi amandel, kali ini akan membahas mengenai perawatan yang harus dilakukan setelah operasi amandel.

Penyakit amandel atau tonsilitis adalah penyakit yang pada umumnya disebabkan oleh mikroorganisme. Biasanya, penyakit ini sering menyerang anak usia 5 hingga 15 tahun. Penyakit amandel sendiri terbagi menjadi 2 bagian yaitu tonsilitis akut dan tonsilitis kronis. Lalu apa perbedaannya? Dikatakan tonsilitis akut jika penyakit tersebut berlangsung kurang dari tiga minggu. Sedangkan dikatakan tonsilitis kronis   jika infeksi terjadi 7 kali atau lebih dari 1 tahun atau 5 kali selama 2 tahun dan begitupun seterusnya.

Sedangkan untuk gejalanya, penderita sering kali mengeluhkan sakit tenggorongan, nyeri saat menelan, batuk, demam, sakit kepala hingga nyeri otot. Nah bagi Anda yang mendapati gejala tersebut sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Sebab jika ditunda, amandel akan meradang dan menyebabkan penyakit amandel kronis. Jika sudah begini, maka pengobatan yang tepat adalah dengan melakukan operasi amandel. Setelah operasi, bukan tidak mungkin jika kita tidak merasakan seperti rasa nyeri dan sakit pada tenggorokan.  Namun operasi adalah cara paling efektif untuk menyembuhkan amandel.perawatan-pasca-operasi-amandel

Inilah Perawatan yang Tepat Pasca Operasi Amandel

Sama seperti setelah operasi lainnya, setelah operasi amandel, kita pun harus memperhatikan cara-cara dalam merawatnya. Selain untuk mempercepat proses penyembuhan, perawatan yang tepat setelah operasi amandel bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh pasien. Nah daripada penasaran, berikut ulasannya.

Minum Air Putih

Setelah sadar dari operasi minumlah air putih yang cukup dalam 24 jam pertama. Meskipun tenggorokan masih terasa sakit, Anda tetap harus melakukan hal ini. Bukan tanpa alasan, air putih yang Anda minum dapat membuat tubuh terhindar dari dehidrasi yang dapat menghambat proses penyembuhan. Sebaiknya hindari minum jus atau soda, sebab minuman tersebut dapat membuat luka operasi perih dan terasa sakit.

Istirahat Secara Teratur

Yang kedua adalah beristirahat secara teratur. Selain minum air putih, Anda juga harus mengimbanginya dengan istirahat secara teratur. Istirahat cukup dapat membuat tubuh kembali menjadi lebih bugar dan sehat. Istirahat cukup juga dapat menguatkan sistem imun sehingga tubuh akan lebih mudah melawan virus dan bakteri serta proses penyembuhan lebih cepat.

Baca juga inilah efek samping operasi amandel yang perlu diketahui

Waspadai Efek Samping

Setiap operasi pasti memiliki beberapa efek samping, terutama bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Tak terkecuali setelah operasi amandel. Efek samping operasi amandel yang mungkin Anda rasakan adalah mual dan muntah. Sebenarnya mual dan muntah adalah hal wajar yang sering terjadi setelah operasi, namun jika mual dan muntah lebih dari dua kali dan keluar cairan cokelat tua atau berupa darah sebaiknya Anda segera melaporkannya ke perawat atau dokter yang berjaga.

Konsumsi Makanan Lunak

Setelah 2 hingga 3 hari setelah operasi amandel,pasien sudah bisa mengonsumsi makanan yang lunak seperti puding, sup, bubur, ataupun es krim sesuai dengan selera. Sedangkan setelah 4 sampai 5 hari setelah operasi biasanya penderita sudah bisa makan seperti biasa. Namun pastikan Anda tetap menghindari makanan bertekstur kasar agar tidak terjadi pendarahan.

Beberapa hari setelah operasi mungkin akan terlihat bercak putih bekas tempat amandel. Namun Anda tak perlu khawatir, sebab hal tersebut merupakan proses normalnya penyembuhan. Setelah pulang dari rumah sakit, pasien diharuskan beristirahat total di rumah selama satu minggu untuk menghindari infeksi.

Selalu Sikat Gigi dan Gunakan Obat Kumur

Perawatan selanjutnya adalah dengan selalu menyikat gigi dan gunakan obat kumut. Selalu sikat gigi dan menggunakan cairan pembersih mulut berguna untuk mencegah infeksi yang bisa timbul. Sebab seperti yang kita ketahui, mulut yang tidak setiap hari dibersihkan merupakan sarang kuman dan bakteri. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu menjaga kebersihannya.

Baca juga cara menyembuhkan amandel pada anak secara alami dan paling efektif

Nah itulah beberapa perawatan pasca operasi amandel yang bisa dilakukan. Setelah operasi, suara mungkin akan terdengar berbeda pada 1 hingga 2 minggu setelah operasi. Anda tak perlu khawatir, karena hal tersebut wajar sebab ada ruang kosong di bagian kerongkongan. Setelah luka pulih, maka suara akan normal kembali.

loading...