Pilihan Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas saat Puasa Seharian

By Categories : Nutrisi

Menu sahur sehat adalah salah satu hal yang paling dicari banyak orang ketika bulan Ramadhan. Jika dibandingkan dengan hari-hari biasa, menu untuk sahur dan berbuka merupakan menu spesial yang dapat membangkitkan selera makan. Bagi Anda yang bingung dengan menu sahur yang itu-itu saja, artikel berikut ini akan membahas mengenai menu sahur yang sehat yang dapat Anda jadikan referensi pada saat bulan puasa.

Pada bulan Ramadhan tiba, umat muslim pastinya akan berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala. Salah satu hal yang yang wajib dilakukan adalah berpuasa. Seperti yang kita ketahui, pada saat puasa akan terjadi perubahan waktu makan. Meskipun begitu Anda tetap harus mengimbangi menu makan yang sehat dan seimbang. Hal ini bertujuan agar kesehatan tetap terjaga. Berbeda dengan pada saat buka puasa, saat sahur tiba banyak orang yang tidak nafsu makan karena memang tidak terbiasa makan di saat fajar. Namun ketika akan puasa, hal ini tentu saja wajib dipenuhi agar tidak lemas dan pusing ketika puasa seharian.

Mengingat betapa pentingnya sahur, pastinya Anda harus menyiapkan menu sahur yang tepat. Tak hanya memiliki rasa enak yang dapat menggugah selera makan, menu sahur juga harus sehat agar tubuh tidak kekurangan nutrisi. Tahukah Anda bahwa salah memilih makanan saat sahur dapat menyebabkan Anda cepat mengantuk, haus, lemas dan bahkan pusing di siang hari? Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui beberapa makanan sehat yang tepat untuk sahur dan menghindari makanan yang dapat menyebabkan tubuh lemas.menu sahur yang tepat

Lantas menu makanan sehat yang seperti apa yang cocok digunakan untuk sahur saat puasa? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Inilah Menu Sahur Sehat yang Tepat

Makanan Kaya Kabohidrat Kompleks

Yang pertama adalah menu makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks. Jika dibandingkan dengan karbohidrat sederhana, makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dapat memberikan energi lebih nagi Anda. Sehingga menu makanan ini tidak dapat membuat Anda lemas dan pusing. Beberapa contoh makanan kaya karbohidrat kompleks yang dapat Anda konsumsi adalah beras merah, sereal, roti gandum utuh, kentang, lentil, oatmeal, sereal dan masih banyak lagi.

Baca juga tips tetap sehat dan bugar saat puasa

Tak hanya dapat memberikan energi dan rasa kenyang lebih lama, makanan kaya karbohidrat kompleks juga tidak akan membuat gula darah meningkat. Sehingga hal ini dapat mencegah Anda menderita penyakit diabetes atau kencing manis.

Makanan Kaya Protein dan Lemak

Selain karbohidrat kompleks, makanan kaya protein dan lemak yang Anda konsumsi juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Saat cadangan karbohidrat telah habis digunakan, maka protein yang Anda konsumsi akan digunakan sebagai sumber energi utama oleh tubuh. Tak hanya itu saja, protein juga memiliki fungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki sel tubuh yang telah rusak.

Sedangkan lemak yang Anda konsumsi dapat memperlambat metabolisme gula dan mempertahankan energi dalam tubuh lebih lama. Mesikipun dianjurkan, sebaiknya pilihlah makanan yang mengandung lemak sehat seperti kacang-kacangan, ikan salmon, tuna, minyak canola dan juga minyak zaitun. Sedangkan untuk protein Anda bisa mengonsumsi makanan seperti daging ayam tanpa kulit, tempe, tahu dan aneka jenis ikan.

menu sahur sehat

Cukupi Sayur dan Buah

Menu sahur sehat selanjutnya adalah sayur dan buah. Disamping mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein dan lemak Anda juga harus mencukupi asupan sayur dan buah. Sayur dan buah kaya akan vitamin dan nutrisi yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Cobalah untuk mengkombinasikan menu dari sayur agar vitamin dan nutrisi yang terserap dalam tubuh lebih banyak. Salah satunya yaitu capjay. Seperti yang Anda ketahui capjay merupakan salah satu makanan yang terdiri dari berbagai macam sayuran.

Tak hanya vitamin dan nutrisi saja, buah dan sayur juga kaya akan serat yang dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Sembelit merupakan salah satu gangguan pencernaan yang sering muncul di bulan puasa. Selain dapat mengatasi masalah pencernaan, serat yang terkandung juga dapat memberi rasa kenyang lebih lama.

Cukupi Cairan

Tak hanya makanan saja, mencukupi cairan tubuh juga merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar tubuh tidak dehidrasi ketika puasa. Disarankan untuk minum air putih 4 gelas setelah buka puasa dan 4 gelas air putih pada saat sahur. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan air kelapa untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Saat sahur sebaiknya hindarilah minuman yang manis-manis seperti teh, cokelat ataupun minuman bersoda. Karena minuman tersebut justru dapat membuat Anda cepat lemas, mengantuk dan haus ketika puasa.

Baca juga inilah manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia paling lengkap

Demikianlah ulasan mengenai menu sahur sehat agar tidak lemas dan mengantuk pada saat puasa.

Loading...
menu sahur sehat - Makanan sahur - sahur sehat - makanan buat saur - makanan sahur sehat - menu sehat untuk sahur -