Posisi Tidur Saat Hamil yang Tepat dan Aman untuk Kandungan

By Categories : Kesehatan

Seorang ibu hamil pastinya akan melakukan apapun demi menjaga kesehatan janinnya. Selain mengonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil, para ibu juga memikirkan bagaimana posisi tidur saat hamil yang tepat dan man untuk kandungan. Untuk menanggapi masalah ini ada yang mengatakan bahwa para ibu hamilĀ  dapat tidur dengan posisi apa saja. Namun ada juga pendapat bahwa ibu hamil harus memperhatikan posisi tidur yang tepat agar tidak beresiko bagi kondisi kandungan. Maka jangan heran jika banyak wanita hamil yang mengkhawatirkan posisi tidur khususnya ketika perut sudah mulai membesar.

posisi tidur ibu hamil

Benar memang, seorang wanita hamil yang sudah memasuki akhir trimester pertama ibu hamil diharuskan untuk memilih posisi tidur yang nyaman dan tepat guna mendukung pertumbuhan si kecil. Lantas bagaimana posisi tidur saat hamil yang tepat? Berikut ulasannya.

Inilah posisi tidur yang tepat untuk ibu hamil

Terlentang

Yang pertama adalah terlentang. Posisi ini merupakan salah satu posisi yang dianggap paling aman bagi setiap orang tak terkecuali dengan ibu hamil. Bagi Anda yang hamil muda, tak ada salahnya untuk mencoba posisi ini, karena dapat membuat tidur Anda lebih nyaman. Sedangkan bagi Anda yang sudah memasuki usia 16 minggu posisi ini kurang di sarankan. Karena ketika tidur telentang, maka beban rahim Anda akan bertumpu pada bagian belakang tubuh. sehingga posisi ini cukup rentan menyebabkan gangguan kesehatan, seperti sakit pinggang saat hamil, gangguan pencernaan hingga wasir.

Tengkurap

Yang kedua adalah tengkurap. Bagi seseorang yang hamil muda, mungkin posisi tidur ini sangatlah nyaman dan aman. Namun jika kehamilan sudah mulai membesar pastinya hal ini tidak nyaman. Selain itu, tidur dengan posisi tengkurap ketika kehamilan membesar dapat mengurangi kelancaran peredaran darah antara sang ibu dan janin. Selain itu, tidur tengkurap ketika perut sudah membesar juga dapat menyebabkan rasa mual.

Miring

Posisi tidur ibu hamil berkitnya adalah miring. Meskipun hingga saat ini belum ada penelitian lanjut mengenai hal ini, akan tetapi tidur miring adalah posisi tidur yang paling tepat untuk ibu hamil. tidur dalam posisi miring tidak menyebabkan bagian tubuh terbebani khususnya ketika posisi tidur ke kiri. Karena pada posisi ini dapat melancarkan peredaran darah karena aliran darah Vena Cafa Interior berada di sebelah kanan.ketika peredaran darah lancar berarti janin juga akan mendapatkan pasokan nutrisi yang lancar sehingga pertumbuhannya maksimal. Tidur miring ke kiri juga dapat membantu ibu hamil untuk mengatai rasa mual dan muntah. Jika posisi tidur dalam satu posisi sulit, Anda juga bisa menggantinya dengan cara sesekali tidur dengan posisi miring ke kanan.

Nah itulah beberapa posisi tidur ibu hamil yang tepat.

makanan pengganti nasi untuk ibu hamil trimester pertama - posisi bumil aman utk batuk - posisi bumil aman utk batuk -