Sebelum Menikah, Pemeriksaan Kesehatan Apa Saja yang Perlu Dilakukan?

By Categories : Tanya jawab

Tanya: 

Assalammualaikum Wr.. Wb. Saya mau tanya dok, misal mau menikah apakah cek kesehatan penting dilakukan? Jika, pemeriksaan apa saja yang perlu dilakukan dok? Terimakasih..

Jawab:

Kali ini akan menjawab pertanyaan saudari Putri U.

Pemeriksaan yang seringkali dilakukan calon pasangan suami istri yang belum menikah adalah TORCH. TORCH sendiri merupakan singkatan dari Toxoplasma, Rubela, Citomegalovirus, dan juga Hepatitis. Perlu juga melihat beberapa aktivitas ataupun kebiasaan sebelum menikah.

TORCH sendiri merupakan beberapa virus atau mikrobiologi yang sering menyerang seseorang ketika hamil. Masing-masing virus tersebut memiliki peluang untuk menghambat perkembangan janin dan bahkan kelahiran kurang baik, seperti bayi lahir cacat.

Toxoplasma sering dialami oleh seorang wanita hamil yang memiliki kebiasaan merawat anjing (bukan kucing) yang sangat dekat, seperti makan bersama anjing, memandikan anjing dan masih banyak lagi. Sedangkan herpes sendiri dimanifestasikan seperti cacar ketika hamil (meskipun tidak selalu). Dan Rubela dan Citomegalovirus seringkali dikaitkan dengan bayi lahir cacat (meskipun tidak selalu).

Sehingga, alangkah baiknya sebelum menikah perlu dilakukannya cek TORCH. Jika memiliki kebiasaan seperti (mohon maaf) perilaku seks yang kurang baik, tak hanya pemeriksaan TORCH saja yang dilakukan Anda juga bisa cek vctnya juga. Cek VCT adalah cek untuk infeksi menular seksual.

Atau minimal jika bingung dengan pilihan cek labolatorium, sebaiknya cek darah rutin dan HBsAg. Cek HBsAg adalah cek untuk pemeriksaan hepatitis B. Akan tetapi hal tersebut tidak mewakili persiapan untuk hamil. Dan jangan lupa unruk imunisasi TT sebelum menikah dan ketika hamil. Imunisasi tersebut sangat baik untuk pencegahan tetanus.

imunisasi apa yang dilakukan ketika mau menikah -