Selain Berat Badan Naik, Inilah Tanda Bayi Cukup ASI

By Categories : Kesehatan

Setiap orang tua pastinya menginginkan buah hatinya selalu sehat. Salah satu cara terbaik agar sistem pertahanan tubuh si kecil tetap kuat adalah dengan meminum ASI. Seperti yang kita ketahui, para ibu tidak pernah dapat mengetahui berapa banyak ASI yang diminum oleh si kecil. Ketidaktahuan ini tentu saja dapat membuat para ibu menyusui selalu bertanya-tanya apakah si kecil mendapatkan ASI yang cukup atau belum. Tahukah Anda bahwa ada beberapa cara untuk mengetahui apakah bayi sudah cukup ASI atau belum?  Selain berat badan bertambah ada beberapa hal yang dapat menjadi tanda bahwa bayi sudah cukup meminum ASI. Lantas apa saja tanda bayi cukup ASI? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

tanda bayi cukup asi

Inilah tanda bayi sudah cukup ASI

Jumlah diaper basah

dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Seotomo Surabaya mengatakan bahwa selain dapat diketahui dengan kenaikan berat badan, kecukupan ASI juga dapat dilihat dari berapa kali bayi buang air kecil dalam setiap harinya untuk bayi yang berusia 1 hari ia akan buang air kecil 1 kali, usia 2 hari 2 kali, usia 3 hari 3 kali, usia 4 hari 4 kali, usia 5 hari 5 kali dan usia 6 hari bisa 6 kali ataupun lebih dalam setiap harinya. Oleh karena itu, untuk mengetahui hal ini sebaiknya para bayi dipakaikan popok kain saja.

Jumlah dan warna pup

Tanda yang kedua adalah dapat dilihat dari jumlah dan warna pup. Bayi yang sudah cukup ASI ia akan buang air besar minimal 1 kali dalam sehari. Akan tetapi jika ia tidak buang air besar dalam beberapa hari, perlu dicurigai bahwa ia kekurangan ASI.

Bunyi ketika menghisap air susu

Tanda bayi cukup ASI selanjutnya juga dapat dilihat dari bunyi ketika ia menghisap air susu. Meskipun tidak semua bayi mengeluarkan bunyi, akan tetapi sebagian besar bayi mengeluarkan bunyi seperti, glek, glek, glek, slurp, slurp dan lainnya.

Perhatikan gerakan dagu bayi

Ketika sedang menyusui, lihatlah bagian di antara leher dengan dagu. Ketika si kecil menghisap ASI, dagunya akan bergerak naik dan turun. Setelah beberapa kali naik dan turun dagu si kecil akan terlihat turun ke bawah dan setelah itu ia akan naik kembali ke posisi semula. Jeda inilah yang merupakan tanda bahwa bayi sedang menenggak ASI. Akan tetapi ketika dagu bayi hanya naik turun tanpa jeda, berarti si kecil tidak menenggak ASI dengan cukup.

Bayi kenyang akan tertidur pulas

Seorang bayi yang baru lahir, ia akan tertidur pulas ketika ia sudah kenyang dan cukup ASI. Dan ia pun akan bangun dan menangis kembali setelah 2 hingga 3 jam. Pasa saat itu tandanya si kecil ingin minum ASI. Dan begitu seterusnya hingga ia berusia beberapa bulan.

Demikianlah ulasan mengenai tanda bayi cukup ASI yang perlu diketahui.

Baca juga penyebab dan cara mengatasi kolik pada bayi.

Loading...
Bayi - berat badan bayi bertambah apakah cukup asi -