Selain Menghangatkan, Inilah Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan

By Categories : Manfaat

Tahukah Anda bahwa ada beberapa manfaat daun serai untuk kesehatan? Ya, mungkin kebanyakan dari kita lebih mengenal serai sebagai tumbuhan biasa yang akar dan batangnya sering dipakai sebagai rempah-rempah untuk membuat masakan lebih enak dan sedap. Padahal tahukah Anda bahwa  tumbuhan ini kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan? Nah daripada penasaran, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Tanaman yang memiliki nama latin Andropogon nardus ini adalah genus yang berisi sekitar 55 spesies rumput. Tumbuhan ini bisa tumbuh subur di cuaca hangat dan mencapai ketinggian sekitar 2 sampai 4 meter. Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, daun serai juga dapat digunakan  ramuan pengusir nyamuk. Namun selain itu, banyak pula manfaat tanaman ini untuk kesehatan.

Penelitian menunjukkan bahwa daun serai memiliki kandungan zat anti mikroba dan anti bakteri. Dan kandungan tersebut pastinya sangat berguna untuk mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kemih dan luka. Dalam buku Herbal Indonesia Berkhasiat, disebut bahwa daun serai juga mengandung minyak atsiri yang terdiri dari sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, limonen, terpinol, borneol dan masih banyak lagi.

Sebelum membahas mengenai manfaat dari daun serai, tak ada salahnya jika Anda mengetahui salah satu resep sederhana pemanfaatan daun serai. Jika ingin menggunakan serai sebagai obat herbal Anda bisa merebus bagian tanaman serai dan bagian serai yang bisa digunakan untuk pengobatan herbal antara lain akar, batang, dan daunnya. Lalu apa saja manfaatnya? Simak saja ulasan berikut ini.manfaat-daun-serai

Inilah Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan Tubuh

Mengobati Gangguan Pencernaan

Yang pertama bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernaan. Jika Anda mengalami masalah pada pencernaan seperti masuk angin, sakit perut, diare dan kram usus cobalah untuk menikmati secangkir teh yang mengandung serai. Teh yang mengandung serai sangat ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut. Selain itu, obat tradisional ini juga dapat membantu mengurangi gas dari usus sekaligus mencegah pembentukan gas lebih lanjut.

Baca juga manfaat daun katuk untuk kesehatan, ibu hamil dan menyusui

Mencegah Kanker

Manfaat yang kedua adalah untuk mencegah kanker. Seperti yang kita ketahui bahwa kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang sangat berbahaya, oleh karena itu sangat penting sekali bagi kita untuk melakukan pencegahan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setiap 100 gram serai mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker.

Pada tahun 2006 yang lalu, sebuah peneliti dari University Gurion di Israel menemukan bahwa senyawa dalam tubuh serai bisa mematikan sel kanker tanpa merupak sel sehat. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda rutin mengonsumsi teh jahe untuk mencegah penyakit berbahaya ini.

Detoksifikasi

Manfaat berikutnya adalah untuk detoksifikasi. Sifat detoksifikasi tubuh yang terkandung dalam serai ini bekerja dengan cara meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil. Jika buang air kecil teratur maka hal ini dapat membuat organ pencernaan, hati, pankreas, ginjal dan kandung kemih lebih bersih dan sehat karena zat beracun dan asam urat sudah dibuang lewat urine.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat daun serai selanjutnya adalah bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan suatu indikasi bahwa dalam tubuh sedang bermasalah. Jika Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi, Anda bisa mengobatinya dengan jus serai secara teratur. Kandungan serai yang Anda konsumsi dapat merangsang sirkulasi darah dan menghilangkan masalah tekanan darah.

Mengatasi Haid dan Nyeri

Sakit perut saat haid? Tenang, Anda bisa mengobatinya dengan mengonsumsi teh serai. Selain menghangatkan perut, teh serai juga dapat membuat perut lebih tenang dan tidak nyeri. Anda juga bisa menambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa manis dan nikmat pada teh jahe yang Anda konsumsi.

Kulit Menjadi Indah dan Sehat

Tahukah Anda bahwa serai sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik.  Maka jangan heran jika Anda mengaplikasikan pada kulit, kulit akan terbebas dari jerawat serta kulit akan tampak lebih segar dan indah. Jika untuk merawat kulit, Anda bisa menggunakan minyak serai dan balurkan ke seluruh tubuh secara merata untuk memberikan efek hangat pada kulit.

Meningkatkan Fungsi Saraf

Minyak esensial dari serai juga dapat digunakan untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Sebab minyak ini dapat memberikan efek hangat serta dapat melemaskan dan meredakan otot yang kejang.

Sebagai Analgesik

Jika Anda mengalami peradangan dan iritabilitas yang berhubungan dengan sakit dan nyeri, cobalah untuk memanfaatkan teh serai untuk mengatasinya. Serai juga mengandung sifat analgesik yang dapat membantu untuk meredakan rasa sakit dan nyeri.

Baca juga manfaat kayu manis untuk diabetes dan kesehatan tubuh

Nah itulah beberapa manfaat daun serai untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan.

loading...