Selain Sumber Protein, Inilah Khasiat Kacang Tanah Bagi Kesehatan

By Categories : Manfaat

Khasiat kacang tanah sebenarnya tak hanya sebagai bahan makanan saja, kandungan vitamin serta gizi yang terkandung dalam kacang tanah juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan. Protein yang tinggi pada kacang tanah juga sering dimanfaatkan para vegetarian untuk mencukupi asupan nutrisi tersebut sebagai pengganti daging.

Bagi masyarakat Indonesia tentu saja sudah tak asing lagi dengan kacang tanah. Meskipun ukurannya sangat kecil, namun kacang tanah ini miliki rasa yang enak dan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Maka jangan heran jika banyak pakar gizi yang menyarankan untuk mengonsumsi kacang tanah. Tak hanya dapat diolah menjadi kacang rebus saja, kacang tanah ini juga sering dimanfaatkan sebagai campuran kacang atom dan makanan lainnya.

Bagi seseorang yang sedang berdiet, mengonsumsi kacang tanah juga sangat disarankan. Mengapa? Sebab kacang tanah kaya akan serat yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Hal ini tentu saja dapat menghindarkan keinginan untuk nyemil secara berlebihan. Tak haya dapat membuat kenyang lebih lama, serat yang terkandung juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Selain itu, mengonsumsi kacang tanah secara teratur juga dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Ketika proses metabolisme cepat dan meningkat, tentu saja hal ini dapat membakar kalori tubuh lebih banyak dan timbunan lemak yang ada di dalam tubuh dapat tertatasi. Tak hanya bermanfaat untuk diet saja, kacang tanah juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Khasiat Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuhkhasiat kacang tanah

Membantu Pertumbuhan Rambut

Ingin memiliki rambut yang sehat dan tebal? Mulailah mengonsumsi kacang tanah secara teratur namun tetap sesuai dengan jumlah yang dianjurkan. Kacang tanah mengandung asam lemak omega 3  yang dapat membantu Anda untuk menumbuhkan rambut yang sehat. Sedangkan vitamin E yang terkandung di dalamnya juga sangat efektif untuk mencegah rambut rontok dan meningkatkan sirkulasi darah di daerah kulit kepala.

Baca juga makanan pembentuk otot bagi vegetarian yang tepat

Menjaga Kadar Kolesterol

Seperti yang diketahui kolesterol ada dua jenis, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Mono asam lemak tak jenuh yang ada di dalam kacang tanah memiliki peranan untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Sehingga hal ini tentu saja dapat menurunkan risiko Anda terserang penyakit jantung hingga stroke.

Sumber Energi

Apakah Anda sudah merasa lelah dan tak bersemangat? Jika iya, tak ada salahnya jika Anda nyemil makanan sehat yang satu ini. Kacang tanah yang Anda konsumsi dapat memberikan energi secara instan sehingga tubuh bisa segar ketika beraktivitas kemali.

Berbeda dengan nyemil kentang goreng yang bisa membuat tubuh melar, nyemil kacang tanah rebus dalam setiap harinya justru dapat membuat berat badan Anda turun. Ini karena kacang tanah tidak tinggi lemak serta karbohidrat seperti jenis kacang lainnya ataupun kentang yang digoreng.

Mengurangi Gula Darah

Khasiat kacang tanah untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mengurangi kadar gula di dalam darah. Tingginya gula di dalam darah tentu saja dapat memicu penyakit berbahaya seperti diabetes. Namun tenang, selain melakukan pengobatan medis, Anda juga harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Kacang tanah merupakan salah satu makanan yang dapat dinikmati oleh semua orang, tak terkecuali oleh penderita diabetes. Sebab mangan yang terkandung dalam kacang tanah dapat membantu menyerap lemak dan juga kalsium. Sehingga hal ini tentu saja dapat mengatur gula darah lebih stabil.

Mengurangi Risiko Batu Empedu

Manfaat berikutnya adalah untuk mengurangi risiko batu empedu. Kacang tanah yang dikonsumsi baik dalam bentuk alami ataupun bentuk selai dipercaya sangat baik untuk mengurangi risiko batu empedu di dalam tubuh.

 Jika tidak segera diatasi, batu empedu tentu saja dapat memicu penyakit lainnya seperti infeksi kantung empedu dan hati. Oleh karena itu, mulailah menerapkan gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan bergizi termasuk kacang tanah untuk mencegah penyakit yang satu ini.

Mencegah Keriput

Tak hanya untuk kesehatan, kacang tanah juga memilki manfaat baik untuk menjaga kecantikan terutama dalam mencegah keriput. Keriput dan penuaan merupakan salah satu hal yang paling ditakuti oleh para wanita. Sebab kulit wajah yang keriput tentu saja dapat membuat wajah terlihat lebih tua dan tak menarik.

Namun tenang, kandungan vitamin E pada kacang tanah dapat membantu Anda dalam mengurangi garis serta kerutan pada wajah. Tak hanya itu saja manfaatnya, vitamin B dan riboflavin yang terkandung di dalamnya juga dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan bersinar.

Baca juga manfaat kayu manis untuk diet dan kesehatan tubuh

Nah itulah beberapa khasiat kacang tanah untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu Anda ketahui.

Loading...