Selain untuk Penyedap, Inilah Segudang Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

By Categories : Manfaat

Sayuran hijau yang satu ini mungkin bukan salah satu sayuran favorit bagi banyak orang. Seperti yang Anda ketahui seledri kurang populer jika dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Biasanya, sayuran ini sering digunakan untuk taburan pada makanan, seperti bakso, soto dan sup untuk penyedap. Namun selain itu, seledri juga sering dimanfaatkan sebagai jus ataupun campuran salad. Hal ini dikarenakan seledri kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam seledri antara lain, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, magnesium, besi, folat, potasium, natrium, fosfor serta memiliki kandungan asam amino esensial yang tinggi. Lantas apa saja manfaat daun seledri untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Daun Seledri

Manfaat daun seledri untuk kesehatan yang perlu diketahui

Menjaga kesehatan mata

Selain wortel, seledri juga merupakan salah satu sayuran sumber vitamin A terbaik yang dapat meningkatkan dan mempertajam penglihatan. Mengonsumsi seledri secara teratur juga dapat mencegah dan menurunkan resiko seseorang terkena mata rabun akibat faktor usia. Selain dapat dimanfaatkan sebagai taburan pada masakan Anda pun bisa mengonsumsinya sebagai jus.

Menurunkan berat badan

Manfaat yang kedua adalah untuk menurunkan berat badan. Berat badan ideal adalah salah satu hal yang diharapkan oleh setiap orang. Dengan berat badan yang ideal tentu saja dapat membuat penampilan lebih menarik. Tak hanya itu saja berat badan yang ideal juga dapat menurunkan resiko penyakit tertentu. Mulailah mengonsumsi seledri sebagai camilan rendah lemak yang baik. Anda pun bisa mengonsumsinya dengan bahan-bahan lainnya, seperti saus mayonnaise, selai kacang, minyak zaitun dan lainnya. meskipun mengenyangkan camilan ini tidak membuat berat badan Anda bertambah.

Menjaga kesehatan dan fungsi ginjal

Khasiat daun seledri selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan dan fungsi ginjal. Ginjal adalah salah satu organ tubuh manusia paling vital yang harus dijaga kesehatannya. Selain berolahraga dan mengonsumsi air putih, salah satu cara menjaga kesehatan ginjal adalah dengan mengonsumsi seledri. Kandungan vitamin dan nutrisi pada seledri dapat membantu menyingkirkan racun dalam tubuh. Jika rutin mengonsumsi seledri tentu saja hal ini dapat mencegah pembentukan batu ginjal dan gagal ginjal.

Menjaga sistem pencernaan

Berikutnya adalah dapat digunakan untuk menjaga sistem pencernaan. Seledri bersifat diuretik atau dapat menambah frekuensi buang air kecil. Tentu saja hal ini dapat memkasimalkan tubuh untuk menyingkirkan dan membersihkan racun serta sisa-sisa makanan yang tidak bermanfaat di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, seledri kaya akan serat dan air, sehingga hal ini dapat mencegah terjadinya sembelit ataupun konstipasi.

Mengurangi kolesterol

Kolesterol yang berlebih pada darah dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya, seperti jantung, stroke hingga diabetes. Untuk mengatasi hal ini mulailah untuk menerapkan gaya hidup yang sehat. Seperti berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Mengonsumsi dua batang seledri setiap hari bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat daun seledri selanjutnya adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh  yang optimal tentu saja dapat membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Umumnya ada berbagai cara meningkatkan metabolisme tubuh, seperti tidur cukup, minum air putih, olahraga teratur dan mengonsumsi makanan sehat, salah satunya yaitu seledri. Seledri kaya akan vitamin C, asam folat, niasin serta riboflavin yang sangat penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Menjaga jantung tetap sehat

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat penting untuk dijaga. Kandungan kalium dalam daun seledri juga dapat menjaga aktivitas jantung agar tetap sehat. Oleh karena itu, mulailah mengonsumsi jus seledri dalam setiap harinya. Tahukah Anda bahwa  satu porsi jus seledri mentah mengandung 1.050 gram kalium? Hal ini tentu saja dapat mencukupi sekitar 22 persen kebutuhan kalium dalam setiap harinya.

Kaya vitamin K

Vitamin K yang terkandung dalam seledri, dapat mendukung pembekuan darah. Sehingga sangat penting untuk penyembuhan luka dan memar. Seperti yang Anda ketahui, akibat kekurangan vitamin K dalam tubuh dapat menyebabkan pendarahan, mudah memar dan luka sulit sembuh. Selain itu, vitamin K yang Anda konsumsi juga dapat membantu tubuh dalam menggunakan kalsium, sehingga tulang dan gigi dapat terjaga kesehatannya.

Rambut sehat dan cantik

Tak hanya untuk kesehatan, mengonsumsi seledri rutin juga dapat membuat seseorang memiliki rambut yang sehat dan cantik. Masalah kerontokan rambut dapat diatasi hanya dengan menggunakan jenis sayuran yang satu ini. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, yaitu siapkan 10 tangkai seledri lalu haluskan. Setelah itu, Oleskanlah seledri pada rambut setelah keramas. Pijat dengan lembut kulit kepala agar kandungan vitamin dalam seledri dapat meresap. Diamkan selama satu jam dan bilas hingga bersih. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh.