Sering Pusing Saat Berdiri

By Categories : Penyakit

Kadang-kadang kita suka Sering Pusing Saat Berdiri hal ini disebabkan karena tekanan darah. Kenapa hal yang seperti itu bisa terjadi? Lantas faktor apa saja yang bisa mempengaruhi tekanan darah di dalam tubuh seseorang. Berikut ini saya akan mengulasannya sedikit. Ada dua faktor yang dapat mempengaruhi tekanan darah seseorang.

Faktor yang mempengaruhi tekanan darah pada tubuh seseorang :

  • Aliran darah dari jantung yakni semakin tinggi dan besar aliran darah pada manusia maka secara otomatis nilai dari tekanan darah juga semakin tinggi. Untuk menghindarinya Anda dianjuarkan untuk makan buah-buahan karena buah dipercaya baik untuk kesehatan jantung.
  • Adanya perlawanan atau hambatan di dalam pembuluh darah, semakin tinggi hambatan di dalam pembuluh darah maka semakin tinggi pula tekanan darahnya.

Sering Pusing Saat Berdiri

Ketika sesorang sering pusing saat berdiri atau setelah duduk ini membuktikan bahkan sedang terjadi penurunan pada tekanan darah atau dalam ilmu kedokteran biasa disebut hipotensi ortostatik. Tekanan darah ini terjadi saat sesuatu mengganggu prosess alami dalam tubuh yang menetralkan tekanan dari darah. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal.

Faktor yang menyebabkan hipotensi ortostik atau tekanan darah :

  1. Dehidrasi, dimana kondisi tubuh yang sedang demam, diare, muntah, olah raga yang berat yang mengakibatkan dehidrasi, sehingga tubuh akan kehilangan banyak cairan dan natrium sehingga dapat menyebabkan pusing, lemah serta kelelahan.
  2. Gangguan pada jantung, ada beberapa kondisi atau keadaan jantung yang bisa mengakibatkan terjadinya tekanan darah yang rendah. Misalnya terjadi masalah pada katup jantung, gagal jantung, serangan jantung serta denyut jantung yang rendah. Hal inilah yang kemudian membuat sirkulasi pada darah menjadi terganggu.
  3. Diabetes, penyakit diabetes atau kadar gula yang tinggi ini kalau tidak diobati bisa menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan karena sering buang air kecil. Tidak hanya itu penyakit diabetes juga dapat merusak system syaraf yang mempunyai fungsi membantu mengatur tekanan darah
  4. Gangguang system syaraf, ada beberapa macam penyakit yang dapat mengganggu cara kerja system syaraf misalnya Parkinson, amyloldosis, multiple system atrophy yang dapat menyebabkan jantung tidak bekerha secara baik. Hal seperti inilah yang dapat mengganggu system tekanan darah pada tubuh.

Ketika seseorang sedang berdiri, gaya grafitasi menyebabkan darah akan berkumpul di kaki. Hal inilah yang akan membuat tekanan darah menjadi turun sehingga sirkulasi darah yang kembali ke jantung akan semakin sedikit. Selain itu sel khusus disamping jantung ini akan menyebabkan pembuluh dari darah semakin sempit dan dapat meningkatkan hambatan pada aliran darah serta dapat meningkatkan tekanan darah.

Demikianlah ulasan saya mengenai faktor yang menyebabkan sering pusing saat berdiri, semoga ulasan tersebut dapat memberi pengetahuan bagi Anda dan semoga bermanfaat. Baca juga manfaat brokoli bagi kesehatan.