Stimulasi Bayi 6 Bulan Agar Bayi Cerdas

By Categories : Kesehatan

Stimulasi untuk bayi usia 6 bulan harus dilakukan pada si kecil agar bayi cerdas dan tumbuh kembangnya tetap terjaga. Jika bayi Anda berusia 6 bulan atau lebih, mungkin artikel ini sangat berguna bagi Anda. sebab pada artikel kali ini akan menjelaskan mengenai stimulasi yang tepat untuk bayi 6 bulan ke atas agar tumbuh kembang si kecil tetap terjaga. Nah bagi Anda yang masih bingung mengenai stimulasi apa yang cocok diberikan, simak saja ulasan berikut ini.

Hamil dan melahirkan merupakan moment yang tak akan terlupakan bagi pasangan yang sudah menikah. Sebab dengan begitu pernikahan mereka akan semakin sempurna dengan hadirnya sang buah hati. Tapi seperti yang kita ketahui mengurus bayi pastinya tidaklah mudah. Dibutuhkan pengetahuan seputar bayi untuk menjaga dan merawatnya.

Jika bayi usia 0 hingga 6 bulan hanya mendapatkan asupan nutrisi dari ASI, berbeda dengan bayi usia 6 bulan yang sudah mengonsumsi makanan pendamping ASI. Namun tak hanya makanan sehat untuk bayi saja yang harus diperhatikan, para orang tua juga harus mengetahui stimulasi atau rangsangan yang tepat untuk si kecil.

Sebelum membahas mengenai stimulasi untuk bayi 6 bulan, sangat penting sekali untuk mengetahui terlebih dulu pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 6 bulan. Sebab hal tersebut dapat membantu Anda untuk memberikan stimulasi yang tepat. Umumnya bayi usia 6 hingga 9 bulan sudah bisa duduk lebih baik, ekspresi yang ada pun lebih kuat, interaksi yang dilakukan lebih jelas serta sedikit sudah bisa mengerti apa yang kita ucapkan.

Nah daripada penasaran, berikut adalah beberapa stimulasi untuk bayi usia bulan yang tepat.stimulasi-untuk-bayi-usia-6-bulan

Inilah Stimulasi Bayi Usia 6 Bulan Agar Bayi Cerdas

Stimulasi Menggunakan Peralatan Rumah Tangga

Yang pertama adalah stimulasi dengan menggunakan peralatan rumah tangga. Beberapa peralatan rumah tangga yang bisa dijadikan alat stimulan si kecil adalah kursi plastik, peralatan masak, perlatan makan dan toples plastik. Beberapa peralatan tersebut bisa dijasikan alat pukul untuk menghasilkan bunyi atau kursi plastik bisa di dorong untuk belajar berjalan.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh si kecil antara lain menstimulasi kemampuan motorik, daya eksplorasi semakin tinggi, menstimulasi panca indera dan pengetahuan. Namun pastikan Anda selalu mengawasi dan mendampingi bayi saat ia mengeksplorasi peralatan rumah tangga tersebut.

Baca juga mainan bayi 6 bulan untuk meningkatkan perkembangan anak

Mainan Bergerak

Sebenarnya ada banyak mainan terbaik untuk bayi usia 6 bulan ke atas, seperti sliding car atau sliding ball. Mobil atau bola yang diletakkan di bagian atas kemudian diluncurkan ke bawah melalui trek atau jalan yang ada di mainan tersebut. Caranya, Anda bisa menunjukkan si kecil bagaimana cara memainkannya lalu minta ia untuk memperhatikan mainan tersebut ketika meluncur ke bawah.

Selain mainan seluncuran, stimulasi bayi usia 6 bulan ke atas agar bayi cerdas juga bisa diberikan mainan seperti pesawat yang digantung lalu berputer, baling-baling atau ikan yang bergerak di dalam kolam. Mainan tersebut memiliki manfaat antara lain untuk melatih respon mata bayi, melatih kemampuan sensori dan motorik ketika bayi berusaha meraih dan memegangnya serta dapat membuat si kecil lebih mengenal warna, bentuk dan menambah kosakata si kecil.

Agar kosakata si kecil bertambah, pastikan para orang tua menunjukkan cara bermain dengan menjelaskan nama-nama mainan tersebut.

Benda Bergerak

Berikutnya adalah benda bergerak. Benda bergerak ataupun mainan bergerak sebenarnya tak ada bedanya. Hanya saja cara memainkannya lah yang berbeda. Pilihlah mainan atau benda yang menarik perhatian bayi. Setelah itu Anda bisa meletakkan mainan atau benda tersebut sekitar satu meter di depannya.

Biasanya bayi akan berusaha meraih benda tersebut dengan merayap atau merangkak. Agar kemampuan merangkak bayi dapat meningkat, Anda bisa meletakkan benda tersebut lebih jauh. Manfaat stimulasi ini adalah untuk menstimulasi kemampuan sensori, jika benda yang Anda gunakan beraneka warna dan konturnya berbeda-beda.

Selain itu stimulasi ini juga bermanfaat untuk meningkatkan koordinasi motorik, kekuatan otot-otot dan ketangguhan bayi ketika berusaha meraih benda tersebut

Buku Cerita

Bayi mana yang tidak suka dibacakan buku cerita? Hampir setiap bayi pasti menyukai hal ini. Namun pastikan Anda tidak memilih buku cerita biasa, pilihlah buku dongeng yang lebih interaktif seperti buku dongeng yang bergambar timbul serta memiliki aneka kontur. Saat membacakannya hindari intonasi suara yang terlalu tinggi dan bacakan beberapa menit saja, selebihnya biarkan si kecil untuk mengeksplorasi buku bacaan tersebut.

Lalu apa saja manfaatnya? Diantaranya yaitu dapat memperkaya kosakata bayi, menstimulasi kemampuan motorik, sensorik, rasa ingin tahu dan kreativitas bayi serta pesan moral yang terdapat dalam buku cerita bisa menjadi bekal si kecil dalam berperilaku.

Baca juga daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi bayi

Demikianlah ulasan mengenai stimulasi bayi 6 bulan ke atas agar bayi cerdas.

loading...
Stimulasi bayi 6 bulan - stimulasi bayi 6 bulan agar cerdas - menstimulasi bayi usia 6 bulan - stimulasi bayi 6bulan - tentang ulasan bayi 6 bulan -