Sumber Kalsium Alami yang Baik Untuk Tubuh

By Categories : Nutrisi

Kalsium (Ca) adalah salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kalsium berguna untuk membantu pembentukan gigi serta tulang. Dalam sehari tubuh membutuhkan kalsium lebih dari 100 mg. Dan jika tubuh kekurangan kalsium dapat menyebabkan osteoporosis dan terganggunya pertumbuhan tulang.

Selain untuk menguatkan tulang dan gigi, manfaat kalsium bagi tubuh adalah untuk melancarkan peredaran darah, menurunkan resiko kanker usus, melenturkan otot, mencegah penyakit jantung, mengatasi keluhan saat haid dan menopause, menormalkan tekanan darah dan masih banyak lagi.

Selama ini kita mengenal bahwa susu adalah sumber kalsium yang paling tinggi. Namun tahukah Anda selain itu, ada beberapa makanan lainnya yang kaya akan kalsium? Berikut adalah sumber kalsium alami yang harus Anda ketahui.

Sumber Kalsium Alami

Sumber Kalsium Alami yang Perlu Anda Ketahui

Ikan Salmon

Sumber kalsium yang pertama adalah ikan salmon. Dalam 3 ons ikan salmon yang sudah dikalengkan memiliki kandungan kalsium tinggi yaitu sebesar 181 mg. Meskipun ikan yang satu ini cukup mahal, namun kandungan vitamin dan meniral di dalamnya dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan. Selain kaya akan kalsium, ikan salmon juga kaya akan asam lemak omega 3 yang berguna untuk mencegah lahir cacat bagi ibu hamil. Anda disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon untuk menjaga kesehatan tubuh.

Keju

Sumber kalsium yang kedua adalah keju. Keju memilki kandungan yang sama seperti susu mulai dari kalsium, vitamin, mineral, lemak, fosfor, kolesterol dan juga protein. ini karena keju merupakan makanan yang berbahan dasar susu. Namun sebaiknya jangan mengonsumsi susu secara berlebihan. Karena terlalu sering mengonsumsi susu dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti kolesterol.

Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan terbaik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, oatmeal juga kaya akan kalsium. Dalam satu mangkuk oatmeal mengandung 105 mg yang sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan kalsium setiap harinya. Selain itu, oatmeal juga kaya akan karbohidrat dan serat yang sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang berdiet atau orang yang ingin menurunkan berat badan.

Brokoli

Dibandingkan dengan makanan di atas, brokoli merupakan salah satu sayuran yang kaya akan kandungan kalsium yaitu sebesar 180 mg. Selain itu, brokoli juga mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit jantung, mengontrol tekanan darah, mencegah depresi, mencegah kanker dan tentunya menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Pisang

Sumber kalsium selanjutnya adalah buah pisang. Pisang adalah satu buah yang digemari oleh setiap warga Indonesia. Selain enak, pisang juga dapat kita temukan diberbagai tempat mulai dari supermarket, hipermart hingga warung-warung kecil. Kalsium, pisang juga kaya akan potasium yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Yoghurt

Sumber kalsium alami berikutnya adalah yoghurt. Yoghurt merupakan hasil dari fermentasi susu yang kaya akan manfaat. Kandungan bakteri baik dalam produk susu yang satu ini dapat membantu melancarkan  pencernaan  serta dapat digunakan untuk mengatasi keputihan. Selain itu, yoghurt juga makanan berkalsium tinggi karena berbahan dasar susu.

Kacang kedelai

Kacang kedelai juga merupakan jenis kacang-kacangan yang kaya akan kalsium.. Satu cangkir kacang kedelai yang direbus tanpa dicampur dengan menggunakan garam mengandung kalsium sebesar 261 mg. Selain dimanfaatkan sebagai makanan, kacang kedelai juga dapat diolah menjadi minuman yang menyegarkan yaitu susu kedelai.

Kinoa

Kinoa atau quinoa adalah tanaman serealia semu yang menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indian, di Pegunungan Andes, Amerika Selatan. Biji Kinoa merupakan bahan makanan yang kaya akan gizi. Karena kinoa mengandung protein dan karbohidrat yang sangat tinggi. 1 cangkir kinoa yang dimasak dapat menghasilkan 60 hingga 100 mg kalsium.

Kale

Berikutnya adalah kale. Kale merupakan makanan yang masuk ke dalam jenis kubis-kubisan atau yang biasa disebut dengan kol. Dalam 1 cangkit kale mengandung 90 gram kalsium. Sehingga mengonsumsi 3,5 cangkir kale lebih bermanfaat daripada mengonsumsi segelas susu.

Tofu

Tofu merupakan sumber kalsium yang dapat Anda konsumsi. Tofu atau tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan kedelai yang difermentasikan. Tofu sendiri memiliki tekstur yang lebih lunak dan kurang tahan terhadap pengolahan. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium dalam tofu sangatlah tinggi. Tofu juga seringkali direkomendasikan sebagai makanan pengganti susu.

Jeruk

Jeruk adalah buah yang saat ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Buah yang kaya vitamin ini juga dapat ditemukan hampir di seluruh belahan dunia. Rasanya yang enak dan segar membuat buah ini sangat disukai oleh semua orang. Tak hanya kaya akan vitamin C, jeruk juga mengandung kalsium sebanyak 60 mg dalam setiap buahnya.

Nah itulah beberapa sumber kalsium alami yang dapat Anda coba. Selain itu, ada juga kacang almond, ikan sarden, susu kedelai, biji wijen, lobak, buah dan juga sayuran hijau  merupakan yang makanan kaya akan kasium.

kalsium yang baik untuk tubuh - kalsium alami untuk tubuh - kalsium tradi - selain kalsium mineral pembentukan gigi dan tulang -