Survivor Kanker Serviks Stadium 4 Apa Bisa Disembuhkan?

By Categories : Penyakit

Kanker serviks stadium 4 apa bisa disembuhkan?,  pertanyaan itu sering menelisik batin dan pikiran wanita. Bagaimana tidak menelisik batin dan pikiran, wanita adalah orang yang paling rentan untuk terkena penyakit mematikan tersebut. Tingkat keganasan kanker dihitung dari stadiumnya, semakin parah penyakit kankernya maka stadiumnya semakin bertambah. Misalnya saja untuk kasus awal kanker dinyatakan dengan stadium 1A dimana organ yang terserang cuma sebatas serviks saja dengan ukuran kankernya belum mencapai 7 mm, sedangkan jika sudah lebih dari 7mm stadium kankernya 1B. Masih stadium satu namun jenisnya B, hal itu dikarenakan kanker masih sebatas leher rahim saja hanya ukurannya sudah bertambah atau membesar.

Untuk yang stadium 4 biasanya kanker sudah metastasis artinya sudah ada penyebaran dari sel kanker tersebut. Untuk menjawab pertanyaan kanker serviks stadium 4 apa bisa disembuhkan, sebaiknya masyarakat tahu terlebih dahulu tentang kanker serviks stadium 4 berikut ini:

Stadium 4A dan 4B

Stadium 4A dan 4B

Stadium 4A dan 4B

Sama seperti dengan stadium lainnya dimana grade kankernya terbagi menjadi A dan B. Stadium 4 ini dibagi menjadi dua yaitu 4A dan juga 4B. Pengobatannya berbeda antara kanker stadium 4A dan juga 4B. Bisanya dokter oncology yang menangani kanker tidak hanya akan memeriksa serviks pasien, namun juga mencari kemana saja penyebaran kanker itu ada. Dari penyebaran kanker tersebut dokter bisa menyimpulkan pasien masuk tipe A atau B.

Pasien akan dinyatakan mengalami kanker serviks stadium 4A jika penyebaran kankernya masih melibatkan organ yang ada di panggul, belum merambat ke organ yang lainnya. Misalnya saja jika penyebaran kanker ke organ kandung kemih, rektum, vagina dan rahim maka stadiumnya adalah 4A. Berbeda halnya jika kanker sudah menyebar ke organ yang jauh dari panggul misalnya saja ke tulang, panggul, paru-paru, hati, limfa dan organ lainnya maka kanker tersebut sudah masuk ke stadium 4B.

Pengobatan

Membahas tentang penyakit kanker serviks stadium 4 apa bisa disembuhkan, ingatan langsung mengarah ke penyakit kanker serviks Julia Perez yang sedang ramai dibicarakan oleh media. Selama ini pihak keluarga hanya menyebutkan bahwa kanker Jupe stadiumnya 4 namun tidak disebutkan apakah kanker tersebut jenis 4A atau 4B. Jika dilihat dari pengobatan yang dijalaninya dan penyebaran sel kankernya, sel kanker tersebut tidak hanya berada di panggul saja namun juga menyebar ke kaki bahkan di tulang belakang. Oleh sebab itu sampai saat ini Jupe merasa kesulitan untuk duduk lama atau bahkan bangun dari tempat tidurnya. Selain itu sebagian memori ingatannya menjadi hilang sehingga dia tidak mengenali sanak kerabatnya sendiri. Diduga Jupe ini mengalami kanker serviks stadium 4B.

julia perez Stadium 4B

julia perez Stadium 4B

Pengobatan stadium 4A berupa kemo dan radiasi digunakan untuk mencegah penyebaran sel kanker ke organ vital lainnya, kemoterapi akan dilakukan secara bertahap dimana satu sesi terdapat 6 kali kemoterapi. Sedangkan untuk pengobatan kanker serviks stadium 4B cenderung sulit sebab sudah ada penyebaran sel kanker ke organ-organ vital sehingga obat dan pengobatan yang digunakan hanya digunakan untuk memperpanjang umur pasien dan mengurangi nyeri yang sering dirasakan oleh pasien.

Kesembuhan

Survivor kanker dengan stadium 4A masih bisa disembuhkan asalkan stadiumnya belum berubah menjadi 4B, ada beberapa kasus dimana stadium yang tadinya 4A berubah menjadi 4B, dan jika stadiumnya sudah 4B maka kanker tersebut tidak bisa disembuhkan sehingga obat-obatan dan terapi yang diberikan hanya digunakan untuk memperpanjang umur pasien saja.

Mengapa stadium 4B tidak bisa disembuhkan?, hal itu dikarenakan penyebaran kanker tersebut sudah ke organ vital lainnya. Jika organ vitalnya sudah terserang maka fungsi organ tersebut menjadi terganggu. Misal penyebaran di paru-paru, maka survivor kanker akan mudah sekali mengalami gagal napas dan hal tersebut bisa menyebabkan pasien menjadi meninggal dunia. Dengan penjelasan diatas, kini sudah bisa disimpulkan kanker serviks stadium 4 apa bisa disembuhkan atau tidak.

Loading...
apakah kanker serviks stadium 4 bisa disembuhkan - apakah kanker serviks stadium 4 bisa disembuhkan? - kanker rahim stadium 4 - kanker serviks stadium 4 -