Tanda Penyakit Alzheimer Pada Usia Muda yang Perlu Diwaspadai

By Categories : Penyakit

Tak hanya orang tua dan lansia saja, penyakit alzheimer pada usia muda sangat mungkin terjadi. Oleh karena itu semua orang harus mengetahui beberapa tanda yang mengindikasikan seseorang mengalami alzheimer, bukan tanpa tujuan. Hal ini sangat berguna agar penyakit yang Anda derita bisa diketahui lebih dini dan bisa diobati agar tidak semakin memburuk. Umumnya ada beberapa tanda atau gejala yang sering dialami oleh penderita alzheimer. Untuk lebih jelasnya, simak saja ulasan berikut ini.

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang dikenal dengan gejala utama pikun atau lupa ingatan. Umumnya penyakit ini terjadi pada usia di atas 65 tahuh. Namun tak menutup kemungkinan jika seseorang yang masih muda dapat terserang penyakit berbahaya yang satu ini. Berdasarkan data yang ada di Alzheimer Assotiation, sebanyak 5 persen orang mengalami gejala alzheimer pada usia lebih muda, yaitu 40 hingga 50 tahun.

Lalu apa yang menyebabkan seseorang mengalami penyakit alzheimer? Faktor genetik merupakan salah satu penyebab dari penyakit ini. Sehingga bagi Anda yang memiliki anggota keluarga menderita penyakit alzheimer sebaiknya mewaspadainya. Sebab penyakit alzheimer akan menyerang secara perlahan sehingga untuk tahap awal mungkin penderita tidak menyadari  gejala yang ia alami.

Perlu diketahui pada penyakit alzheimer, kesehatan jaringan otak mengalami penurunan sehingga menyebabkan penurunan daya ingat dan kemampuan mental. Lalu apa saja tanda atau gejala penyakit alzheimer yang tidak kita sadari dan yang perlu diwaspadai? Berikut ulasannya.alzheimer-pada-usia-muda

Waspadai Tanda Alzheimer Pada Usia Muda Berikut Ini

Gangguan Daya Ingat

Ya, seperti yang sudah dijelaskan tadi, penyakit alzheimer akan menyerang otak. Sehingga penderita akan mengalami gangguan daya ingat dan penurunan memori. Penderita alzheimer sering lupa dengan kejadian yang baru terjadi, sering lupa jika berjanji dan bahkan selalu membicarakan hal yang sama berulang kembali hingga kadang membuat orang lain kesal.

Baca juga pencegahan penyakit alzheimer yang mudah dilakukan

Sulit Melakukan Kegiatan Familiar

Tanda dan gejala yang kedua adalah penderita alzheimer sulit melakukan kegiatan familiar yang sering ia lakukan setiap harinya, seperti menulis, mengemudi ataupun menghitung. Jika Anda mendapati teman ataupun anggota keluarga mengalami hal ini sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Tidak Bisa Berkonsentrasi dan Fokus

Umumnya seseorang yang kesulitan fokus dan berkonsentrasi adalah seseorang yang mungkin stres dan kurang tidur. Namun jika Anda tidak mengalami kedua hal tersebut, mungkin saja Anda terkena penyakit alzheimer. Sehingga seseorang yang menderita penyakit alzheimer akan sulit melakukan pekerjaan sehari-hari. mereka juga membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Gangguan Komunikasi

Gangguan komunikasi juga sering dialami oleh penderita alzheimer. Akibatnya, penderita alzheimer akan kesulitan berbicara dan mencari padanan kata yang tepat. Tak hanya itu saja, mereka juga sering berhenti di tengah pembicaraan karena bingung ia akan berbicara apa.

Kesulitan Memahami Visuospasial

Tanda atau gejala penyakit alzheimer pada usia muda selanjutnya adalah ia kesulitan memahami visuospasial, seperti kesulitan menentukan jarak, tidak mengenali wajah sendiri, kesulitan membaca, dan membedakan warna. Mereka juga tidak mengenali suatu benda sehingga sering salah sebut dan selalu tidak pas jika meletakkan sesuatu atau barang.

Sering Menaruh Barang Tidak Pada Tempatnya

Selain kesulitan memahami visuospasial, penderita alzheimer juga sering menaruh barang tidak pada tempatnya. Dan terkadang mereka juga sering menuduh orang lain mencuri dan memindahkan barang tersebut. jika sudah begini, penderita harus mendapatkan pengobatan dan pengawasan yang ketat agar tidak melukai diri sendiri ataupun orang lain.

Perubahan Kepribadian dan Perilaku

Suasana hati dan emosi penderita alzheimer juga seringkali berubah mulai dari bingung, takut, depresi, curiga hingga kembali menjadi ramah. Hal ini membuat mereka tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Selain itu, mereka juga menarik diri dari pergaulan sehingga tidak memiliki semangat untuk bersosialisasi (padahal dulu sering aktif dalam kegitan sosial) dan cenderung mengurung diri. Mereka juga tidak bisa merawat diri dengan baik, contohnya penderita alzheimer sering berpakaian tidak serasi jika keluar rumah. Hal inilah yang membuat penderita alzheimer sangat bergantung pada orang lain.

Disorientasi

Tanda yang terakhir adalah disorientasi, ini berarti penderita alzheimer seringkali lupa tanggal dan hari penting. Tak hanya itu saja, mereka juga tidak tahu sedang berada di daman dan bagaimana jalan pulang.

Baca juga pengobatan dan obat alzheimer paling ampuh dan efektif

Nah itulah beberapa tanda penyakit azheimer pada usia muda yang perlu diwaspadai.

loading...
penyakit alzheimer pada usia muda - penyakit lupa ingatan pada usia muda - ciri ciri alzeimer di usia muda - Penyakit alzaimer masa muda menjadi tidak mau kerja -