Telapak Kaki Sakit dan Pegal? Atasi dengan Cara Berikut Ini

By Categories : Kesehatan

Telapak kaki sakit dan pegal adalah salah satu kondisi yang sering dialami oleh hampir setiap orang. Maka jangan heran jika banyak orang yang menanyakan bagaimana cara yang tepat mengatasi telapak kaki yang pegal dan sakit. Bagi Anda yang sedang kebingungan mencari cara mengatasi hal tersebut, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Saat akhir pekan tiba, banyak orang yang menghabiskan waktu tersebut untuk pergi berwisata bersama keluarga. Biasanya, jalan-jalan ke mall, travelling dan hiking adalah hal yang sering dilakukan untuk menghabiskan waktu liburan. Bagi Anda yang sering melakukan hal ini maka jangan heran jika telapak kaki Anda akan terasa pegal dan sakit. Tak hanya jalan-jalan saja, menghabiskan waktu seharian di luar dan bekerja sepanjang hari juga dapat menyebabkan masalah yang satu ini.cara mengatasi telapak kaki sakir

Jika tidak segera diatasi, telapak kaki yang pegal dan sakit tentu saja dapat menganggu aktivitas sehari-hari. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Umumnya ada beberapa mengatasi masalah ini, tak perlu mengeluarkan budget besar untuk melakukan pijat refleksi, karena Anda pun juga bisa melakukan relaksasi di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Dan pastinya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk menghilangkan rasa pegal dan sakit pada telapak kaki, Anda bisa melakukan beberapa cara yang satu ini. Penasaran kan? Untuk lebih jelasnya, simak artikel di bawah ini.

Cara Mengatasi Telapak Kaki Sakit dan Pegal yang Tepat dan Mudah

Penggunaan sepatu hak tinggi juga dapat menyebabkan rasa sakit ditelapak kaki. Oleh karena itu jika hal ini sering terjadi maka sebaiknya Anda menghindari penggunaan sepatu hak tinggi untuk sementara waktu. Sepatu ini dapat memberikan tekanan yang besar pada jari-jari kaki. Pemilihan sepatu yang tidak sesuai serta intensitas yang tinggi juga dapat memicu telapak kaki menjadi sakit dan pegal.

Baca juga cara mengatasi tumit pecah-pecah dan kasar dengan mudah

Air Garam

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan air garam. Garam tak hanya digunakan sebagai penyedap rasa pada masakan saja, garam ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan, salah satunya yaitu untuk mengatasi telapak kaki yang terasa sakit dan pegal.

 Hal ini dikarenakan garam mengandung kristal sulfat yang secara efektif dapat mengatasi peradangan dan rasa sakit. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, masukkan sedikit garam ke dalam air hangat lalu rendam kaki ke dalam air tersebut. Cara ini juga dapat membuat Anda jauh lebih rileks dan santai.

Minyak Cengkeh

Yang kedua adalah dengan menggunakan minyak cengkeh. Ternyata tak hanya cengkehnya saja yang kaya manfaat untuk kesehatan, minyak cengkeh juga memiliki manfaat tersebut. Minyak cengkeg yang Anda gunakan dapat merangsang aliran darah pada kaki serta dapat meredakan rasa sakit dan pegal.

Caranya pun sangat mudah, ambil minyak zaitun dan tuang ke dalam wadah kecil. Setelah itu, masukkan cengkeh ke dalamnya dan diamkan sebentar. Lalu oleskan pada telapak kaki sambil memijatnya secara ringan. Selain telapak kaki, Anda juga bisa memijat bagian kaki jika terasa pegal.

Air Hangat

Cara mengatasi telapak kaki sakit selanjutnya adalah dengan menggunakan air hangat. Air hangat yang ada gunakan dapat membantu melancarkan peredaran darah di sekitar telapak kaki sehingga rasa pegal dan sakit pun teratasi.

Caranya pun sangat mudah, hangatkan sedikit air lalu tuang ke dalam wadah seperti ember kecil. Setelah itu Anda bisa merendam kaki pada air hangat. Jangan lupa untuk sambil menekan-nekan telapak kaki dengan menggunakan ujung jari agar rasa pegal dapat segera di atasi.telapak kaki sakit

Gunakan Cuka

Berikutnya adalah dengan menggunakan cuka. Selain dapat digunakan sebagai penyedap masakan, cuka juga bisa digunakan untuk mengobati nyeri pada kaki. Caranya tuang beberapa tetes cuka ke dalam wadah yang telah diisi dengan air. Lalu rendam kaki di dalamnya. Cara ini merupakan cara yang cukup efektif untuk mengatasi pegal pada telapak kaki.

Gunakan Es Batu

Tak hanya dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah, es batu merupakan salah satu cara kuno yang masih dipercaya untuk mengatasi nyeri dan pegal pada kaki. Es batu yang Anda gunakan dapat memberikan efek mati rasa sehingga sangat efektif untuk menenangkan nyeri pada kaki.

Caranya, ambil es batu lalu tempelkan pada telapak kaki yang bermasalah. Jika tidak tahan dingin, Anda bisa memasukkannya ke dalam kantong plastik bening lalu tempelkan ke telapak kaki.

Pijat Refleksi

Salah satu manfaat pijat refleksi adalah untuk meredakan rasa sakit dan pegal pada tubuh. Jika Anda ingin mendapatkan sensasi yang berbeda, mungkin cara ini cocok Anda lakukan. Anda bisa melakukan pijat refleksi di tukang pijit langganan Anda. Atau Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun dan memijat sendiri di rumah. memijat dapat membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Baca juga cara mengatasi telapak kaki kering dan pecah yang benar dan tepat

Nah itulah beberapa cara mengatasi telapak kaki sakit dan pegal secara alami yang dapat Anda coba.

loading...
telapak kaki pegal - cara menghilangkan pegal di telapak kaki - cara menghilangkan pegal di kaki - telapak kaki sering pegal - cara mengatasi kaki pegal - telapak kaki terasa pegal - kaki pegal - obat kaki pegal dan nyeri - apa obat sakit di telapak kaki - obat kaki pegal - obat sakit telapak kaki tradisional - obat kaki pegal pegal - obat kaki pegal dan sakit - obat kaki pegal sakit - cara melegakan kaki pegal -