Terapi Penyembuhan untuk Sakit Kepala Vertigo

By Categories : Penyakit

Umumnya sakit kepala ada beberapa macam, antara lain sakit kepala sebelah atau yang biasa disebut dengan migrain, vertigo dan lainnya. Jika dibandingkan dengan sakit kepala lainnya, sakit kepala vertigo adalah salah satu jenis sakit kepala yang sangat menyakitkan. Vertigo sendiri tidak bisa langsung disembuhkan dengan mengonsumsi obat sakit kepala, namun diperlukan juga terapi untuk membantu menyembuhkan atau meringankannya.

sakit kepala vertigo

Tahukah Anda bahwa vertigo bukanlah penyakit, melainkan sebuah gejala dari suatu penyakit yang ada di dalam tubuh. seseorang yang mengalami vertigo akan mengalami masalah pada keseimbangan tubuh, hal ini dikarenakan penyakit ini membuat kepala dan benda-benda disekelilingnya berputar-putar. Maka tidak jarang jika seseorang yang mengalami ini akan jatuh pingsan karena tidak kuat menahannya.

Beberapa hal yang menyebabkan vertigo antara lain adanya gangguan telinga bagian dalam, seperti peradangan saraf vestibuler, penyakit meniere, karena keadaan lingkungan, seperti mabuk darat ataupun mabuk laut, karena obat-onatan, kelainan neurologis dan bahkan  karena penyakit saraf pusat, peradangan ataupun infeksi, migrain hingga stres.

Seseorang yang mengalami sakit kepala vertigo biasanya memiliki gejala seperti rasa mual, pusing, keringat dingin, sempoyongan ketika berdiri dan berjalan, muntah, wajah pucat dan juga kepala terasa berputar.

Namun Anda jangan khawatir, karena ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika vertigo mulai menyerang, antara lain:

Tips Ketika Gejala Vertigo Menyerang

  • Ketika vertigo mulai menyerang hal utama yang harus Anda lakukan adalah jangan panik dan jangan khawatir. Untuk meminimalisir rasa takut, tariklah napas dalam-dalam lalu pejamkan mata dan segaralah mencari posisi yang memungkingkan Anda berbaring. Jika tidak, duduklah dengan segera sebelum Anda pingsan ataupun tidak sadarkan diri.
  • Jika Anda merasa mual dan muntah, segeralah mintalah bantuan kepada seseorang yang ada didekat Anda. Hal ini dikarenakan ada beberapa kasus seseorang yang terserang vertigo akan menjadi berkurang ketika ia muntah-muntah.
  • Ketika Anda berbaring, janganlah Anda mengubah posisi tidur dan pastikan Anda mempertahankan posisi tersebut sampai serangan vertigo berkurang dan hilang dengan sednirinya.
  • Ketika vertigo menyerang dalam posisi berdiri, pastikan Anda berada dalam posisi aman dan pastikan Anda berpegangan tangan ataupun lainnya. tunggu beberapa menit untuk memastikan apakah serangan vertigo yang Anda alami berkurang ataupun tidak.
  • Jika di rumah ataupun di kantor tersedia obat anti vertigo, tak ada salahnya dikonsumsi untuk meringankan sensasi kepala berputar-putar.
  • Jika vertigo sudah mulai berkurang, bukalah mata pelan-pelan lalu miringkanlah badan ke kiri ataupun ke kanan. Namun jika Anda melakukan hal ini serangan vertigo datang kembali, maka Anda harus segera memejamkan mata dan kembali ke posisi semula.
  • Jika vertigo tidak kunjung sembuh ataupun berkurang, maka segeralah konsultasi ke dokter saraf untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sebenarnya ada beberapa cara mengobati vertigo, baik secara alami ataupun menggunakan obat dari dokter. Namun tak hanya itu saja cara mengatasinya, vertigo juga dapat diatasi dengan melakukan beberapa terapi penyembuhan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa terapi penyembuhan untuk sakit kepala vertigo.

Inilah terapi untuk penderita vertigo yang perlu diketahui

Untuk mengatasi vertigo umumnya ada beberapa jenis latihan ataupun terapi fisik yang dapat dilakukan, hal ini tergantung pada letak ataupun posisi masalahnya. Vertigo sendiri melibatkan beberapa unsur seperti, keseimbangan atau vestibular, penlihatan serta gerakan sendi dan otot.

Latihan ataupun terapi terbaik yang dilakukan untuk mengatasi vertigo adalah latihan yang dilakukan di bawah pengawasan dokter. Hal ini dikarenakan seorang dokter tentu saja lebih mengetahui gangguan ataupun keluhan pada pasien tersebut. Namun ada pula beberapa latihan yang dapat dilakukan di rumah khususnya untuk penderita BPPV(benign paroxymal posotional vertigo).

Penderita BPPV merupakan vertigo yang disebabkan oleh timbulnya kalsium di telinga yang begerak dari pososo normal di kepala kanal semiserkulasir posterior. Terapi yang dapat dilakukan adalah metode latihan Brandt Daroff. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah metode latihan Brandt Daroff yang dapat dilakukan.

Metode latihan Brandt Daroff

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah duduk tegak di tepi tempat tidur dengan kedua tungkai tergantung.
  2. Setelah itu tutuplah kedua mata Anda dan baringkan dengan cepat tubuh ke salah satu sisi dan pertahankan selama 30 detik.
  3. Langkah terapi sakit kepala vertigo yang ketiga adalah dengan duduk kembali seperti posisi awal selama 30 detik.
  4. Lalu ulangi langkah yang kedua yaitu baringkan tubuh dengan cepat ke sisi lain dan diam selama 30 detik lalu duduklah kembali.

Rutin melakukan terapi tersebut sangat berguna untuk mengurangi gejala dari penyakit vertigo yang ada alami. selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa terapi lainnya, yaitu:

  1. Hindari mendongakkan kepala. Perubahan posisi kepala yang Anda lakukan dapat memicu serangan vertigo ataupun sakit kepala lainnya.
  2. Ketika duduk ataupun berbaring, pastikan Anda memposisikan kepala lebih tinggi dari badan.
  3. Hindari mengangkat barang yang mengharuskan Anda membungkuk.

Demikianlah ulasan mengenai terapi penyembuhan untuk sakit kepala vertigo.