Tips Memelihara Kucing Saat Hamil

By Categories : Kesehatan

Apakah Anda memelihara kucing di rumah? Bagi Anda yang saat ini sedang hamil usahakan untuk tidak memilihara kucing di rumah atau menyentuhnya. Hal ini dikarenakan kucing merupakan binatang yang bisa menyebabkan penyakit toksoplasmosis dimana penyakit ini dapat berakibat pada perkembangan kehamilan Anda. Penyakit toksoplasmosis ini sendiri disebabkan oleh parasit toxoplasma gondii, merupakan virus yang sangat cepat menyerang terhadap ibu hamil dengan ditandai gejala ringan secara umum seperti flu, mudah merasa lelah, radang tenggorokan, demam, dan hingga terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Tips Memelihara Kucing Saat Hamil

Selain itu, virus toksoplasmosis ini juga sangat berbahaya bagi perkembangan janin dalam kandungan di antaranya bisa menyebabkan keguguran, cacat bawaan, cacat mental, kerusakan pada mata, sistem otak terganggu, dan masalah lainnya yang kemungkinan bisa terjadi. Kucing memang hewan yang sangat lucu dan hampir semua orang menyukainya. Namun jika dilihat resiko yang akan didapatkan sebaiknya ketika Anda dalam masa kehamilan untuk dapat menghindarinya. Karena virus toksoplasmosis bisa ditularkan dari bulu kucing, air liur dan kotorannya.

Jika Anda tetap ingin memelihara kucing ketika hamil berikut ini akan dijelaskan beberapa tips memelihara kucing saat hamil. Adapun tipsnya adalah berikut ini!

Tips Memelihara Kucing Saat Hamil yang Perlu Anda Ketahui

  • Usahakan jangan pernah persentuhan langsung dengan kucing Anda ketika dalam masa kehamilan. Selain itu jika Anda dalam masa kehamilan juga jangan mencoba untuk membersihakan kotoran atau memandikan kucing, lebih baik meminta bantuan orang lain untuk merawatnya.
  • Tips memelihara kucing saat hamil yang perlu diperhatikan adalah makanan kucing peliharaan Anda. Berikan makanan yang terbaik untuk kucing Anda supaya kucing Anda terhindar dari virus toksoplasmosis yang dapat membahayakan kesehatan kehamilan Anda.
  • Ketika Anda hendak memilihara kucing karena bawaan hamil atau ngidam, pilihlah kucing yang tidak berasal dari kucing liar atau lingkungan kotor. Karena kucing yang seperti itu cenderung banyak terserang virus toksoplasmosis karena pola makannya yang sembarangan seperti daging atau ikan busuk, dan tikus. Maka dengan begitu resiko bagi Anda terkena virus toksoplasmosis juga sangat besar dan berakibat pula bagi kesehatan kehamilan Anda.
  • Jauhkan kucing dari lingkungan keluarga seperti tempat bersantai, ruangan kerja hingga kamar tidur. Tempatkan kucing di kandang yang memiliki cukup ventilasi dan memiliki lingkungan yang sehat.
  • Untuk tips yang terakhir adalah usahakan Anda selalu mencuci tangan setiap saat atau setiap setelah melakukan aktivitas apapun, misalnya memberi makan kucing.

Nah itulah beberapa tips memelihara kucing saat hamil. Semoga dengan informasi kali ini bisa membuat Anda semakin berhati-hati dalam menjaga kesehatan ketika dalam masa kehamilan Anda. Baca juga Tips bagi ibu hamil muda.

manfaat kucing untuk ibu hamil - ibu hamil pelihara kucing - Apakah bole- sedang hamil memelihara kucing di rumah - manfaat ketika hamil menelihara kucing - kalo memelihara kucing anggora aman nggak buat bumil - ibu hamil boleh tidak pilihara kucing - hamil sekedar memberi makan kucing bolehkah - cara memelihara kucing di saat ibu kondisi hamil - apakah orang hamil tidak boleh mendekati kucing - apakah bulu kucing harus dihindari ibu ham - tips sehat saat hamil tetap merawat kucing -