Tips Memperlancar Menstruasi Secara Alami

By Categories : Obat

Siklus menstruasi yang dimiliki setiap wanita tidaklah sama, hal itu tergantung dari kondisi hormon seseorang. Namun secara umum siklus menstruasi yang terjadi sekitar 28 hari dari setelah Anda mengalami menstruasi sebelumnya. Selain itu wanita juga banyak mengalami terlambat datang bulan hingga 2-3 bulan sekali, hal itu disebabkan karena beberapa faktor di antaranya karena faktor fisik ataupun karena faktor psikis. Salah satu faktor fisik adalah karena tubuh selalu merasa lelah, kurangnya waktu istirahat sehingga hormon tubuh terus menghasilkan energi tanpa memberikan waktu istirahat bagi tubuh. Sedangkan faktor psikis adalah terlalu sering mengalami stress yang selalu membebankan otak untuk selalu berpikir, maka dengan begitu hormon stres akan membuat kerusakan hormon reproduksi wanita secara langsung yang ditandai dengan berhentinya hormon reproduksi dalam sejenak.

Selain faktor di atas yang dapat membuat wanita terlambat datang bulan juga bisa dikarenakan oleh faktor efek samping dari penyalahgunaan obat-obatan, alkohol dan lain sebagainya. Berikut tentang tipsĀ memperlancar menstruasi secara alami.

lkj

Tips Memperlancar Menstruasi Secara Alami yang Bisa Perlu Anda Ketahui

Hindari Stress dan Aktivitas Berlebihan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai faktor yang dapat menyebabkan terlambat datang bulan adalah stress. Kondisi stress ini bisa dipengaruhi oleh aktivitas yang sangat berlebihan. Oleh karena itu sebaiknya Anda berusaha mengurangi aktivitas berlebihan Anda dan hindari kondisi yang bisa membuat Anda stress, salah satunya dengan cara reflesing atau berlibur. Sehingga dengan begitu siklus menstruasi Anda akan berjalan dengan normal.

Olahraga dan Istirahat Yang Cukup

Salah satu pola hidup sehat adalah dengan selalu menjaga rutinitas olahraga dengan baik. Dengan olahraga selain dapat menjadikan tubuh menjadi sehat dan bugar setiap hari, juga dapat membuat siklus menstruasi menjadi normal. Selain dengan cara berolahraga yang baik juga harus diimbangi dengan porsi istirahat yang cukup dengan begitu kesehatan tubuh Anda akan selalu terjaga.

Banyak Mengonsumsi Buah-buahan

TipsĀ memperlancar menstruasi secara alami yang terakhir adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengadung serat juga sangat baik dalam mengatasi masalah terlambat datang bulan. Karena kandungan serat yang tinggi dapat membantu proses peluruhan pada dinding rahim yang mampu mempercepat siklus menstruasi. Salah satu buah yang banyak mengandung serat adalah pepaya dan mangga. Cukup dengan mengonsumsi buah pepaya kurang lebihnya 250 gram setiap hari dapat membantu memperlancar siklus menstruasi seorang wanita.

Nah itulah beberapa tips memperlancar menstruasi secara alami yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda telah melakukan berbagai cara alami tersebut namun tidak kunjung ada perubahan maka sebaiknya Anda dapat konsultasiĀ ke dokter untuk dapat segera didiagnosa. Karena takutnya terdapat beberapa penyakit yang bersarang di dalam organ reproduksi Anda. Baca juga Penyebab keputihan dan cara mencegahnya