Tips Mencegah Rambut Rontok dan Menyuburkan Rambut Pasca Melahirkan

By Categories : Kesehatan

Rambut rontok pasca melahirkan adalah masalah umum yang harus dihadapi para wanita. Meskipun masih belum ada penjelasan ilmiah yang benar-benar solid mengenai fenomena ini, namun ada sebuah teori yang cukup masuk akal yang mungkin bisa memuaskan rasa penasaran kita terhadap masalah ini. Bisa jadi mengetahui penyebab fenomena ini juga akan memudahkan kita dalam menemukan cara untuk mencegah rambut rontok dan menyuburkan rambut pasca melahirkan. Dan teori tersebut mengatakan bahwa sebenarnya rontoknya rambut setelah melahirkan merupakan akumulasi dari kerontokan rambut selama masa kehamilan. Masih bingung? Mari ikuti penjelasan berikut.Mencegah Rambut Rontok dan Menyuburkan Rambut

So, pada dasarnya, setiap helai rambut yang kita miliki memiliki umur atau masa aktif. Jadi selama kurun waktu tertentu, rambut kita akan rontok dan digantikan dengan tumbuhnya rambut yang baru. Itu normal. Dan selama 9 bulan masa kehamilan, tubuh kita memproduksi hormone yang sangat banyak dan berlebih, sehingga menunda kerontokan rambut yang seharusnya terjadi. Dan setelah kita melahirkan, produksi hormone akan kembali ke level normal sehingga rambut yang tadinya “tertunda” kerontokannya pun akan secara serentak mulai berjatuhan. Jadi jika Anda saat ini mengalami masalah kerontokan pasca kelahiran, hendaknya jangan panic sebab hal tersebut adalah sesuatu yang lumrah dan normal terjadi. Dan faktanya, rambut Anda tidak akan habis hanya karena masalah tersebut. Baca juga Cara mengatasi rambut rontok secara alami.

Dan meskipun dalam waktu 5-6 bulan, kerontokan rambut akan kembali ke siklus semula, namun sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah rambut rontok dan menyuburkan rambut pasca kelahiran. Dan berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut:

Langkah #1: Jangan terlalu sering mengikat rambut Anda selama proses kehamilan hingga melahirkan. Ini penting sebab terlalu sering mengikat rambut apalagi jika terlalu erat dapat memicu rontoknya rambut dari akar.

Langkah #2: Perbanyak mengonsumsi makanan ber-vitamin dan mengandung banyak gizi. Pastikan Anda memiliki sayuran dan buah-buahan dalam menu makanan sehari-hari, terutama yang mengandung vitamin E, untuk menguatkan akar rambut.

Langkah #3: Senantiasa bersihkan rambut dan gunakan shampoo yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Ada banyak jenis shampoo beredar di pasaran, namun untuk menjaga keutuhan rambut Anda sebaiknya pilihlah yang mengandung biotin atau silica.

Langkah #4: Hindari menggunakan sisir yang terlalu rapat. Alih-alih gunakan sisir yang berjarak lebih lebar agar tidak memberikan tekanan yang tidak perlu pada rambut Anda.

Langkah #5: Sebisa mungkin hindari penggunaan produk-produk atau alat kecantikan pada rambut Anda, seperti hairspray, hairdryer, catok, dan lain sebagainya. Intinya, biarkan rambut Anda beristirahat lebih banyak selama masa kehamilan hingga melahirkan untuk mencegah rambut rontok dan menyuburkan rambut.

Langkah #6: Umumnya wanita akan lebih mudah merasa stres dan depresi selama masa kehamilan dan menjelang kelahiran. Sebisa mungkin hindari rasa stres dan tetaplah berpikir positif sebab stress dapat memicu ketidak-stabilan hormone yang dapat merangsang kerontokan rambut, serta juga dapat menggangu kesehatan Anda dan bayi nantinya.

Cara Menyuburkan Rambut Secara Alami

Minyak zaitun

Sudah menjadi rahasia umum jika minyak zaitun merupakan salah satu bahan alami yang memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut. Hal ini dikarenakan minyak alami ini kaya akan zat baik untuk mengatasi masalah rambut. Tak hanya dapat menyuburkan saja, minyak zaitun juga dapat mengatasi ketombe dan menjaga rambut tetap sehat. Caranya, oleskan beberapa tetes minyak zaitun pada kulit kepala yang sudah dicuci. Pijat secara perlahan dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, Anda bisa mencucinya hingga bersih.

Minyak kemiri

Tak hanya minyak zaitun, minyak kemiri juga merupakan minyak alami yang dapat digunakan untuk memperbaiki dan memperkuat rambut. Minyak kemiri dapat membantu akar rambut agar tetap kuat dan tidak mudah rontok. Sebaiknya lakukanlah perawatan ini sebelum keramas agar baunya tidak terlalu menyengat.

Lidah buaya

Cara mencegah rambut rontok dan menyuburkan rambut selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Biasanya lidah buaya dimanfaatkan sebagai obat penyakit kulit alami. Namun tak hanya itu saja manfaat lidah buaya, bahan alami yang satu ini mengandung tonik yang sangat baik dalam memberi nutrisi pada akar rambut. Caranya, oleskan gel lidah buaya pada kulit kepala. Pijat secara perlahan dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dengan shampoo hingga bersih.

Seledri

Seledri juga memiliki beberapa kandungan dan zat baik untuk menjaga kesehatan rambut, seperti vitamin A, vitamin B, kalsium, natrium dan juga zat besi. Beberapa kandungan tersebut mampu menyuburkan rambut dan membuat pertumbuhan rambut lebih sehat, kuat dan berkilau.

Kulit apel

Siapa bilang buahnya saja yang kaya akan manfaat, kulit apel juga memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kecantikan rambut. Caranya haluskan kulit apel lalu oleskan pada rambut selama 10 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

menyuburkan rambut setelah melahirkan - rambut rontok pasca melahirkan - menyuburkan rambut setelah melahirkan - menyuburkan rambut setelah melahirkan -