Tips Mengatasi Anak Susah Makan

By Categories : Kesehatan

Ketika anak sudah mulai berusia 6 bulan, maka wajib bagi para orang tua memperkenalkan mereka pada makanan. Beberapa makanan yang dapat mereka konsumsi adalah bubur dan berbagai variasi nasi tim. Biasanya, di awal-awal mereka sangat lahap dan antusias ketika makan. Akan tetapi seiring dengan berjalannya usia membuat mereka mulai kehilangan nafsu makan mereka. Hal ini tentu saja membuat para orang tua khawatir. Ini dikarenakan makanan sangat penting bagi tumbuh dan kembang si kecil. Jika Anda sedang berada pada situasi ini, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan. Berikut adalah tips mengatasi anak susah makan.

tips mengatasi anak susah makan

Cara mengatasi anak susah makan

Memahami selera makan si kecil

Tips mengatasi anak susah makan yang pertama adalah pastikan Anda memahami selera makan si kecil dengan cara mengetahui apa saja makanan yang ia sukai dan pastikan makanan yang ia sukai mengandung vitamin dan nutrisi yang baik bagi kesehatannya. Jangan sekali-kali memaksa si kecil untuk makan bila mereka tidak lapar, karena hal ini justru akan membuat mereka semakin tidak mau makan.

Membuat makanan yang menarik

Tips yang kedua adalah dengan cara membuat makanan yang menarik. Seorang anak-anak pasti sangat menyukai makanan yang berbentuk benda kesukaannya. Oleh karena itu, Anda dapat mendesain makanan yang akan Anda berikan kepada si kecil agar terlihat lebih unik dan menarik. Dan jangan lupa untuk memberikan sayuran yang berwarna cerah. Hal tersebut dapat membantu anak untuk membangkitkan selera makan mereka.

Cipatakan suasana yang menyenangkan

Menciptakan suasana yang menyenangkan juga merupakan tips mengatasi anak susah makan yang paling efektif. Hindari menghukum, menakut-nakuti dan juga mengancam saat jam makan tiba. Hal ini justru akan membuat mereka berfikir bahwa jam makan adalah hal yang sangat tidak menyenangkan. Tak hanya itu saja hal tersebut juga dapat mengganggu psikologis anak.

Sajikan makanan variasi baru

Tips mengatasi anak susah makan selanjutnya adalah selalu menyajikan makanan variasi baru. Hal ini dikarenakan seorang anak akan lebih tertarik dan menyukai sesuatu baru yang belum pernah dirasakannya. Oleh karena itu Anda dapat menyajikan makanan dengan variasi baru. Akan tetapi, jangan sampai Anda memberikannya makanan cepat saji. Makanan cepat saji atau makanan olahan justru akan menghambat penyerapan nutrisi pada anak.

Libatkan si kecil saat menyiapkan makanan

Secara psikologis melibatkan si kecil dalam menyiapkan makanan akan membuat mereka lebih merasa memiliki dan nyaman dengan makanan yang mereka siapkan. Tak hanya itu saja, ketika Anda melibatkan si kecil saat memasak dan menyiapkan makanan ini akan dapat dijadikan contoh bagi mereka. Bila orang tuanya mengonsumsi makanan sehat, maka si kecil pun akan mencontoh pola makan yang Anda terapkan.

Nah itulah beberapa tips mengatasi anak susah makan. Baca juga artikel mengenai Makanan untuk kecerdasan otak anak.