Tips Mengatasi Ketombe Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Setiap orang tentu saja mengharapkan memiliki rambut yang sehat dan hitam berkilau, namun tidak sedikit dari merek tidak bisa mendapatkannya karena gangguan masalah ketombe pada kulit kepala. Ketombe itu sendiri merupakan pengelupasan kulit kepala yang berasal dari sel-sel kulit mati pada kepala. Selain itu ketombe bukanlah organisme namun ketombe hanyalah sel kulit mati yang mengalami pengelupasan, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya karena terkena paparan sinar matahari secara langsung dan akibat salah menngunakan produk shampoo.

Ketombe merupakan salah satu proses alami yang terjadi pada kulit kepala yaitu pergantian sel kulit mati dengan sel kulit yang baru. Tapi jika terjadi secara berlebihan maka kondisi ini sangatlah mengganggu dan inilah yang dikenal dengan ketombe. Biasanya ketombe ini disertai rasa gatal yang luar biasa pada kulit kepala. Kebanyakan orang secara tidak sadar menggaruknya hingga lecet dan dampak pada iritasi kulit yang bisa membuat kondisi rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.

Tips Mengatasi Ketombe Secara Alami

Nah, jika Anda mengalami masalah ketombe maka perlu sekali Anda mengetahui cara untuk mengatasinya. Untuk menghilangkan ketombe Anda bisa menggunakan cara yang alami karena dengan menggunakan bahan alami hasilnya pun jauh lebih bagus dibandingkan dengan menggunakan bahan kimia yang memiliki banyak efek samping.

Berikut Tips Mengatasi Ketombe Secara Alami

Lidah Buaya

Bahan alami yang satu ini memang telah terbukti khasiatnya dalam hal kecantikan rambut. Selaian dapat melebatkan rambut lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatasi masalah ketombe pada kulit kepala. Adapun caranya hanya dengan mengoleskan gel lidah buaya secara merata pada kulit kepala Anda, lalu diamkan 15 menit. Setelah itu Anda bilas dengan menggunakan air bersih.

Jeruk Nipis

Tips mengatasi ketombe secara alami selanjutnya adalah dengan jeruk nipis. Jeruk nipis juga dipercaya bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit kepala berketombe. Caranya pun cukup mudah sama dengan seperti menggunakan lidah buaya yaitu dengan mengoleskan jeruk nipis pada kulit kepala hingga merata dan sambil memijit-mijit sampai air jeruk benar-benar meresap dalam pori-pori kulit kepala yang sedikit akan menimbulkan rasa perih. Setalah itu diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

Minyak Kelapa

Bahan alami untuk mengatasi masalah kulit berketombe dengan menggunakan minyak kelapa memang sudah banyak dilakukan oleh nenek moyang kita dari dahulu kala hingga sekarang ini. Caranya hanya dengan mengoleskan minyak kelapa pertahap sampai merata dan setelah satu jam didiamkan baru Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih.

Minyak Zaitun

Tips mengatasi ketombe secara alami yang terakhir adalah dengan minyak zaitun. Selain menggunakan miyak kelapa, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi masalah ketombe pada kulit kepala. Carannya sama seperti menggunakan minyak kelapa yang sudah dijelaskan di atas.

Nah itulah tips mengatasi ketombe secara alami Baca juga artikel tentang Bahan alami penyubur rambut.