Tips Mengatasi Nyeri Pinggang Saat Hamil yang Tepat

By Categories : Kesehatan

Tips mengatasi nyeri pinggang saat hamil paling banyak ditanyakan oleh ibu hamil. Sebab hal ini memang sering dialami para kaum hawa ketika sedang mengandung. Nah apakah Anda sering mengalami hal ini? Jika iya, simak saja ulasan berikut ini untuk mengetahui cara yang tepat mengatasinya.

Hamil adalah salah satu moment paling istimewa dalam sebuah keluarga. Sebab memiliki buah hati dapat membuat keluarga semakin lengkap dan bahagia. Namun perlu diketahui, meskipun kehamilan memang sangat membahagiakan, tapi kadangkala ibu hamil juga sering mengalami beberapa hal yang sangat tidak nyaman. Salah satu hal yang sering dikeluhkan ibu hamil adalah nyeri pinggang dan badan terasa tak enak.

Lantas apa yang menjadi penyebab  nyeri pinggang pada ibu hamil? Perlu diketahui bahwa ibu hamil akan mengalami pembesaran rahim yang akan menimbulkan peregangan dari otot-otot tubuh. mulai dari pangkal paha, pinggang, perut dan sepanjang tulang punggung. Peregangan tersebut merupakan hal wajar sebagai salah satu tanda bahwa tubuh mempersiapkan ruang yang cukup luas untuk bertumbuhnya janin dan rahim.

Namun seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi hal ini menyebabkan keseimbangan tubuh ibu semakin terganggu. Maka hangan heran jika ibu hamil berjalan ia sering mencondongkan tubuh ke arah belakang. Namun sebaiknya Anda menghindari kebiasaan ini, karena dapat membuat rasa nyeri di bagian pinggang.tips-mengatasi-nyeri-pinggang-saat-hamil

Cara Mengatasi Nyeri Pinggang Saat Hamil yang Tepat

Perhatikan Posisi Berdiri dan Duduk

Tips yang pertama adalah dengan memperhatikan posisi berdiri dan duduk. Bagi ibu hamil yang bekerja dengan posisi lebih banyak berdiri, sebaiknya pertahankan posisi sikap berdiri dengan tegak, punggung lurus dan sejajar bahu dan pastikan jangan membungkuk atau melengkungkan punggung ke arah belakang. Hindari pula posisi berdiri terus menerus selama 6 jam.

Jika kerja lebih sering duduk, pastikan tulang pungggung Anda berada posisi sejajar dengan sandaran kursi dan kedua kaki menapak pada lantai. Jangan lupa pula untuk selalu memperbaiki posisi duduk setiap beberapa saat. Jika perlu, Anda bisa menggunakan bantal tipis untuk mengganjal bagian punggung Anda. Cara ini merupakan cara paling efektif untuk mengatasi nyeri pinggang saat hamil.

Baca juga penyebab kram perut saat hamil dan cara mengatasinya

Lakukan Senam Ringan

Saat istirahat kerja, lakukanlah senam atau peregangan ringan untuk merileksasikan otot-otot leher, punggung dan pinggang. Caranya pun sangat mudah, yaitu Anda bisa menarik napas panjang dan dalam lalu hembuskan secara perlahan melalui mulut. Lakukan hal ini secara teratur setiap harinya jika Anda mengalami nyeri ataupun sakit pada bagian tubuh, terutama pinggang.

Mandi dengan Air Hangat

Cara selanjutnya adalah mandi dengan air hangat. Mandi air hangat sangat efektif untuk merilekskan tubuh yang tegang. Anda bisa mandi ataupun berendam dengan air hangat yang sudah dicampurkan dengan garam. Jangan lupa untuk melakukan pijatan ringan pada daerah pinggang dan sepanjang tulang belakang punggung dengan arah gerakan melingkar.

Selalu Jaga Keseimbangan

Tips mengatasi nyeri pinggang saat hamil selanjutnya adalah dengan selalu menjaga keseimbangan. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, ketika usia kehamilan semakin tua maka keseimbangan ibu pun akan terganggu. Oleh karena itu pastikan Anda selalu menjaga keseimbangan tubuh baik ketika berjalanan ataupun ketika mengambil barang.

Jika ingin melakukan gerakan membungkuk untuk mengambil sesuatu di lantai maka posisikan tubuh dengan berdiri tegak lalu tekuk salah satu lutut dan pertahankan punggung agar tetap lurus lalu pelan-pelan lenturkan punggung ke arah depan. Pada saat berdiri lakukanlah dengan hati-hati agar keseimbangan tetap terjaga. Hal ini bertujuan agar nyeri pinggang yang Anda alami tidak terlalu parah.

Perhatikan Posisi Tidur

Ibu hamil juga harus memperhatikan posisi tidur yang tepat. Posisi tidur untuk ibu hamil yang tepat adalah posisi tidur miring ke arah kiri. Posisi tidur ini sangat baik untuk memperlancar peredaran darah dari ibu ke bayi. Anda juga bisa mengganjal kedua kaki dengan bantal tipis yang diletakkan di antara kedua lutut.

Lakukan Olahraga

Siapa bilang ibu hamil tidak boleh olahraga? Justru ibu hamil diharuskan untuk olahraga. Namun olahraga yang harus dilakukan pun hanya sekedar olahraga ringan dan tidak terlalu berat seperti senam untuk ibu hamil atau hanya sekedar berjalan kaki. Selain dapat mengatasi sakit pinggang, olahraga ini juga baik untuk melancarkan persalinan.

Baca juga gerakan senam ibu hamil untuk melancarkan persalinan

Nah itulah  beberapa tips mengatasi nyeri pinggang  saat hamil. Jika nyeri sangat menganggu aktivitas atau ibu hamil pernah memiliki riwayat sakit punggung akibat terjatuh sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter ataupun bidan yang merawat Anda

loading...