Tips Menghilangkan Bau Kaki Yang Tak Sedap

By Categories : Tips Perawatan

Bau Kaki yang tak sedap adalah masalah yang paling umum yang di hadapi sebagian orang yang aktifitasnya diluar rumah yang memakai sepatu. Apalagi ketika kita melepas sepatu dan tercium aroma yang tak sedap, kadang bikin malu sendiri. Penyebab bau kaki yang kurang sedap disebabkan karena bromhidrosis dan hiperhidrosis. Bromhidrosis adalah sekelompok bakteri yang ada didalam tubuh yang dapat menyebabkan bau tak sedap. Hiperhidrosis adalah suatu masalah produksi keringat yang berlebihan. Kerana tubuh kita memproduksi keringat untuk menyimbangkan suhu tubuh kita. Tapi ketika keringat berlebihan di kaki sehingga kaki menjadi lembab dan menimbulkan bau tak sedap. Isovaleric acid terbentuk karena bertemunya antara bakteri dan keringat (pada kaki) kemudian bercampur. Nah, tercampurnya bakteri dangan keringat berlebihan ini lah yang menimbulkan bau kaki yang tak sedap. sebaiknya lakukan perawatan yang tepat agar terhindar dari bau kaki yang tak sedap.

cara-menghilangkan-bau-kaki

Kebiasaan Sederhana Yang Dapat Menghilangkan Bau Kaki Yang Tak Sedap
– Sebaiknya cuci kaki setiap hari, bisa menggunakan sabun khusus untuk antibakteri, untuk mengurangi timbulnya infeksi pada kulit yaitu kutu air yang disebabkan oleh bakteri dan lecet bisa dikarenakan karena pemakaian sepatu yang terlalu lama.
– Menjaga kebersihan sepatu dengan cara mencucinya, Sepatu yang jarang di cuci akan menjadi sarang bakteri.
– Gunakan sepatu yang sesuai dengan ukuran, jangan menggunakan sepatu terlalu kecil, karena dapat mengakibatkan kaki lecet jika pemakaian terlalu lama.
– Pilih kaos kaki dari bahan yang mudah menyerap keringat. Dan lakukan penggantian kaos kaki dilakukan secara continue
– Sebelum memakai kaos kaki sebaiknya kaki dalam keadaan kering, agar tidak terjadi pelembaban.
Selain memperhatikan dari kebiasaan sederhana yang dapat menghilangkan bau kaki yang tak sedap ada beberapa faktor lain yang juga dapat mempengaruhi bau kaki yang tak sedap. Kerana bau kaki itu sendiri dapat mempengaruhi rasa percaya diri seseorang.

Faktor Penyebab Bau Kaki Yang Tak Sedap
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi bau kaki yang tak sedap yaitu 1. Cantengan, ini disebabkan karena pemotongan kuku pada kaki terlalu dalam/pendek, sehingga dapat menimbulkan pembengkakan pada area kuku, dari pembengkakan ini dapat menimbulkan rasa sakit dan bau yang tidak sedap. Cantengan biasanya terjadi di bagian jempol kaki, jempol kaki yang terkena cantengan akan mengeluarkan nanah, jika memakai kaos kaki dan sepatu akan mengalami kelembaban dan bau yang tak sedap. Lakukan pemotongan kuku pada kaki harus dilakukan dengan hati-hati apa lagi di area jempol kaki sehingga tidak mengalami pembengkakan/cantengan pada kaki. 2. Kuku kaki Yang Panjang, Kuku kaki yang panjang dan kotor sebagai sarang bakteri dan kuman yang nantinya dapat menyebabkan penyakit. Bau kaki yang tak sedap juga di sebabkan dari kotoran kuku yang tak pernah dibersihkan dan dipotong. Lakukan pemotongan kuku pada kaki sehingga terhindar dari bau kaki yang tak sedap.

Tips menghilangkan bau kaki yang tak sedap
1. Rendam kaki menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam. Fungsi dari garam sendiri untuk mengontrol keringat yang berlebihan. Saat kaki di rendam dengan air hangat yang di campur dengan garam, kaki sambil di gosok dengan menggunakan batu apung, yang tujuan untuk membantu menghilangkan/menyingkirkan kulit mati dan infeksi jamur pada kaki.
2. Selain menggunakan garam kita juga dapat menggunakan air cuka yang di campur dengan air hangat, rendamlah kaki didalamnya.
3. Menggunakan teh hijau yaitu teh hijau di campur dengan air hangat , masukan kaki anda kedalam rendaman tadi.
4. Antiperspirant adalah salah satu obat yang terbaik untuk mengontrol jumlah keringat, sehingga tidak berlebihan. Keringat berlebihan pada kaki dapat mengakibatkan kelembaban. Ketika menggunakan deodoran yang dipakai di ketiak kaki, sebaiknya sebelum tidur bersihkan sia-sia deodorannya
5. Rendam kaki menggunakan perasaan jeruk nipis. Selain membantu menghilangkan bau tak sedap jeruk nipis juga dapat menyembuhkan infeksi yang di sebabkan oleh jamur. Sebaiknya gunakan rendaman air hangat dan campuran jeruk nipis dilakukan secara rutin untuk memperoleh hasil yang maxsimal.
6. Dengan menggunakan daun mint yaitu dengan cara daun mint ditumbuk hingga halus kemudian masukan tumbukan daun mint ke dalam sepatu. Daun mint sendiri berfungsi untuk menyerap bau tak sedap.
7. Menggunakan baking soda caranya dengan menaburkan baking soda ke dalam sepatu atau kaki.

Loading...
cara mensmoting rambut yg lurus -