Tips Mengobati Amandel Secara Alami Tanpa Operasi

By Categories : Obat

Amandel adalah salah satu jenis penyakit yang terletak di rongga bagian belakang tenggorokan. Selain itu amandel juga sering disebut dengan pembengkakan atau peradangan pada rongga tenggorokan yang disebabkan oleh virus atau bakteri yang masuk melalui saluran pernapasan. Kondisi ini tentu saja akan membuat penderitanya menjadi tidak nyaman karena selain rasa sakit yang diakibatkan dari peradangan atau pembengkakan, penderita amandel juga tidak disarankan untuk mengosumsi makanan yang bertekstur kasar.

Tips Mengobati Amandel

Hal yang perlu Anda ketahui, adapun gejala terjadinya amandel antara lain adalah tenggorokan terasa sakit dan sulit untuk menelan makanan, leher terasa kaku, sakit kepala, dan lain sebagainya. Jika Anda mengalami gejala seperti yang dijelaskan tadi maka Anda perlu untuk segera memeriksakan sebelum kondisinya semakin parah. Sebenarnya untuk mengatasi atau mengobati penyakit amandel bisa dilakukan dengan berbagaia cara di antaranya dengan mengobati dengan cara alami seperti yang akan dijelaskan berikut ini!

Tips Mengobati Amandel Tanpa Operasi

  • Banyak Istirahat

Cara ini memang terdengar remeh namun cara alami yang pertama ini sangat berperan penting untuk mengatasi masalah amandel yaitu dengan banyak melakukan istirahat. Dengan banyak istirahat, akan dapat membantu proses penyembuhan. Usahakan bagi Anda yang memiliki masalah entah penyakit apapun itu untuk dapat melakukan istirahat di siang hari beberapa jam, dan istirahat dimalam hari tidak kurang dari 8 jam.

  • Air Garam

Mengatasi amandel dengan cara alami, Anda juga bisa menggunakan air larutan garam. Air garam memang sudah sangat terkenal sebagai obat untuk mengatasi gusi bengkak dan sakit gigi. Namun selain itu larutan garam juga sangat efektif untuk mengatasi masalah amandel secara cepat. Cukup dengan mencampurkan satu sendok garam ke dalam satu gelas air hangat. Setelah itu Anda gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur, lakukan setiap pagi hari untuk hasil yang maksimal.

  • Kapur Sirih dan Jeruk Nipis

Bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati amandel adalah kapur sirih dan jeruk nipis. Caranya pun cukup mudah yaitu hanya dengan menyiapkan dua jeruk nipis dan setengah sendok kapur sirih. Setelah itu peras 2 jeruk nipis dan campurkan dengan kapur sirih aduk hingga rata, lalu konsumsi tiga kali sehari.

  • Akar Alang- Alang

Radang amandel juga bisa diobati dengan menggunakan akar alang-alang. Caranya pun cukup mudah hanya dengan merebus akar alang-alang dengan 4 gelas air dan air hasil rebusan tersebut bisa Anda gunakan untuk berkumur dan ingat tidak untuk di konsumsi.

Nah itulah penjelasan mengenai tips mengobati amandel secara alami tanpa operasi. Baca juga artikel tentang Penyebab dan cara mengobati sakit gigi.