Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Kebutaan

By Categories : Kesehatan

Tips menjaga kesehatan mata merupakan salah satu hal yang penting diketahui oleh banyak orang. Dengan begitu mata akan lebih terjaga kesehatannya dan terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan mata, salah satunya yaitu kebutaan.

Seperti yang kita ketahui mata merupakan salah satu organ tubuh manusia yang memiliki fungsi sangat penting dalam kehidupan setiap orang. Dengan mata yang sehat pastinya dapat melihat alam dan ciptaan – Nya yang sangat indah. Bagi Anda yang tidak pernah mempunyai masalah penglihatan mungkin Anda tidak akan memberikan perhatian yang lebih terhadap kesehatan mata. Dan bahkan Anda pun tidak akan menyadari jikalau ada perubahan yang terjadi pada mata seiring dengan bertambahnya usia.tips menjaga kesehatan mata agar tetap sehat

Sama seperti penuaan yang terjadi pada kulit, faktor usia memang tidak bisa dicecgah. Akan tetapi kerusakan mata tersebut juga tidak hanya disebabkan oleh usia saja. Umumnya ada beberapa hal yang menyebabkan masalah pada mata, mulai dari terlalu sering menatap layar handphone ataupun laptop, membaca buku dalam pencahayaan redup, mengonsumsi makanan tidak sehat dan kaya pengawet dan masih banyak lagi.

Untungnya, masalah pada mata dapat dicegah dengan beberapa cara sederhana seperti mengenakan kacamata hitam, tidak menatap paparan sinar matahari secara langsung serta mengonsumsi buah dan sayur. Beberapa hal tersebut sangat efektif untuk melindungi penglihatan Anda. Namun tak hanya itu saja, Anda juga harus menerapkan beberapa tips agar mata selalu sehat dari tahun ke tahun. Apa saja tips tersebut? simak ulasan berikut ini.

Inilah Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Benar dan Tepat

Melakukan Pemeriksaan Mata

Yang pertama adalah dengan melakukan pemeriksaan mata. Pemeriksaan mata yang dilakukan sangat berguna untuk mengetahui apakah ada masalah pada mata atau tidak. Hal ini juga merupakan satu-satunya cara untuk mengantisipasi masalah kesehatan pada mata. Umumnya ada beberapa jadwal pemeriksaan yang sebaiknya dilakukan, yaitu:

Baca juga makanan yang baik untuk kesehatan mata

Usia 40 tahun     : pemeriksaan dasar mata

Usia 40 – 55         : pemeriksaan mata setiap dua hingga 4 tahun sekali

Usia 55 – 64         : pemeriksaan mata setiap satu sampai tiga tahun sekali

Usia 65 keatas     : pemeriksaan mata setiap tahun.

Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Pastinya Anda sudah mengetahui jika apa yang sudah Anda makan akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh, salah satunya yaitu mata. Kata dokter mata di Nashville Vision Associates di Tennessee dan juru bicara American Academy of Ophthalmology, Rebecca Taylor, M.D bahwa makanan sehat bergizi seperti sayuran berdaun hijau gelap terbukti dapat membantu mengurangi risiko seseorang terkena penyakit mata.

Sayuran hijau seperti bayam ataupun kangkung kaya akan nutrisi lutein dan zeaxanthin. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi sayuran berwarna cerah seperti wortel dan lainnya. Kandungan vitamin A  di dalamnya mampu melindungi mata dari segala macam penyakit.

Hindari dan Stop Merokok

Sebagian besar orang menganggap merokok adalah hal yang menyenangkan dan dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Namun perlu diketahui bahwa merokok yang Anda lakukan dapat menyebabkan masalah mata di kemudian hari.  Ketika Anda merokok, racun dari asap akan masuk ke aliran darah dan hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan mata.

Seperti katarak, mata menjadi kering dan juga degenerasi makula.  Oleh karena itu pastikan Anda menerapkan tips menjaga kesehatan mata yang satu ini agar mata tetap sehat meskipun usia sudah tak muda lagi.tips menjaga kesehatan mata

Gunakan Tabir Surya dan Kacamata Hitam

Ketika Anda memiliki banyak aktivitas luar ruangan, Taylor merekomendasikan dua perlindungan untuk mata yaitu kacamata hitam dan tabir surya. Jika dibandingkan dengankulit lainnya, kulit di sekitar mata adalah kulit yang paling tipis dan rentan terhadap radiasi sinar UV.  Jika sekitar mata sering terpapar sinar matahari tersebut,  maka akan dapat menyebabkan kanker kulit. Hal ini tentu saja juga dapat menyebabkan kerusakan besar pada struktur mata.

Hindari Menatap Komputer Terlalu Lama

Tips selanjutnya adalah dengan cara menghindari menatap layar komputer terlalu lama. Terlalu lama menatap layar komputer ataupun smartphone dalam setiap harinya dapat menyebabkan mata menjadi lebih kering.

Jika memang sudah menjadi rutinitas kerja, pastikan Anda selalu mengalihkan mata atau berkedip dalam setiap menitnya untuk mengurangi radiasi layar Atau Anda juga bisa mengurangi pencahayaan pada komputer ataupun smartphone yang Anda gunakan.

Baca juga menjaga kesehatan mata di depan komputer

Menerapkan Pola dan Gaya Hidup Sehat

Selain karena faktor usia, penyebab masalah kesehatan juga seringkali pola dan gaya hidup yang tidak sehat. Kedua hal tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti diabetes. Dan tahukah Anda bahwa diabetes merupakan penyebab utama kebutaan di Amerika Serikat. Hampir semua pasien dengan diabetes tipe 1 mengalami kondisi yang satu ini. sedangkan diabetes tipe 2 sekitar 60 persen.

Demikianlah ulasan mengenai tips menjaga kesehatan mata agar tetap sehat dan terhindar dari kebutaan.

Loading...
sayuran yang bisa menjaga mata agar tidak lesuh -