Tips Menjaga Kesehatan Pankreas

By Categories : Kesehatan

Dibandingkan dengan organ tubuh lainnya, pankreas seringkali dianak tirikan. Banyak orang fokus pada menjaga kesehatan jantung, hati, paru-paru, dan lain-lain, namun mereka sama sekali tidak memberikan perhatian yang sama pada pankreas. Padahal faktanya, pankreas memiliki peran yang tidak kalah penting dibandingkan dengan organ dalam lainnya, yakni sebagai organ yang memproduksi berbagai macam hormone penting seperti insulin, polypeptide, somatostatin, dan glucagon. Menjaga kesehatan pankreas sangatlah penting sebab gangguan pada pankreas dapat menyebabkan demam, rasa nyeri/sakit, bahkan diare.

Tips Menjaga Kesehatan Pankreas
Untuk menjaga kesehatan pankreas pun sebenarnya mudah. Anda tidak perlu membeli produk-produk atau obat-obatan tertentu. Bahkan tidak diperlukan terapi klinis apapun untuk itu. Anda bisa menjaga kesehatan pankreas hanya dengan mengkonsumsi buah-buahan tertentu. Ingin tahu buah apa saja yang penting bagi kesehatan pankreas kita? Berikut daftarnya.

– Bawang Putih: Satu dari keluarga bawang-bawangan ini terbukti mengandung banyak zat dan bahan penting bagi kesehatan pankreas seperti selenium, arginine, sulfur, dan flavonoid yang dapat mencegah kanker pankreas. Selain itu bawang putih juga mengandung antioksidan penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

– Bayam: Telah dikonfirmasikan melalu berbagai konferensi medis tingkat dunia dan para ahli sepakat bahwa bayam mengangung banyak zat aktif yang dapat menjaga kesehatan pankreas serta mengurangi resiko penyakit kanker pankreas.

– Yoghurt: Produk olahan susu ini ternyata kaya akan kandungan probiotik yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan bakteri penting di dalam tubuh. Keberadaan bakteri baik di dalam yoghurt ini nantinya akan membantu tugas dan fungsi pankreas, serta di saat yang bersamaan menjauhkan kita dari penyakit pankreas yang senantiasa mengintai.

– Cherry: Selain rasanya yang lezat dan bentuknya yang cantik, ternyata cherry menyimpan segudang manfaat bagi tubuh kita. Perlu Anda ketahui bahwa Cherry ternyata memiliki kandungan antioksidan yang tinggi setara dengan anggur, yang sangat penting untuk menjauhkan pankreas kita dari resiko kanker dan penyakit akut lainnya.

– Brokoli: Banyak orang tidak menyukai brokoli karena rasa dan bentuknya yang aneh. Namun mereka tidak sadar bahwa sesungguhnya brokoli sangat penting untuk menjaga kesehatan pankreas karena sayuran ini memiliki kandungan Flavonoid yang berfungsi untuk melindungi jaringan pankreas. Selain itu brokoli juga menjadi sumber bermacam-macam gizi dan vitamin penting untuk kesehatan tubuh.

– Anggur Merah: Anggur merah sangatlah enak dan lezat bahkan tak jarang orang rela membayar mahal hanya demi bisa menikmati buah para raja tersebut. Dan dibalik keanggunan serta kelezatan yang dimilikinya, anggur merah ternyata menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan kita. Salah satunya adalah karena kandungan Resveratrol dan antioksidan yang terdapat didalamnya. Zat tersebut dapat membaut menjaga kesehatan pankreas serta membunuh sel serta agen kanker di jaringan pankreas.

buah yang baik untuk pankreas - cara menjaga kesehatan pankreas - cara menjaga pankreas - olahraga menyehatkan pankreas - buah penguat kandungan alami -