Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru dan Jantung

By Categories : Kesehatan

Paru-paru dan jantung merupakan 2 dari beberapa organ vital dalam tubuh. Paru-paru berfungsi sebagai alat pernapasan serta juga sebagai penyuplai kadar oksigen yang dibutuhkan tubuh untuk proses regenerasi. Sedangkan jantung berperan sebagai pemompa darah dari dan ke seluruh tubuh, dengan fungsi darah salah satunya adalah untuk mendistribusikan kadar oksigen ke seluruh tubuh. Sebagai organ vital, sangatlah penting bagi siapapun untuk senantiasa menjaga kesehatan paru-paru dan jantung. Ada banyak tips menjaga kesehatan paru-paru dan jantung, mulai dari metode alami hingga modern. Bagi Anda yang menginginkan segalanya serba alami, Anda bisa mencoba tips menjaga kesehatan paru-paru dan jantung secara alami di bawah ini.

Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru dan Jantung
Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut para ahli kesehatan dan jantung, salah satu zat yang berperan penting dalam pembentukan serta penyokong tugas jantung adalah Omega 3. Asam lemak Omega 3 dibutuhkan sebagai penyeimbang dari timbunan kadar lemak jahat dalam tubuh yang senantiasa menjadi penyebab utama berbagai masalah jantung. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh timbunan lemak jahat ialah stroke, serangan jantung, dan banyak lagi.

Hal tersebut terjadi karena tingginya kadar kolesterol dalam darah. Lemak yang terbawa oleh darah lambat laun akan mengendap dan menyumbat pembuluh darah, menyebabkan gangguan pada fungsi jantung. Dan dengan diberikannya suplai asam lemak Omega 3 dalam tubuh akan membantu mengikis timbunan lemak tersebut dan menjaga kesehatan jantung beserta pembuluh darah dalam tubuh.

Ada pun jenis makanan yang merupakan sumber Omega 3 diantaranya adalah alpukat dan almond. Kedua jenis buah dan kacang-kacangan tersebut sangat mudah ditemukan dan rasanya pun lumayan lezat. Selain itu, sumber Omega 3 lainnya yang patut Anda pertimbangkan untuk menjaga kesehatan jantung adalah salmon dan sarden.

Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Salah satu hal penting yang secara efektif dapat menjaga kesehatan paru-paru adalah antioksidan. Antioksidan berperan penting untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas dan racun yang dapat mengganggu kesehatan paru-paru. Dan dalam porsi yang tepat zat tersebut juga dapat membantu memperbaiki serta menjaga fungsi paru-paru.

Beberapa jenis mineral juga sangat efektif untuk meningkatkan fungsi paru-paru seperti kalium, natrium, dan juga magnesium. Zat-zat tersebut bisa kita temukan pada berbagai jenis sayuran, terutama sayuran hijau. Jadi, sebagai awal kampanye Anda untuk menjaga kesehatan paru-paru, Anda bisa melakukannya dengan memperbanyak kadar konsumsi sayuran hijau. Tidak perlu mahal, beberapa jenis sayuran hijau seperti bayam dan sawi hijau dapat menjadi sumber mineral yang penting bagi tubuh.

Sedangkan untuk mendapat suplai antioksidan Anda bisa mencoba dengan mengkonsumsi buah-buahan segar seperti anggur merah, lemon, apel, dan lain sebagainya. Buah tersebut terkenal akan kandungan antioksidannya yang tinggi dan menyehatkan tubuh.

cara menjaga jantung dan paru paru - cara menjaga kesehatan jantung dan paru paru - cara menyehatkan paru paru - cara merawat paru paru - cara menyehatkan paru paru dan jantung - makanan untuk kesehatan jantung dan paru paru - cara menyehatkan jantung dan paru paru - cara menjaga kesehatan paru paru - makanan untuk kesehatan jantung dan paru-paru - cara menjaga jantung dan paru paru agar tetap sehat - cara menyehatkan paru2 - kesehatan paru paru - buah untuk kesehatan jantung dan paru paru - Cara menjaga paru paru dan jantung - buah buahan yang baik untuk jantung dan paru paru -