Tips Merangsang Persalinan Secara Alami dan Efektif

By Categories : Kesehatan

Jika usia kehamilan seseorang sudah mencapai 40 minggu, hal ini tentunya adalah hari di mana seseorang akan melakukan persalinan. Akan tetapi jika sudah 40 minggu seorang ibu hamil tidak juga mengalami kontraksi biasanya ibu hamil tersebut akan dirangsang agar persalinan lebih lancar. Ada beberapa hal yang menyebabkan persalinan terhambat salah satunya yaitu rasa khawatir dan tegang serta stres berlebihan yang dialami ibu hamil dalam menghadapi kelahiran persalinan.

Tips Merangsang Persalinan

Jika dokter sudah memperkirakan tanggal persalinan dan Anda tidak menunjukkan tanda-tanda melahirkan seperti kontraksi, ada sebaiknya Anda segera merangsang persalinan Anda agar cepat tiba. Nah, berikut adalah berbagai tipsĀ merangsang persalinan secara alami.

Cara merangsang kontraksi agar cepat melahirkan

  • Stimulus pada puting payudara

Cara yang pertama adalah dengan menstimulasi pada puting payudara. Hal ini dikarenakan stimulasi payudara yang Anda lakukan dapat membantu merangsang hormon oksitosin di mana fungsi dari hormon ini adalah untuk menimbulkan kontraksi pada kehamilan. Untuk melakukan hal ini Anda dapat melakukannya sendiri ataupun meminta bantuan dari suami. Namun yang perlu diingat adalah sebaiknya dalam menstimulasi puting payudara jangan berlebihan. Karena jika berlebihan ini akan menyebabkan kontraksi yang panjang sehingga dapat mengganggu kelancaran dalam proses persalinan.

  • Berjalan kaki

Seperti yang Anda ketahui jalan kaki adalah cara paling umum yang sering dilakukan ibu hamil. Bukan tanpa tujuan, hal ini dilakukan agar mudah dalam merangsang kontraksi. Pada saat pagi hari adalah waktu terbaik untuk melakukan hal ini. Saat melakukan hal ini tubuh Anda harus tetap tegak dan tidak boleh condong ke belakang. Selain berjalan kaki di luar rumah. Anda juga dapat melakukannya di dalam rumah dengan cara menggunakan treadmill.

  • Selalu rileks

Seperti yang Anda ketahui salah satu penyebab terhambatnya persalinan adalah rasa cemas dan khawatir pada ibu hamil. Oleh karena itu, saat akan menghadapi hal ini Anda harus selalu rileks dan tenang. Untuk mendapatkan rasa tenang Anda dapat melakukan meditasi, memijat tubuh ataupun melakukan mandi aroma terapi dengan air hangat. Aroma terapi yang Anda gunakan dapat membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang. Selain itu, Anda juga dapat menarik napas dalam-dalam dan hembuskan lewat mulut dan pastikan Anda selalu berfikir positif.

Nah itulah beberpa tipsĀ merangsang persalinan secara alami dan efektif. Baca juga artikel mengenai Tanda-tanda menjelang persalinan normal.

Loading...
cara mempercepat kelahiran bayi secara normal - cara cepat melahirkan - cara agar cepat melahirkan - cara mempercepat persalinan - tips agar cepat melahirkan - agar cepat melahirkan - cara merangsang agar bayi cepat lahir - cara mempercepat kelahiran - mempercepat pembukaan persalinan normal - mempercepat pembukaan persalinan - cara cepat melahirkan normal - cara agar bayi cepat lahir - cara mempercepat kontraksi - Cara mempercepat melahirkan - mempercepat persalinan -