Tips Merawat Rambut Ikal Agar Tetap Cantik dan Tidak Mengembang

By Categories : Tips Perawatan

Tips merawat rambut ikal agar tetap cantik tentu berbeda dengan merawat rambut lurus. Bagi wanita yang memiliki rambut ikal tentu sangat tidak menyukai rambut mengembang, sementara pemilik rambut lurus malah sebaliknya justru menginginkan rambutnya mengembang.

Bagi pemilik rambut ikal memang membutuhkan kesabaran saat melakukan perawatan. Karena jika salah melakukannya maka bukan tidak mungkin akan membuat rambut Anda menjadi kasar, kering, dan mengembang. Hal ini tentu tidak diinginkan karena rambut sendiri merupakan salah satu bagian tubuh yang paling penting untuk menunjang penampilan. Jika rusak maka dapat mengurangi rasa percaya diri Anda.

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pemilik rambut ikal adalah tekstur rambut yang tampak mengembang, kering, dan susah diatur. Biasanya hal ini terjadi saat bangun tidur dan untuk mendapatkan model rambut yang diinginkan tentu membutuhkan waktu yang lebih lama. Sebenarnya terdapat banyak tips merawat rambut ikal agar tetap cantik. Beberapa tips tentu tidak perlu membutuhkan biaya yang banyak karena beberapa diantaranya Anda dapat melakukan sendiri di rumah tanpa pergi ke salon. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

cara merawat rambut ikal

Tips Merawat Rambut Ikal Agar Tetap Cantik dan Indah

Rambut yang terlihat mekar dan mengembang biasanya akan membuat wajah terlihat lebih besar. Banyak wanita yang menginginkan rambut tidak terlalu mengembang dan tidak terlalu lepek. Ini merupakan kondisi paling ideal dan merupakan rambut yang diidam-idamkan. Untuk mendapatkan rambut yang diinginkan, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan.

Potong Rambut yang Sesuai

Memiliki rambut ikal yang cukup panjang sebaiknya Anda potong. Pemilihan potongan rambut tentu akan menentukan perawatan rambut Anda. Rambut ikal disarankan untuk memilih model potongan rambut layer. Model rambut ini akan membuat rambut ikal terlihat lebih tipis dalam beberapa tingkatan. Model layer juga masih memperlihatkan kecantikan Anda tanpa menghilangkan keunikan rambut ikal Anda.

Minyak Zaitun

Tips merawat rambut ikal agar tetap cantik berikutnya adalah menggunakan minyak zaitun. Kandungan minyak zaitun memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan serta kecantikan. Untuk kesehatan rambut, minyak zaitun mampu melembabkan rambut yang kusam dan kasar serta dapat menyuburkan pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun pada rambut Anda secara merata kemudian lakukan pijatan agar membuat kulit kepala lebih rileks.

Jika Anda melakukan secara rutin dan konsisten maka Anda dapat merasakan rambut ikal menjadi halus, lembut dan bersinar. Bahkan Anda tidak perlu membeli pelembab rambut karena minyak zaitun sudah mampu melembabkan kulit.

Keramas Secara Teratur

Dengan keramas secara teratur rambut ikal Anda akan lebih sehat dan bersih. Namun terlalu serng keramas juga tidak baik untuk kesehatan kulit rambut. Ini karena dapat menghilangkan minyak alami pada rambut dan membuatnya menjadi kering.

Untuk rambut ikal, perhatikan shampo yang Anda gunakan saat keramas. Pilihlah shampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Pemilihan shampo yang salah dapat membuat rambut ikal Anda semakin mengembang.

Gunakan Kondisioner dan Vitamin Rambut

Cara merawat rambut ikal agar tetap indah selanjutnya adalah dengan menggunakan kondisioner serta vitamin rambut. Kondisioner dapat Anda gunakan saat keramas setelah menggunakan shampo. Anda disarankan untuk menggunakan kondisioner secara rutin agar rambut tetap lembut dan halus. Selain penggunaan kondisioner, vitamin rambut juga penting untuk merawat rambut kering dan mengambang.

Meskipun terlihat sederhana namun kebanyakan orang menganggap jika cara ini cukup ribet dan memakan waktu yang lama. Dengan alasan tersebut mereka sering mengabaikan penggunaan kondisioner dan vitamin rambut. Padahal jika Anda konsisten menggunakannya maka Anda akan mendapatkan hasil seperti yang Anda inginkan, yakni rambut ikal Anda menjadi halus dan indah.

Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Tips merawat rambut ikal agar tetap cantik yang terakhir adalah pemilihan sisir. Bagi Anda yang memiliki rambut ikal disarankan untuk memilih sisir yang bergigi jarang. Hindari menggunakan sisir rapat karena hal tersebut dapat membuat rambut ikal Anda menjadi kusut dan rusuk.

Tips-tips di atas sebenarnya cukup efektif membuat rambut ikal Anda indah. Asalkan harus dilakukan secara konsisten. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu Anda hindari agar rambut ikal tidak menjadi kusut, kering, dan mengembang. Di antaranya adalah sebagai berikut.

baca juga : cara membuat masker rambut alami

Penyebab Rambut Ikal Rusak

  • Pengering rambut. Hindari penggunaan pengering rambut terlalu sering, lebih baik Anda cukup mengangin-anginkan saja.
  • Salah memilih shampo. Sesuaikan shampo dengan jenis rambut Anda.
  • Menggosok rambut dengan handuk. Kebiasaan buruk ini sering dilakukan oleh kebanyak orang, untuk itu Anda perlu hindari kebiasaan buruk tersebut.
  • Hindari pelurus rambut. Penggunaan pelurus rambut atau catok rambut akan memperburuk kondisi rambut ikal Anda.

Itulah beberapa tips merawat rambut ikal agar tetap cantik dan penyebab rambut rusak yang perlu Anda ketahui.

Loading...
rambut ikal - cara merawat rambut ikal agar tidak mengembang - tips merawat rambut ikal - cara merawat rambut bergelombang - cara merawat rambut gelombang - cara merawat rambut ikal mengembang - tips agar rambut bergelombang tetap lembut - rambut ikal adalah - cara merawat rambut ikal alami - cara agar rambut gelombang tidak mengembang - Cara merawat rambut ikal agar tetap indah dan panjang - cara merawat rambut ikal agar terlihat cantik dan rambut tidak mengembang - cara merawat rambut bergelombang dan tipis - vitamin rambut yg melembankan rambut ikal - cara memberbaiki rambut ikal agar halus -