Tips Merawat Rambut Rontok dan Ketombe dengan Bahan Alami

By Categories : Tips Perawatan

Tips merawat rambut rontok dan ketombe adalah hal yang sering dicari oleh hampir setiap orang. Hal ini dikarenakan rambut adalah mahkota bagi setiap manusia, terutama bagi setiap wanita. Tak hanya itu saja, rambut juga dianggap sebagai hal yang sangat penting, disamping dapat mempercantik seseorang, rambut juga dapat membuat dapat tampil lebih percaya diri.

Sudah dijelaskan tadi bahwa rambut adalah salah satu aset penting bagi semua orang,  salah satunya yaitu bagi para wanita. Maka jangan heran jika para wanita akan rela melakukan apapun untuk merawat rambutnya agar tetap sehat. Namun perawatan rambut yang Anda lakukan pastinya akan sia-sia jika dalam setiap harinya rambut mengalami masalah seperti mudah rontok dan berketombe. Setiap orang pastinya tidak ingin mengalami hal ini, oleh karena itu sebelum memilih perawatan rambut pastikan Anda mengetahui bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Sebab bahan-bahan kimia yang terkandung dalam produk perawatan rambut juga dapat membuat rambut rusak dan tidak terjaga kesehatannya.

tips merawat rambut rontok dan ketombe

Namun tak hanya bahan kimia saja yang dapat menyebabkan rambut menjadi rusak, rontok dan berketombe. Sering menggunakan alat pemanas rambut seperti hairdryer, catok rambut dan alat pengeriting rambut juga dapat menyebabkan hal ini. Namun Anda jangan khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengatasi dan merawat masalah rambut yang satu ini. Sebaiknya pilihlah bahan alami dalam merawat kesehatan rambut.

Karena bahan alami tentunya tidak mengandung beberapa bahan kimia berbahaya yang dapat membuat kesehatan dan pertumbuhan rambut menjadi terganggu. Selain itu, bahan alami yang Anda gunakan juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Nah bagi Anda yang memiliki masalah yang satu ini, tak ada salahnya untuk menerapkan beberapa cara berikut ini.

Tips Merawat Rambut Rontok dan Ketombe yang Paling Efektif

Sebelum mengetahui beberapa tipsnya, tak ada salahnya Anda mengetahui apa itu ketombe. Ketombe merupakan pengelupasan berlebih sel kulit mati yang menumpuk pada kulit kepala. Hal ini disebabkan karena kulit kepala yang lembab dan berminyak. Tak hanya itu saja, penggunaan shampo yang tidak cocok serta sering mengganti cat warna rambut juga dapat menyebabkan hal ini, parahnya lagi jika tidak dirawat secara teratur hal ini juga dapat menyebabkan rambut secara berlebih.

Baca juga manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe

Menggunakan Cuka

Yang pertama adalah dengan menggunakan cuka. Cuka yang biasa Anda gunakan untuk memasak juga dapat digunakan untuk merawat rambut. Cuka dapat mengatasi ketombe serta merawat rambut agar lebih sehat dan kuat. Hal ini dikarenakan cuka mengandung enzim dan kalium yang berperan dalam mengurangi ketombe pada rambut. Cara pemakaiannya mudah, Anda bisa menuangkan cuka langsung pada kulit kepala sampai rata dan diamkan sampai beberapa menit lalu bilas sampai bersih. Jika tidak tahan dengan baunya, Anda bisa mencampur cuka dengan sedikit air kemudian oleskan pada kulit kepala sebelum tidur. Bungkus rambut dengan shower cap dan keramaslah pada keesokan harinya.

Menggunakan Lidah Buaya

Yang kedua adalah dengan menggunakan lidah buaya. Sejak zaman dahulu lidah buaya sering digunakan untuk merawat rambut kepala Anda. Tips merawat rambut rontok dan ketombe caranya pun sangat mudah, yaitu belah lidah buaya dan ambil gelnya. Oleskan gel lidah buaya tersebut pada kulit kepala dan diamkan selama 1 jam. Lakukan perawatan ini secara rutin agar rambut selalu sehat  dan pastinya agar ketombe dapat teratasi.

Menggunakan Kunyit

Sama seperti cuka, kunyit juga sering digunakan sebagai bumbu masakan. Namun tak hanya itu saja, kunyit juga memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan kunyit kaya akan vitamin C, zat besi, kalsium, minyak atsiri dan lainnya yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Caranya pun sangat mudah siapkan kunyit beberapa ruas, bersihkan kemudian parut dan peras airnya. Oleskan air perasan kunyit tersebut pada rambut dan jangan lupa untuk memijat kulit kepala. Diamkan selama 30 menit dan bungkus dengan menggunakan shower cap. Setela itu Anda bisa membilas rambut sampai bersih. Ulangi beberapa kali dalam seminggu agar rambut bebas dari ketombe dan lebih kuat tak mudah rontok.

Menggunakan Minyak Kelapa

Sejak zaman dahulu, masyarakat juga sudah percaya tentang manfaat minyak kepala untuk merawat  rambut. Cara menggunakannya pun sangat mudah, hangatkan minyak kelapa lalu usapkan pada rambut dan kulit kepala. Pastikan Anda memijat kulit kepala agar sirkulasi darah yang menuju rambut dapat lancar. Setelah itu bungkus rambut dengan shower cap dan diamkan selama 30 menit. Lalu keramaslah hingga bersih dengan menggunakan shampo.

Baca juga tips mengatasi ketombe secara alami

Nah itulah beberapa tips merawat rambut rontok dan ketombe.

loading...
agar rmbut tdak rontok dan bebas ketombe - Cara merawat rambut rontok berminyak berketombe dengan bahan alami - protozoa yang terkandung dalam ketombe - rambut rontok ketombe dan bau -