Tips Perawatan Rambut Alami dengan Bayam

By Categories : Kesehatan

Bayam, terutama bayam merah mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan vitamin dan mineralnya tidak perlu diragukan lagi. Sayur yang mudah didapat ini mempunyai tekstur yang segar dan lembut. Bukan hanya diolah sebagai sayur, tetapi juga bayam merah dapat dibuat jus maupun keripik. Sayur ini sangat tepat dikonsumi untuk mengatasi rambut rontok. Oleh karenanya tak jarang bayam selalu disebut-sebut dalam tips perawatan rambut alami.

Ada dua jenis bayam: hijau dan merah. Bayam tumbuh dengan tegak dengan daun lebar. Batang bayam berair dan lemah. Daun bayam cenderung bulat dan bertekstur lembut. Lebar daun bayam bermacam-macam, sekitar 2 sampai 8 cm dengan ujung yang tumpul. Biasanya bayam diolah dengan direbus, menghasilkan tekstur yang lembut dan renyah. Bayam bukan sayuran asli Indonesia. Sayuran ini berasal dari Amerika, tetapi sudah banyak tersebar di Indonesia dan menjadi sayuran yang biasa ditemui di Indonesia.

Tips Perawatan Rambut Alami

Di negara kita, bayam tumbuh subur tidak terpengaruh musim dan dijual dengan harga yang sangat murah. Bayam dapat tumbuh di lokasi panas maupun dingin, tetapi bayam akan tumbuh maksimal di daerah dataran rendah di lahan yang cukup terbuka dengan temperatur yang sedikit panas. Bayam merah termasuk dalam keluarga Amaranthacea dengan nama latin Amaranthacea Gangeticus. Di Indonesia, bayam ini sering disebut dengan istilah bayam gelatik, bayam lemang dan berbagai macam sebutan lain dari berbagai daerah.

Bayam merah mempunyai zat besi yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayam hijau. Sayuran ini mengandung klorofil, betakaroten, lutein, mangan dan asam folat yang cukup tinggi. Bayam sangat baik untuk pencernaan, sehingga selain digunakan sebagai tips perawatan rambut alami, bayam merah juga sangat direkomendasikan bagi mereka yang mengalami masalah pencernaan.

Bukan hanya daunnya, tetapi akar bayam juga bermanfaat, khususnya untuk menyembuhkan disentri. Bayam merah juga dapat sangat bermanfaat untuk mencegah kerontokan dengan cara membuat akar rambut lebih kuat. Kita dapat membuat bayam merah menjadi jus. Caranya mudah, kita hanya perlu mencuci bayam segar dan kita blender. Tambah sedikit saja garam dan saring. Jus bayam ini tidak dianjurkan untuk disimpan, maka sebaikanya langsung diminum samapi habis. Untuk mengatasi rontok, pastikan untuk mengkonsumsi jus bayam merah ini dua sampai tiga kali seminggu.

Jika kita membeli bayam, baik bayam merah ataupun hijau, sebaiknya kita membeli secukupnya karena bayam tidak bisa bertahan lama. Walaupun kita masukkan ke lemari pendingin, bayam akan tetap layu dan kehilangan kesegarannya. Untuk membuat bayam lebih awet. Maka setelah membeli, kita disarankan untuk memetik daun bayam dan menyimpannya di plastik lalu disimpan di lemari es.

Seperti yang telah disebutkan dalam berbagai tips perawatan rambut alami sebelumnya, sebaiknya daun bayam jangan dicuci dulu sampai kita akan memasaknya karena daun bayam mempunyai tekstur yang berair. Jika kita mencuci dan menyimpan daun bayam, maka akan mudah busuk. Jika kita dapat menemukan bayam organik, maka sangat disarankan untuk memilih bayam organik untuk menghindari pestisida dan bahan kimia yang dapat menempel di bayam. Baca juga Manfaat minyak zaitun untuk rambut.

manfaat bayam untuk rambut - manfaat daun bayam untuk rambut - bayam untuk rambut - cara membuat masker bayam untuk rambut - cara menumbuhkan rambut dengn bayam - manfaat bayam bagi rambut - manfaat daun bayam untuk rambut - memanjangkan rambut dengan sayur bayam - perawatan bayam - cara memanjangkan rambut dengan bayam - khasiat daun bayam untuk rambut - fungsi daun bayam untuk rambut - menebalkan rambut dengan daun bayam -